Pembatalan Sepihak Promo Tokopedia “War Serba 25 Ribu”

Saya salah satu pengguna Tokopedia yang mengikuti promo Tokopedia “War Serba 25 Ribu” dalam rangka ulang tahun Bank Mandiri.

Pada tanggal 2 Oktober 2023 pukul 14.00, Tokopedia bersama Bank Mandiri menyelenggarakan promo harga barang serba Rp25 ribu.  Saya mendapatkan barang Philips Vacuum Cleaner seharga Rp25 ribu, dengan nomor invoice: INV/20231002/MPL/3488219582, pembayaran menggunakan kartu kredit Bank Mandiri.

1 jam kemudian pada pukul 15.02, pesanan saya terbatalkan. Saat saya cek, alasannya karena terindikasi melanggar syarat ketentuan, identitas yang sama.

Padahal saat saya mengikuti promo Tokopedia x Bank Mandiri, saya sudah membaca syarat ketentuan tersebut. Yang mana dikatakan customer hanya boleh membeli 1 barang untuk 1 pengguna Tokopedia, dan saya sangat yakin saya hanya mengikuti promo ini 1 barang saja.

Setelah pesanan dibatalkan, saya menghubungi customer service Tokopedia, untuk menanyakan kenapa pesanan saya dibatalkan sepihak. Saya minta mereka menunjukkan kesalahan saya yang katanya melanggar S&K dan memberikan bukti bahwa saya melanggar S&K tersebut.

Keesokan harinya tanggal 3 Oktober 2023 pukul 15.04, CS menghubungi saya dan mengatakan bahwa akun sudah dipulihkan. Namun pesanan yang terbatalkan tidak bisa dibantu untuk diteruskan kembali.

Yang saya sesalkan dalam penyelesaian masalah saya adalah, pihak Tokopedia tidak bisa membuktikan bahwa saya melanggar S&K, serta membatalkan sepihak. Solusinya hanya menyuruh saya untuk mengikuti campaign tanggal berikutnya. Sementara untuk pesanan saya sebelumnya, tidak ada solusi sama sekali.

Mohon pihak Tokopedia dapat memberikan solusi yang lebih baik, bukan hanya memulihkan akun saya. Yang mana sudah jelas saya tidak melanggar S&K tersebut. Atas perhatiannya, saya ucapkan terima kasih.

Happy Stella Angelica
Kab. Bogor, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

39 komentar untuk “Pembatalan Sepihak Promo Tokopedia “War Serba 25 Ribu”

  • 7 Oktober 2023 - (17:30 WIB)
    Permalink

    Masih ajah ada yg percaya ama PROMO di eCommerce, kena mental penyakit murah, dan pedagang pedagang offline yg akan gulung tikar, karena tingkah masyarakat yg sudah gak memikirkan ekonomi negara, INGATLAH Indonesia 75% nya adalah pedagang offline campuran, jika semua gulung tikar maka anda pun gak akan bisa belanja apa apa lagi, karena akn krisis ekonomi yg parah, jadi mulai lah menghargai pedagang sekitar rumah agar perekonomian akan terus berjalan baik

    11
    18
      • 8 Oktober 2023 - (00:08 WIB)
        Permalink

        Jgn percaya ikut2an war segala.. itu cuma gimmick aja.. ntar klw ikutan lagi paling2 juga dibatalin lagi sepihak dgn alasan melanggar syarat dan ketentuan.. prett.. jgn mau di PHP ama si ijo.. seumur2 nggak pernah mau ikutan war2 kayak gitu krn udh tau ecomerce sini mah kebanyakan gimmick doank klw promo gila2an nggak rela mereka ngasih konsumen beli dgn harga murah gila2an..

