Janji Ganti Rugi yang ‘Zonk’ dari Shopee dan J&T

Terkait surat saya di media konsumen yang terbit tanggal 21 Oktober 2023 dengan judul “Klaim Ditolak, Barang Tidak Kembali, dan Tidak Diganti,” pihak terkait dalam hal ini Shopee dan J&T menghubungi saya. Tanggal 21 dan 22 Oktober, ada panggilan yang masuk ke saya dari nomor 1500702 dengan memperkenalkan dirinya sebagai Cindy dari tim media Shopee.

Cindy mencoba memberikan solusi terkait permasalahan saya ini dengan memberikan voucher belanja kepada saya sebagai pengganti atas kerugian saya tersebut. Namun saya tolak, saya ingin paket saya dikembalikan atau diganti senilai produk saya, yaitu bumbu tomyam 1 kg senilai 87.000. Cindy menyanggupi dan mengatakan bahwa pihak J&T akan mengganti dan menghubungi saya.

Hari Rabu tanggal 25 Oktober, ada pesan WhatsApp yang masuk dari pihak J&T asal saya mengirim paket, yaitu J&T di Jalan Sidosermo DP Wonocolo Surabaya. Bukannya mengganti kerugian saya seperti yang dijanjikan oleh Cindy, atau meminta maaf atas kejadian ini, malah menanyakan pendapat saya atas tidak digantinya paket saya yang rusak ini.

Sungguh keterlaluan menurut saya pesan WhatsApp ini, tidak memiliki etika. Jika orang sampai menulis di media konsumen, tentu kecewa dengan layanan yang ditulisnya. Namun pihak J&T ini malah menanyakan sikap saya, bukannya mengganti atau meminta maaf.

Dua kali saya mendapat prank dari pihak Shopee dan J&T. Janji yang tidak jujur dan sikap layanan yang amburadul dari J&T.

Terima kasih kepada media konsumen yang menayangkan surat saya ini.

Marisa
Surabaya

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

20 komentar untuk “Janji Ganti Rugi yang ‘Zonk’ dari Shopee dan J&T

  • 31 Oktober 2023 - (23:53 WIB)
    Permalink

    Sy jg kejadian sdh 2 bln brg2 sy di jnt ga ada kabar,dgn gampangnya blg hilang,trus blg mau dihubungi pihak jnt smp skrg ga ada kbrnya

  • 1 November 2023 - (05:49 WIB)
    Permalink

    Saya juga mengalami paket Shopee via jnt hilang. Dan tidak sampai saat ini Shopee dan jnt diam saja tidak ada tanggung jawab

    4
    1
    • 1 November 2023 - (14:57 WIB)
      Permalink

      J&t ini MMG aneh,saya pesan barang kemarin masak dibilang no telp saya g aktif,sampe berhari hari paket g diantar dengan alasan sama, padahal saya belanja masih seputaran kota saya,setelah chat shopee dan komplen baru besoknya diantar, kurirnya minta maaf,kurir KLO malas y g usah kerja,,

  • 1 November 2023 - (13:06 WIB)
    Permalink

    Ass…mohon maaf sebelumnya bukan saya ikut campur persoalan barang anda anda yg hilang…tapi menurut sya yg berhak tanggung jawab adalah shopee krn anda mengirimkan melalui shope dan shope mengalihkan ke pihak ketiga yaitu jnt…sdngkan shope ada jasa pengiriman sendiri jd untuk apa di alihkan ke jnt klu bukan persaingan bisnis.

