Barang Hilang Dalam Pengiriman, Penggantian Hanya 10 Kali Ongkos Kirim

Saya adalah penjual yang aktif di Tokopedia, dan akhir-akhir ini Tokopedia telah mengubah peraturan mereka yang sangat merugikan saya sebagai penjual di Tokopedia. Peraturan dari Tokopedia jika ada barang hilang saat pengiriman, mereka hanya akan mengganti rugi sebesar 10x ongkir.

Dan sudah 2 kali terjadi dalam kurun waktu Agustus-September ini. Total kerugian bagi kami sangat besar, jika dihitung keseluruhan mencapai Rp. 8.120.000.

1. Transaksi di bulan Agustus hilang oleh ekspedisi Sicepat dengan nomor invoice: INV/20230810/MPL/3395119853. Nominal barang 3.800.000 dan hanya diganti 1.000.000.

2. Transaksi di bulan September hilang oleh ekspedisi ANTER AJA dengan nomor invoice: INV/20230911/MPL/3452106436. Nominal barang 4.320.000.

Yang ini lebih parah, bahkan dengan layanan “same day,” barang bisa hilang. Sistem mereka seharusnya sudah baik, tetapi jika sampai tidak bisa melacak kurir-kurir nakal ini, itu bohong sekali!

Dan anehnya, Tokopedia ini kan penyedia jasa, kok bisa-bisanya lepas tangan dengan masalah-masalah seperti ini. Padahal mereka bisa menekan jasa kirim yang sering menghilangkan barang.

Mungkin Tokopedia sudah mulai merasa besar, sehingga bisa bertindak seenaknya sendiri dan menerima keuntungan dari pelanggan mereka. Nyari uang lagi susah, malah dibohongi oleh Tokopedia.

Aditya Rian Pradana
Jakarta Selatan

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

21 komentar untuk “Barang Hilang Dalam Pengiriman, Penggantian Hanya 10 Kali Ongkos Kirim

  • 20 September 2023 - (13:51 WIB)
    Permalink

    Tokopedia kan ada asuransi, kenapa tidak diaktifkan? Kl sdh pakai asuransi dan cuma diganti 10x ongkir, itu toped lagi error namanya.

    • 25 September 2023 - (09:09 WIB)
      Permalink

      Percuma pakai asuransi juga, diganti secara penuh jika barangnya murah,tapi jika barang mahal pihak asuransi mencari celah atau mencari kesalahan sehingga barang tidak diganti dan betele-tele

  • 20 September 2023 - (15:31 WIB)
    Permalink

    “Akhir-akhir ini”? No.
    Aturan penggantian kiriman paket hilang cuma 10x atau sekian rupiah kalau tidak diasuransikan itu sudah berlaku bahkan sebelum Tokopedia beroperasi pertama kalinya. Tepatnya mengacu ke aturan masing2 kurir yg berada di bawah naungan Asosiasi Logistik Indonesia.

    Saya pribadi sebagai seller sekitar 3 tahunan lalu pernah hilang kiriman, untungnya aksesoris hape senilai kurang dari 100 ribu jadi ongkir x10 masih menutupi.
    Sedangkan produk harga tinggi sampai jutaan, selalu wajib asuransi. Pernah beberapa kali hilang, ya diganti full.

    4
    1
    • 25 September 2023 - (09:12 WIB)
      Permalink

      Pernah hilang tidak barang yang harganya 8 juta tidak diganti padahal sudah pakai asuransi, asuransi mencari celah atau kesalahan dan bertele2, diganti penuh oleh asuransi jika barang nya murah lain cerita jika barangnya yang harganya mahal

      • 25 September 2023 - (09:41 WIB)
        Permalink

        Kalau yang pernah hilang bernilai sampai 8 juta sih tidak, paling banter sekitar 3-3,5jt, isi paketnya hape 1 dan 2 unit.
        Diasuransikan tapi tidak diganti, untungnya belum pernah kejadian. Semua sesuai prosedur setidaknya untuk transaksi saya di Tokopedia ya… atau belum apes saja mungkin 😁 semoga tidak.

  • 20 September 2023 - (16:03 WIB)
    Permalink

    Dipengaturan barang jualannya, opsi asuransi harus diaktifkan. Barang jualan saya aja dibawah 100rb ,saya aktifkan. Kegunaan lainnya kalau ada yg retur2, kita tidak usah lagi bayar ongkos kirim. Jadi gratis

    • 20 September 2023 - (18:58 WIB)
      Permalink

      Maaf ya apakah anda selama menggunakan Tokopedia tidak tau tentang adanya asuransi pengiriman?? dan anda bilang akhir2 ini Tokopedia mengubah aturan jadi 10x ongkir, haha lucu sekali.
      Padahal sudah jelas ditetntukan dari zaman awal2 muncul Marketplace bahwa semua Barang yg pengirimannya tidak pakai asuransi Jelas hanya diganti 10x Ongkir jika terjadi kehilangan berapapun nominalnya..
      Saya seller juga di Tokopedia tidak pernah mengalami kerugian gara2 paket hilang karena dicover asuransi.