        6
        1
        • 8 Oktober 2023 - (05:44 WIB)
          Permalink

          Benerrr saya pernah dapat harga 1 rp di Shopee senangnyaaaa ngak terkira besoknya ada email dibatalkan sepihak sakitnyaaa ituu dimana mana

        • 8 Oktober 2023 - (06:55 WIB)
          Permalink

          Gak ijo gak oren gak merah, promo serba serba 1 rupiah lah 10.000 lah 20.000 lah . Hoax semua

        • 10 Oktober 2023 - (09:54 WIB)
          Permalink

          Saya kemarin dapat TWS seharga 600rban di WAR jadi 25rb, alhamdulillah barangnya sampai, ori, dan sekarang saya pakai.
          Saya pengguna biasa dan saya lihat ada sekitar 7 orang di Twitter yang dapat TWS ini juga. Saya bisa bilang ini riil bukan bohongan.

          Walau ada masalah TS ini, bukan berarti event nya bohongan.
          Menurut saya, ada kesalahan di Tokped bagian crosscheck data. Saya lebih concern ke penggunaan data TS secara ilegal oleh orang jahat kalau memang double identity.

    • 7 Oktober 2023 - (23:18 WIB)
      Permalink

      Saya tidak pernah ikut war beginian. Beli mobil seharga sepuluh ribu lah. Beli motor seharga sepuluh ribu lah. Ah paling orang dalam yg dapat. Dan surat pembaca ini juga kembali membuktikan. Waktu kita dapat, malah dibatalkan secara semena-mena.

      7
      1
    • 7 Oktober 2023 - (23:47 WIB)
      Permalink

      Ngomong ngalor ngidul, kalau gk mau gulung tikar yah ikuti perkembangan zaman, ikuti kemauan konsumen zaman sekarang. Dulu masyarakat pada belanja offline eh pedagang getok harga seenaknya, hasilnya masyarakat jadi ogah belanja offline.

      3
      1
      • 8 Oktober 2023 - (07:24 WIB)
        Permalink

        Pemikiran mu terlalu pendek, kau kira pedagang offline bayaran nya gak mahal, dari sewa, pajak, listrik, gaji karyawan, biar kau tau ya, udah hampir semua pemerintah dunia dan pakar ekonomi menyatakan, bahwasanya pasar online itu adalah membuat pasar offline bangkrut karena mereka menjual rugi dan dibawah harga pabrik untuk menyingkirkan pesaing yg ada di suatu platform namanya predatory pricing, jadi sengaja bakar duit dan ada yg main fake buyer untuk menghancurkan ekonomi suatu negara, jadi kau tunggu ajah tgl main nya, kalau pemerintah gak bisa berbuat bnyak, bahkan kau pun gak bisa beli apapun lagi karena susah nya mencari sesuap nasi, gak. Usah kau sombong, selagi bisa kau nikmati, nikmatilah tapi ingat suatu saat nanti kalau kau udah gak bisa belanja online, bahkan makan pun susah, maka disitulah aku tersenyum, dan berdoa agar orang orang yg tidak memikirkan bangsa dapat hidayah

        4
        3
        • 8 Oktober 2023 - (12:00 WIB)
          Permalink

          Sbenernya mau gak mau suka tidak suka.arah belanja masyarakat sekrang ke belnaja online yang lebih gampang,barnag dah sampe tempat.
          Hrga barang online lebih murah krna barnag di offline dah kena biaya2 seabrek macem sewa2 dll.yg mau gak mau offline pasti kalah dengan online dr segi hrga.tp tentu aj belanja offline tentu aj sisi positif nya yang gak ad di online macem nyoba baju misalnya.nah tinggal sekrng pemerintah mau gak kasih aturan yang win win solution.online am offline ttp berjalan

      • 9 Oktober 2023 - (13:29 WIB)
        Permalink

        Gw jadi mikir, jangan² semua yg belanja war serba 25 rb itu dikasih surat yg sama, alesan menyalahi ketentuan 😆

        Perlu investigasi nih, apa bener jika promo harga supermurah itu ada pemenangnya, jangan² semua cuma gimmick

    • 8 Oktober 2023 - (08:22 WIB)
      Permalink

      Sipaling kaya raya kalau beli barang gak cari promo, diskonan, nawar. Semoga banyak rezeki ya biar bisa gitu terus