    • 2 November 2023 - (15:27 WIB)
      Permalink

      @Fachrul sbg info. Tentu saja J&T sbg suatu layanan jasa ekspedisi yg harus bertanggungjawab, karena dia sbg perantara langsung barang yg mulai dari tangan seller hingga ke tangan customer, sehingga jika ada suatu kerusakan/kehilangan ketika barang sudah diterima ditangan jasa ekspedisi (dgn segala aturan packingnya), sudah jelas yang harus bertanggungjawab itu siapa.
      Sedangkan Shopee adalah sbg e-commerce atau dalam bahasa sederhananya adalah penyedia lapak sehingga tersedia suatu lahan tempat transaksi. Jadi tugas si shopee lebih utama adalah sbg pengawas dan pengembang lapak.
      Si Shopee menjalin kerjasama dengan berbagai jasa kirim sbg fasilitas mempermudah pengiriman barang. Dalam hal ini, Shopee & J&T sudah menjalin kerjasama resmi dibandingkan jasa ekspedisi lain (entah krn sudah diakuisisi atau apa krn dlm apk seller, ekspedisi J&T WAJIB aktif). Kesimpulannya, yg harus bertanggungjawab dalam penggantian ganti rugi adalah J&T yg dananya nanti akan masuk di aplikasi si shopee ini

  • 2 November 2023 - (04:15 WIB)
    Permalink

    Ngak di jelaskan ganti voucher berapa kalau senilai barang ya terima saja nanti beli di toko lain.

  • 2 November 2023 - (06:26 WIB)
    Permalink

    saya ikut prihatin dng kurir akhir2 ini ,khususnya kurir ‘TKP (antar sampai pembeli) seringkali barang udah sampai (dikota tujuan) pk.13.00 tapi baru diantar besoknya lusa. saya yakin anda mungkin anda juga pernah alami hal ini, bagi yg sering pantau tracking…

  • 2 November 2023 - (08:36 WIB)
    Permalink

    Saya sarankan ke mbaknya untuk up di sosmed juga, jangan lupa tag yg lain2 😁. Pengalaman saya jualan di shopee sampai detik jika ada masalah percuma lapor ke pihak shopee, dijanjiin 3 hari selesai sampai 3 bulan juga kagak selesai2, jawabanya selalu ‘mohon maaf atas ketidakyaman’ ‘akan kami teruskan ke tim terkait’ ‘mohon maaf kami masih butuh waktu untuk investigasi’. Klo lapor di sosmed dijamin hitungan jam selesai, jd mending lapor di sosmed aja mbak. Ini pengalaman saya, mereka semua takut sama sosmed, ini pengakuan dr karyawan mereka yg pernah chat saya mohon2 agar jangan up di sosmed.

  • 2 November 2023 - (08:53 WIB)
    Permalink

    Itu yg nanggapi sepertinya pelawak yg lg kerja partime di J&T krn kerjaan manggung lg sepi. Harusnya J&T punya standart jelas utk merekrut karyawan partime, jgn rekrut org2 yg basicnya dr seniman pelawak, bisa runyam krn org lagi kecewa dgn layanan itu berat di ongkos klu dipaksa ketawa.

  • 2 November 2023 - (16:59 WIB)
    Permalink

    Oh ini ya jnt wkwkw . Tapi akhir2 ini gua belanja online selalu make jne atau spx , karena jnt lemot kebanyakan tempat singgah

  • 2 November 2023 - (19:52 WIB)
    Permalink

    Jnt mAh Banyak Maling nya, paket Saya sudah diterima pembeli Saja status mau diretur dengan Alaskan pembeli menolak cod. Padahal barang sdh diterima dan dibayar.

  • 3 November 2023 - (00:41 WIB)
    Permalink

    Saya juga kena….. Dhulur sama Shoopy….. pesan barang Lemari kabinet.. pesan tgl 20/10/2023…. sampai sekarang barang belum terkirim.begitu sy komplain pihak JNE.Trucking… Jawabanya Barang dinyatakan hilang… sy minta pengembalian Dana playlater… jawabannya gk bisa… katanya pengiriman Selesai… padahal barangnya harganya Rp.400.lebih… tapi sy tetap disuruh bayar.. EDAN OPO KON BAYAR…Kolektor moroh *****….ae

 Apa Komentar Anda?

Ada 20 komentar sampai saat ini..

Janji Ganti Rugi yang ‘Zonk’ dari Shopee dan J&T

oleh cheese dibaca dalam: 1 menit
20