  • 20 September 2023 - (17:41 WIB)
    Permalink

    Kalo asuransi aktif harusnya aman, kalo gak pake asuransi ya wasalam, emang aturannya gitu, brg hilang y diganti 10x ongkir,
    Untuk barang mahal mending pake assuransi biar aman,

  • 20 September 2023 - (19:36 WIB)
    Permalink

    HINDARI buyer yg merayu untuk non aktifkan asuransi,karena brg hilang seller yang dirugikan,buyer yg direfund full padahal biaya asuransi tsb itu di tanggung buyer….semoga semua seller tokopedia bisa lebih bijak dan tidak terprovokasi kepada buyer yang “pura-pura” tidak tau rules asuransi tokopedia…udah gitu aja

  • 20 September 2023 - (21:01 WIB)
    Permalink

    Seperti penjual tidak pernah membaca atau malas membaca artikel atau pusat edukasi, termasuk soal asuransi ada di sana. saya juga penjual dan beberapa kali produk rusak dana tetap diteruskan 100% ke penjual dan pembeli dana pengembalian dana 100% . Setelah dana refund kembali pembeli bisa transaksi lagi karena merasa aman 👍

  • 20 September 2023 - (21:53 WIB)
    Permalink

    Sebetulnya TS paham nggak sih mekanisme asuransi pengiriman, utamanya kalau jualan di toped? Coba deh banyak cari info dengan MEMBACA, bukan MENONTON.

  • 21 September 2023 - (02:20 WIB)
    Permalink

    Dari jaman firaun netek ama emaknya, jauh sblm ada ecommerce, hampir semua kebijakan kurir rata² spt itu (seingat sy tiki paling tua sdh ada sejak jaman nonton tvri kudu bayar iuran, jauuuhh bingitz sblm ada tipi suwastah (msh pk nama cv titipan kilat) jaoohhh sblm inet mampir di +62) brg ilang emang hanya diganti sejumlah 10x ongkir, coba disini sapa yg ngalamin jaman² resi tiki ato jne masih pake lembaran kek nota, ada yg ditulis tangan ada yg di print pk printer dot matrix (lom ada jne, lion, ninja, anter.. dll..dll), ada tuh S&K nya dibalik resi nya..
    Makanya sekiranya nilai brg lebih dari 10x ongkir baiknya di asuransi kan, mao asuransi kurir nya atau asuransi ecommerce nya, jd kalo hilang bakalan diganti sesuai hrg brg….
    Be a smart seller & buyer…

    • 21 September 2023 - (15:13 WIB)
      Permalink

      Walah jaman jebot banget itu kalo pake resi kertas 2ply wkk.. gw dulu resi begituan ada banyak banget n difoto2in, ditambah screenshotan post/sms testimoni buyer buat media pemikat calon buyer pas jualan di fjb kaskus. Jaman segitu lapak klo mau rame hampir dipastikan ada foto kertas resinya wkwk good old days

  • 21 September 2023 - (20:48 WIB)
    Permalink

    Ini orang tau sistem tokopedia ga sih ? Koar koar biar kaya keliatan orang pinter, malah keliatan banget ga pinter nya, wkwkw
    Baca baca dulu bos, baru nulis di mk, pergantian 10 x ongkir kalau orderan hilang itu aturan dari jaman dulu, lagian
    Kan ada pilihan asuransi , hadeuh ,
    Abis kan di bully, wkwkw niat nyari simpati malah dibully

  • 26 September 2023 - (11:28 WIB)
    Permalink

    Saya sebagai seller Tokped selalu mengaktifkan “Wajib Asuransi” terhadap barang yang riskan rusak/pecah maupun barang bernilai tinggi dalam pengiriman.
    .
    Sering bahkan tidak bisa dihitung sudah berapa kali barang jualan saya rusak dijalan. Baik itu pakai kurir JN*, SiCep**, Ante***a dll.
    Namun, karena fitur “WAJIB ASURANSI” tsb lah yang menolong kami (Seller dan Buyer) dikala barang bermasalah dipengiriman.
    .
    Buyer mendapatkan uangnya kembali 100% dan seller mendapatkan ganti rugi hasil penjualan barangnya 100%.
    .
    Lain kali, Buyer Tokopedia jika ingin berbelanja barang yang mudah rusak/berpotensi hilang diperjalanan meskipun seller atau penjual tidak mewajibkan asuransi, sebaiknya centang saja Asuransi tsb.
    .
    Toh biayanya juga tidak sampai 1% dari harga barang kita tapi bisa mengganti rugi sampai 100% dari uang yang kita belanjakan.

  • 26 September 2023 - (13:04 WIB)
    Permalink

    “Akhir-akhir ini”?
    Kemana aja bang selama ini?
    Salah sendiri tidak baca S&K nya terkait asuransi pengiriman.

    Ternyata benar, bangsa kita darurat membaca. Akhirnya susah sendiri.
    Tapi semoga ini jadi pembelajaran “mahal” biar ke depannya mau membaca S&K, dan diganti rezekinya lebih banyak—dgn catatan ada rezeki kalau baca S&K dlu ya.

  • 27 September 2023 - (11:24 WIB)
    Permalink

    Kita bisa melihat dari aspek lain complen yg dikeluhkan…iya emang kalau asuransi bisa diganti full…tapi dari tokopedia kan bisa meminimalisir barang mahal yg tidak diasuransi sehingga barang yg hilang bisa dipertanggung jawabkan dimata hukum…namanya pencuri kalau uda mencuri ya harus ditangkap dan dipertanggung jawabkan atas kelakuannya…bukan malah seolah2 tokopedia membiarkan masalah ( bug / cela) terus terbuka…tanpa ada penyelesaian…dari org dalam tokopedia , ekpedisinya harus dilacak dr hulu ke hilir supayakejadian ini tidak terulang kembali…yg saler enak buyerpun enak…kalau seperti sekarang ini kan yg tilap enak2kan menikmati hasilnya nya.

 Apa Komentar Anda?

Ada 21 komentar sampai saat ini..

Barang Hilang Dalam Pengiriman, Penggantian Hanya 10 Kali Ongkos Kirim…

oleh Roox dibaca dalam: 1 menit
21