  • 7 Oktober 2023 - (17:56 WIB)
    Permalink

    Update 6 Oktober 2023 =
    Pihak tokopedia menginfokan permasalahan saya sedang di investigasi dan diberikan estimasi untuk kendala saya 9 Oktober 2023

    • 8 Oktober 2023 - (06:20 WIB)
      Permalink

      Moga2 clear kak masalahnya.yang penting kak nya emg gak melanggar ketentuan dan syarat.temen sya dl kena pelanggaran gara2 ditelusuri hanya karena pernah minta tolong bayarin salah satu barang.dan itu dinggap 1 orng oleh sistem.
      Sya beruntung juga dapet satu barnag war 25k.yang penting kalo dpaet itu rejeki.klao gak dapet anggap aj belum rejeki.

  • 7 Oktober 2023 - (18:11 WIB)
    Permalink

    Biasa toped maupun market lain program promo serba gitu pasti banyak di gagalin karena mereka belum untung banyak.

    Program kayak gitu kan cuma mau ngumpulin cuan saja dari banyak orang. Pasti jarang yang sadar.

  • 7 Oktober 2023 - (18:14 WIB)
    Permalink

    PROMO TOPED “WAR” SETIAP JAM 2…
    HAHAHAHA..KENA PRANK, PAS NGINCER BARANG DAN MENUNGGU WAKTUNYA, TERNYATA…BARANGNYA TIDAK ADA STOK…HAHAHAHA DAGELAN !!!

    • 7 Oktober 2023 - (19:41 WIB)
      Permalink

      Digagalkan ama tokped duit g langsung balik ke rekening,kan emang paok tokped,saya ikut promo sampe skr duit g balik balik

      • 8 Oktober 2023 - (12:08 WIB)
        Permalink

        Di tanya ke cs nya lah kak.kan ad aturan nya itu kalo pembayaran via apa di balikin kemana.mis kalo via tranfer bank dibalikin ke saldo tokped.kalo gopay y balik lagi ke gopay.yang agak lama emg kalo pembayaran via kartu kredit.limit nya balik paling lambat 15 HR kerja paling cepet 5 hri.itu pun diitung hari kerja

  • 7 Oktober 2023 - (19:04 WIB)
    Permalink

    Pernah ngincer produk war di toped. Begitu teng jam 2, detik itu juga pas promonya dibuka, produk langsung habis seketika. Apa iya orang bisa check out dalam waktu sedetik? 🤔

    • 8 Oktober 2023 - (00:13 WIB)
      Permalink

      Namanya juga gimmick.. ya lgs abislah biar nggak ada yg dapat.. lagian napain ikut2an war2 kayak gitu.. buang2 waktu dan tenaga.. emank tau ada yg dpt?? Konsumen cuma dibego2in aja.. ntar giliran dpt pasti nggak lama dibatalin oleh sistem dgn 1001 macam alasannya..

  • 7 Oktober 2023 - (21:43 WIB)
    Permalink

    Si Ijo ini memang e-commerce paling sensi di Dunia.Anda dapat voucher diskon 30rb,tetangga anda juga punya vouchernya dan dipake duluan.Anda pake voucher itu otomatis terbatalkan pesanan anda.Bukan hanya itu saja,dianggap ada kemiripan identitas dgn orang lain yg tidak anda kenal.Bahkan online dengan jaringan wifi yg sama bisa diindikasi kecurangan sama si ijo saat cek out pake voucher yg sama meski sudah dibedain alamat,nama,metode bayar.

    1
    1
  • 8 Oktober 2023 - (00:13 WIB)
    Permalink

    Mungkin sebelum mendapatkan vacuum Philips ini ts sudah mendapatkan barang lain di war yg sama dihari yg sama?

