XL Tidak Bertanggung Jawab untuk Kesalahan Informasi dari App MyXL Mengenai Masa Berlaku Paket Internet

Selamat pagi, salam sejahtera untuk kita semua. Sebelumnya, saya sudah mencoba menyampaikan keluhan ini secara langsung ke pihak XL, yaitu melalui layanan di Facebook maupun dari chat langsung di aplikasi MyXL. Hanya saja, tidak mendapat solusi yang seharusnya menjadi hak saya yang dirugikan.

Jadi, kejadian terjadi pada tanggal 17 Oktober 2023, di mana kuota paket internet saya habis di waktu pagi, padahal di aplikasi MyXL sendiri ditemukan informasi bahwa paket akan di-reset pada tanggal 17 Oktober pukul 23.59 WIB. Saya mencoba komplain pertama melalui chat lewat Facebook, menjelaskan detail keluhan, dan seharusnya laporan dibuat dalam 3×24 jam.

Setelah menunggu 3 hari, saya mendapatkan jawaban atau SMS yang tidak sesuai dengan poin keluhan yang saya sampaikan. Lalu saya mencoba mengikuti kembali melalui aplikasi MyXL untuk meminta solusi dari kendala ini. Setelah kembali menceritakan secara detail keluhan, menunggu dengan sangat lama respon live chat mereka, akhirnya saya mendapatkan kalimat bahwa kuota saya tidak dapat dikembalikan karena waktu sudah melebihi 4 hari setelah 17 Oktober.

Pertanyaan saya adalah, bukankah kuota saya habis itu karena kesalahan informasi yang tertera pada aplikasi MyXL yang mencantumkan waktu reset kuota pada 17 Oktober 2023 pukul 23.59 WIB, sehingga saya belum sempat mengisi ulang kuota untuk memperpanjang masa berlaku paket sehingga kuota bisa tetap terakumulasi? Dan lagi, setelah jelas semua bukti yang saya berikan bahwa kendala keluhan utama adalah karena kesalahan dari pihak XL, apakah cara mereka menangani kerugian konsumen dengan tidak bertanggung jawab seperti ini?

Bukankah dalam UU No. 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen, sudah jelas bahwa konsumen berhak mendapatkan ganti rugi atas kesalahan atau kesalahan informasi yang diberikan penjual, dalam hal ini penyedia jasa layanan internet dalam aplikasinya, yaitu MyXL, mengenai masa berlaku dan waktu dari paket saya?

Mungkin keluhan saya hanya sebatas kuota, tapi saya justru berharap bahwa hal yang mungkin terkesan remeh seperti ini, pihak XL tidak mengabaikannya begitu saja.

Terima kasih.

Bayu Aditya
Nomor laporan: C28276804
Kota Cirebon, Jawa Barat


Update (27 Oktober 2023): Terkait surat pembaca di atas, penulis memberikan klarifikasi dan apresiasi atas tanggapan dari pihak XL Axiata sebagai berikut:

 

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan perihal “XL Tidak Bertanggung Jawab untuk Kesalahan Informasi dari App MyXL Mengenai Masa Berlaku Paket Internet”

Jakarta, 30 Oktober 2023 Ref.CM/CU/E/009/1023/SN Kepada Yth. Redaksi Mediakonsumen.com Dengan Hormat, Berikut tanggapan kami atas keluhan Bapak Bayu melalui Media...
Baca Selengkapnya

5 komentar untuk “XL Tidak Bertanggung Jawab untuk Kesalahan Informasi dari App MyXL Mengenai Masa Berlaku Paket Internet

  • 22 Oktober 2023 - (18:29 WIB)
    Permalink

    dalam hal ini sepertinya memang kesalahan dari XL.
    tapi kalo saya, selalu membiasakan untuk tidak terlalu mepet dalam mempersiapkan pulsa atau tagihan dalam kasus apapun.

    kebetulan saya juga dapet promo dari XL, Paket Xtra Combo Plus 58GB 30 hari hanya Rp. 26.970.. jauh-jauh hari sudah saya isi pulsa untuk persiapan perpanjangan.
    Alhamdulillah sampai hari ini selalu diperpanjang otomatis paket promonya.

    • 23 Oktober 2023 - (10:36 WIB)
      Permalink

      betul, XL sy jg dpt promo yg lumayan. sy terus jaga pulsa agar mencukupi saat perpanjangan. akumulasi kuota sy capai 300gb. lumayan banget bs dipake sekeluarga, ga perlu ikut indihome dll.

  • 23 Oktober 2023 - (20:36 WIB)
    Permalink

    Kemarin coba paket data XL lagi setelah lama pakai indosat, setelah beli paket data dinyatakan gagal, tapi bersamaan paket aktif tapi tetap sedot pulsa utama.

    Untung XL ada proteksi kontrol pulsa tuk data, cuma ini lebih fitur tuk ngelindungi kelemahan sistem utama mereka.

    Mungkin termasuk kesalahan yg dialami oleh TS ini, kayaknya sistem mereka bug, dan tidak dibenerin sumber utamanya tapi dgn sistem tambal sulam.

  • 24 Oktober 2023 - (07:07 WIB)
    Permalink

    Saya memakai Axis pembelian paket masa aktif 3 hari tetapi jika daftar jam 11 malam masa aktif jadi real 2 hari 1 jam. Informasi masa aktif 3 hari.bank penulisan informasi promo dari provider yang buat kurang pas

 Apa Komentar Anda mengenai XL Axiata?

Ada 5 komentar sampai saat ini..

XL Tidak Bertanggung Jawab untuk Kesalahan Informasi dari App MyXL Men…

oleh Bayu Aditya dibaca dalam: 1 menit
5