Penghapusan Membership Fee Kartu Kredit Bank Mandiri

Saya pengguna aktif 3 kartu kredit Bank Mandiri dengan limit gabungan. Sekitar tahun lalu, saya diberikan penawaran untuk tambahan kartu jenis JCB Precious. Saya sempat menolak, karena saya harus membayar membership fee double setiap tahun untuk semua jenis kartu kredit. Namun saat itu dikatakan bisa dilakukan penghapusan tanpa syarat.

Setelah setahun pemakaian, per tanggal 1 Oktober 2023 saya ditagihkan membership fee sebesar Rp500.000. Saat saya meminta penghapusan, ternyata ada syaratnya, yaitu pembelanjaan minimal Rp1,5 juta sampai tanggal 31 Oktober 2023. Saya keberatan dengan syarat tersebut. Untuk mengurangi biaya Rp500 ribu, malah harus belanja Rp1,5 juta.

Setelah dilakukan pengajuan, katanya ditolak, dengan alasan yang saya tidak tahu penyebabnya. Saya aktif menggunakan kartu JCB dan pembayaran semua kartu kredit Mandiri tidak pernah telat. Saya mengajukan penutupan kartu, karena tidak ingin membayar membership fee. Namun jawaban dari call center, bahwa penghapusan membership fee bersifat pengajuan dan bisa tertolak kembali. Jadi saya tetap harus bayar full. Ini tidak dapat diterima.

Mohon Bank Mandiri, jika ingin menawarkan kartu kredit tambahan jenis lain tapi tetap tergabung dengan limit kartu sebelumnya, bisa lebih bijak. Jika seperti ini, merugikan nasabah. Karena semua kartu yang ditawarkan pada akhirnya memaksa nasabah membayar membership fee.

Nabilah Febriani
Tangerang Selatan, Banten

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

13 komentar untuk “Penghapusan Membership Fee Kartu Kredit Bank Mandiri

  • 9 Oktober 2023 - (10:30 WIB)
    Permalink

    Annual fee adalah kewajiban nasabah kartu kredit. Bisa dihapus atau tidak, maupun syarat penghapusannya sepenuhnya kewenangan bank.

    Tidak bisa kamu paksa hapus sesuai kehendak kamu. Kalau tidak mau bayar ya tinggal tutup kartu kreditnya. Toh seharusnya kamu sudah tahu mengenai iuran tahunan itu sejak awal kamu buat kartu kredit.

    8
    3
    • 9 Oktober 2023 - (13:57 WIB)
      Permalink

      Hadehh, ente baca lg yg bener tulisan TSnye, dia bilang “ok penawaran dengan kartu tambahan, karne di CS bilang Annual Fee bisa dihapuskan tanpa Syarat”,.. kocak dah.. 🤣

      4
      3
  • 9 Oktober 2023 - (10:34 WIB)
    Permalink

    Akal-akalan sales. Mending tolak kartunya dari awal daripada harus bayar annual fee. Kalo ditawarin via telepon, rekam pembicaraannya biar ada bukti kalo ditawrin bebas annual fee.

    • 9 Oktober 2023 - (11:20 WIB)
      Permalink

      Pas kartu diterima sdh ada ada keterangannny..Dia mao ny gesek aja ga mao baca..padahal dulu sdh d ajarkan d sekolah ujian atau apa d baca dulu sebelom dikerjakan

      1
      2
      • 9 Oktober 2023 - (13:53 WIB)
        Permalink

        Kocak ini yg males baca siape sebenernye??.. makanye baca yg bener itu tulisan TSnye, otak2.. 🤣

        3
        3
    • 10 Oktober 2023 - (10:02 WIB)
      Permalink

      Komentar sales/marketing propaganda dan komentar orang waras pasti beda.
      Mohon bagi para korban marketing tak bertanggung jawab sabar yaa.

  • 9 Oktober 2023 - (11:49 WIB)
    Permalink

    Case closed
    Mandiri sudah memberikan solusi per hari ini, Senin 09 October 2023

    Just for information
    Saya salah satu nasabah kartu kredit Mandiri dari bertahun2 lalu dengan kartu gold sebagai kartu utama dan sejauh ini saya selalu mengikuti syarat untuk penghapusan membership fee
    Untuk kartu lainnya bersifat penawaran

    1
    1
    • 9 Oktober 2023 - (12:37 WIB)
      Permalink

      Saya pernah mengalami di kartu kredit lain,dan itu bisa d hapuskan padahal kartu tidak pernah saya aktfikan,.

  • 9 Oktober 2023 - (11:52 WIB)
    Permalink

    Sebelum menjudge saya ga mau baca, mohon dibaca dulu komplainan saya ya

    Disitu saya ceritakan kronologisnya
    Ini kartu tambahan yg saat dulu sifatnya penawaran dengan cerita mudah penghapusan membership fee nya tanpa syarat

  • 9 Oktober 2023 - (11:55 WIB)
    Permalink

    Kan di atas saya juga bilang saya ingin melakukan penutupan kartu 🙂
    Akan dibayarkan semua tagihan saya namun tidak dngn membership fee nya

    Btw ini kartu bukan pengajuan ya saat itu tapi penawaran karti tambahan yang tiba2 dikirimkan

    • 9 Oktober 2023 - (13:25 WIB)
      Permalink

      kagak ngaruh kartu ngajuin apa ditawarin, begitu lau aktifin argo annual fee jalan, ribet? simple closed kartu riba anda

  • 9 Oktober 2023 - (14:40 WIB)
    Permalink

    Setahu aku sih, apabila ada seorang nasabah bank atau nasabah kartu kredit, ditawarkan (entah melalui email, wa, telp) kartu kredit tambahan, biasanya jenis level dari kartu kredit tsb adalah yang tingkatnya setingkat di atasnya atau kalaupun tidak masih satu level dgn existing kartu kredit yang dipegang, yang mana tentu kartu kredit tsb tidak mungkin free annual fee for life. Biasanya ada embel-embel “bisa di hapuskan dgn syarat”.
    Aku saja yang per hari ini dapat wa penawaran kartu tambahan JCB Black, tidak aku gubris, karena emang aku langsung cek S&K nya dari web resmi dan memang ada fee yang cukup besar, toh, benefit dari JCB tsb jg bakalan jarang dipake.

  • 10 Oktober 2023 - (05:14 WIB)
    Permalink

    Bank mandiri paling pelit dalam penghapusan iuran tahunan, bank lain walau ada syarat tapi kalau ancam minta tutup kartu saat bagian penutupan nanya alasan kenapa tutup jawabannya tidak di acc penghapusan iuran, malah segera di bisa di hapus iuran asalak kartu tidak di tutup. Jadi alasan saja kalau ada yg ngomong itu kan karna sudah pakai jasa kartu kredit dsb.

 Apa Komentar Anda mengenai Kartu Kredit Bank Mandiri?

Ada 13 komentar sampai saat ini..

Penghapusan Membership Fee Kartu Kredit Bank Mandiri

oleh Nabilah dibaca dalam: 1 menit
13