  • 8 Oktober 2023 - (06:41 WIB)
    Permalink

    Sebenarnya di e-commerce manapun saya yakin & percaya memang beneran ada, karena saya membuktikannya sendiri, cuma ya memang SKB nya beda2, yg paling jelas & transparan sih menurut saya cuma di Tokopedia, yg sering saya pantau sekarang hanya di Tokopedia & Blibli, awal2 Shopee & Bukalapak jg, tp semenjak akun saya dibatasi di Shopee & g bisa dipulihkan lagi, saya udah stop mantau flash sale & belanja di Shopee, klo Bukalapak sekarang udah sepi, klo di Blibli namanya Diskon Gercep, awal2 muncul saya sering ikut & sering dapet jg, cuma entah kenapa makin kesini jd makin susah dapetnya & sistem flash sale nya tuh g transparan, sudah terjual berapa, stok flash sale sisa berapa, sudah habis atau belum, semuanya g jelas dan g bisa kita cek sendiri, jadi saya udah stop jg ikutan Diskon Gercep di Blibli, klo di Tokopedia saya masih ikutan sampai sekarang, enaknya di Tokopedia tuh semuanya transparan, stoknya sisa berapa, udah habis atau belum, sudah terjual berapa(khusus Tokopedia versi lama, untuk yg sekarang hanya tertulis secara garis besar saja, misal terjual 10+, 100+, 1000+, jadi g terlihat secara detail lagi) dan ya, alhamdulillah saya jg dapet Vacuum Cleaner yg sama persis seperti yg dijelaskan TS, sebenarnya saya jg mengalami hal yg sama kaya TS namun bukan untuk transaksi Vacuum Cleaner saat promo HUT Bank Mandiri(2-3 Okt lalu) melainkan saat WAR Diskon regular setiap hari tiap jam 2 siang, itupun saat awal2 WAR Diskon muncul yg mulainya 3 sesi, jam 14:00, jam 16:00 dan 18:00, klo g salah sekitar sebulan yg lalu, saya masih ingat pas tgl 09 September 2023, saya ikutan dari sesi 1 sampai 3, 33nya dapet tapi 33nya dibatalkan otomatis oleh sistem dengan alasan yg sama kaya TS yaitu adanya indikasi pelanggaran, lalu saya komplain ke Tokopedia Care via Twitter dan disana dijelaskan panjang lebar dan akhirnya akun saya sudah bisa ikut WAR Diskon lagi tanpa terdeteksi adanya indikasi pelanggaran, namun tetap saja 3 pesanan yg terbatalkan tidak dapat diproses & dikirim, jadi mau g mau ya harus saya ikhlaskan, tapi pihak Tokopedia memberikan kompensasi berupa Gopay Coins senilai 250k atas 3 pesanan saya yg terbatalkan otomatis oleh sistem, sebenarnya tidak sebanding ya dengan harga produk yg dibatalkan, namun lagi2 saya harus ikhlas menerimanya, karena memang mungkin rezeki saya cuma segitu.

    • 8 Oktober 2023 - (11:48 WIB)
      Permalink

      Kemungkinan SKB nya 1 barnag selama 1 HR tsb maknaya sistem deteck ad pelanggaran.sebenrnya sebelum mulai diliat dl baik2 SKB nya.tp y skali lagi sya merasa kalo event berkepanjangan seperti ini pasti sistem nya ad aj yg salah.efek nya ke konsumen yang dpaet hrga barnag promo pasti ad yg dibatalkn.
      Yang perlu diinget y anggep aj iseng2 berhadiah sja ikutan promo2 kayak gni.kalo dapet yang bersyukur rejeki.kalo gak dapet y balik lagi bukan rejeki nya.

  • 9 Oktober 2023 - (13:59 WIB)
    Permalink

    Yg begitu-begitu itu memang penipuan semuaaaa!!!! Ga ada itu yg jujur, itu hny salah satu cara spy org mau liat² market place mrk dan semaki byk org liat² semakin banyak mrk dapat duit!!!
    Woooiiii toped, selesaikan itu bagus n transparan, kalo mmg salah kasi buktinya!!! Jgn melarokan diri!!!

