Akun Bukalapak Saya Dinonaktifkan Secara Sepihak

Saya Rahmat Faris A., dengan akun Bukalapak bernama: Apajada Store. Saya ingin menyampaikan keluhan saya dan sangat berharap sekali dibantu agar masalah saya cepat selesai, terkait penonaktifan akun pada aplikasi Bukalapak.

Saya adalah orang yang sudah sangat jarang menggunakan aplikasi Bukalapak. Satu-satunya aktivitas yang saya lakukan adalah mengecek harga emas di salah satu produk Bukalapak, yaitu Buka Emas. Selain itu, saya tidak pernah melakukan tindakan apapun, setidaknya selama 1-2 tahun belakangan ini. Saya hanya melihat Buka Emas juga karena saya memiliki sejumlah saldo emas di sana. Dengan kata lain, saya merasa tidak pernah melakukan tindakan ilegal yang melanggar peraturan yang berlaku di wilayah Indonesia. Memakainya saja jarang, bagaimana saya bisa melakukan tindak pelanggaran tersebut.

Namun suatu saat pada sore hari, tanggal 23 September 2023, saya mencoba mengecek harga emas di Buka Emas Bukalapak. Saat saya ingin login, ternyata saya ditolak dan muncul pop up bahwa “Akun dinonaktifkan”.

Saya telah mencoba menghubungi Layanan Pengaduan Bukalapak di Nomor (021) 30030350, namun tidak mendapatkan solusi. Kemudian, saya mencoba untuk membuat akun baru untuk bisa mengakses Live Chat BukaBantuan, pengaduan saya berlanjut ke email dan saya masih tidak mendapatkan solusinya.

Jawaban dari pihak Bukalapak adalah:

“Dalam aturan Penggunaan dijelaskan bahwa: Bukalapak berhak sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu kepada Pengguna untuk memblokir penggunaan sistem jika Pengguna melanggar peraturan yang berlaku di wilayah Indonesia. Apabila di kemudian hari ditemukan pelanggaran terkait Aturan Penggunaan oleh Pengguna, Bukalapak berhak melakukan tindakan yang dianggap perlu demi menjaga keamanan dan kenyamanan Pengguna lain dan Platform Bukalapak.”

Ini adalah asumsi dan tindakan sepihak yang dilakukan oleh pihak Bukalapak tanpa adanya pemberitahuan terlebih dahulu terkait kesalahan atau pelanggaran apa yang telah saya lakukan sehingga akun saya dinonaktifkan.

Seperti yang sudah saya jelaskan di awal, saya sudah sangat jarang sekali menggunakan aplikasi ini, itupun saya gunakan hanya untuk mengecek apakah saldo Buka Emas saya masih aman. Ini sangat tidak masuk akal bahwa saya melakukan pelanggaran yang diklaim oleh pihak Bukalapak. Jika iya saya melakukan pelanggaran, pelanggaran macam apa yang saya lakukan dan apa buktinya?

Karena tidak menemukan jawaban yang memuaskan dan solusi atas kasus saya ini, saya menulis di Media Konsumen ini. Bagi saya ini sangat mengecewakan sekaligus merugikan saya, seharusnya saya tarik saldo Buka Emas saya dari dulu. Saya mohon klarifikasi dan berharap bantuan dari pihak Bukalapak untuk mengaktifkan akun saya kembali. Terima kasih.

Terkait akun saya bernama Apajada Store dan nomor tiket pengaduan saya adalah #35664521 Bukalapak.

Rahmat Faris Akbar
Surabaya, Jawa Timur

 

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan perihal “Akun Bukalapak Saya Dinonaktifkan Secara Sepihak”

Dengan hormat, Terima kasih atas masukan yang diberikan kepada Bukalapak melalui kanal Media Konsumen. Kami informasikan bahwa terkait dengan kendala...
Baca Selengkapnya

6 komentar untuk “Akun Bukalapak Saya Dinonaktifkan Secara Sepihak

  • 24 September 2023 - (19:22 WIB)
    Permalink

    Saya juga mengalami masalah yang sama
    Bisa2 nya tiba2 akun di tutup padahal masih punya saldo
    Mengurusnya pun dibikin ribet pakai surat2 bermaterai

  • 24 September 2023 - (21:08 WIB)
    Permalink

    Alhamdulillah tanggal 24 Septermber 2023 sekitar pukul 20.00 WIB pihak Bukalapak telah menghubungi saya dan memberikan kabar bahwa akun Bukalapak saya telah dipulihkan. Setelah saya cek, memang benar akun saya telah bisa saya akses kembali. Terima kasih banyak saya ucapkan kepada pihak Bukalapak yang telah merespons keluhan saya ini dengan cepat hingga terselesaikan. Terima kasih juga kepada mediakonsumen yang telah menghubungkan saya sebagai konsumen dengan pihak terkait.

    Terkhusus untuk pihak Bukalapak, saya ingin memberikan saran bahwa alangkah baiknya pihak Bukalapak memberikan solusi langsung terkait masalah konsumen melalui kontak telepon, email, atau Live Chat yang Bukalapak sediakan. Jangan menunggu konsumen mempublikasikan ke media terlebih dahulu, baru diproses dengan benar.

    Sebagai tambahan, pihak Bukalapak memberitahukan bahwa akun saya dinonaktifkan secara permanen (sekarang sudah dipulihkan kembali) oleh sistem karena tidak adanya aktivitas dalam waktu yang cukup lama. Dugaan saya, sistem algoritma ini diterapkan untuk menyortir akun-akun bot. Jika algoritma yang diterapkan untuk menyortir akun bot tidak dapat membedakan mana pengguna asli dan akun bot, mengapa hal ini masih diterapkan. Seharusnya terdapat pengecekan yang lebih mendalam terkait penyortiran itu agar tidak adanya kesalahan seperti ini. Karena saya yakin saya hanyalah satu di antara banyak pengguna tak bersalah yang akunnya dinonaktifkan secara otomatis oleh sistem.

    • 25 September 2023 - (09:11 WIB)
      Permalink

      Kalau saya tidak perlu. Cuman saya harus upload dulu masalah saya di mediakonsumen ini baru ditanggapi dengan serius oleh pihak terkait (BL). Karena sebelumnya saya sudah mencoba telpon, Live Chat, kirim email ke pihak terkait, tapi jawabannya sama seperti yang saya katakan di artikel ini.

      • 3 Oktober 2023 - (17:30 WIB)
        Permalink

        Saya juga mengalami masalah yang sama nomer hape mati dan ganti yang baru tetapi sudah 1 bulan dan berbalas surel dengan admin bukalapak sampai 39x dan semua syarat sudah dipenuhi tetapi berputar2 berbelit belit dengan bahasa yang tidak nyambung seperti robot dan copas. apakah harus dengan kirim surat media konsumen juga ya?

  • 25 September 2023 - (10:45 WIB)
    Permalink

    Baik kalau begitu saya akan upload juga di mediakonsumen ini
    Terimakasih atas sharingnya

 Apa Komentar Anda mengenai Bukalapak?

Ada 6 komentar sampai saat ini..

Akun Bukalapak Saya Dinonaktifkan Secara Sepihak

oleh anu dibaca dalam: 2 menit
6