  • 9 Oktober 2023 - (15:44 WIB)
    Permalink

    Tinggalin itu war atau program promosi pengumpul uang semacamnya kalau gak mau sakit hati pesanan di batalkan dengan 1001 alasan toped.

  • 9 Oktober 2023 - (16:35 WIB)
    Permalink

    wahhhh inceran sy jg nii di war bank mandiri kmrn…cuma pas ditungguin jam 14.00 lewat 1 detik ehhhh udh lenyap semua tu barang2 nya….wkwkwk
    canggih ni mbak nya pake koneksi level dewa kyknya ya…hehehe
    untung sih sy masih dapet barang yg lain, lumayan lah harga 250k jd cuma 25k bayarnya
    dan barang nya udh sampe rumah tanpa drama2
    jd sekedar membuktikan aja sih klo emang war itu gak semuanya gimmick, tp gak tau jg ya apa memang semua nya real ada yg menang atau gmn, mungkin ini yg sy dapet harga nya gak seberapa jg jd mknya dikirim beneran mungkin ya hehehe
    yg penting alhamdulillah msh rejeki
    BTW ultah mandiri kmrn ga di toped doank sihh…lumayan dapet bnyk dari merchant yg lain, KFC 27rb 5 potong ayam, Marugame udon cm 15rb per porsi, Hokben 25rb dapet 2 paket, point coffee 25k dapet 2 cup, trus tiket XXI beli 2 tiket bayar cuma 25%…hehehe

    • 10 Oktober 2023 - (08:31 WIB)
      Permalink

      Gak perlu koneksi dewa sih kak.sya juga dapet barang lumayan gede hrga nya ditebus 25k.kemungkinan karena rejeki aj.solanya temen2 juga ad bebepa yang kejer dengan spek hp dan koneksi internet yg tinggi jauh diatas koneksi dan hp sya gak ada yang dapet.

  • 9 Oktober 2023 - (16:44 WIB)
    Permalink

    Update 9 Oktober 2023, laporan sebelumnya di close otomatis oleh pihak tokopedia, saya chat ulang buat laporan baru dan sampai saat ini belum ada solusi

    • 10 Oktober 2023 - (08:28 WIB)
      Permalink

      Dipantau trus aj kak.jgn kasih kendor kalo emg kak nya gak slah.alesan pembatalan nya apa.mis melanggar ketentuan ap.penjelsasan nya dikasih tau biasnaya nya oleh tokped.contoh akun nya ganda.trus kalo kita tanya ntr dia kasih tau akun nya dikaitkan dengan kak nya.

  • 11 Oktober 2023 - (08:56 WIB)
    Permalink

    Update 10 Oktober = tidak ada kejelasan sama sekali hanya diinfokan menunggu ga tau sampai kapan

  • 13 Oktober 2023 - (00:48 WIB)
    Permalink

    Update 12 Oktober = masih menunggu dengan alasan di cek lebih lanjut tidak ada kejelasan

  • 14 Oktober 2023 - (22:57 WIB)
    Permalink

    Pasti jawaban nya lagi dalam pngecekan dan koordinasi oleh tim y kak.
    Yang pasti penyelesaian nya sampai mereka menemukan jawaban yang intinya gak merugikan merka.merka cari celah aj.ngulur waktu ntr jawabn nya gtu2 tmpelate banget.jawabn diulang2 trus Sama kayak kmnr.kalo bisa segala notif ditautan kak.biar gak d celah mereka cari alesan kayak kejadian di sya

  • 17 Oktober 2023 - (09:13 WIB)
    Permalink

    Update 17 Oktober= Laporan saya ditutup kembali, setiap hari saya chat hanya diminta menunggu analisa

 Apa Komentar Anda mengenai Promo Tokopedia "War Serba 25 Ribu"?

Ada 39 komentar sampai saat ini..

Pembatalan Sepihak Promo Tokopedia “War Serba 25 Ribu”

oleh Happy Stella Angelica dibaca dalam: 1 menit
39