BCA Bisa Memblokir Uang di Rekening Tanpa Informasi dan Tanpa Surat Kepolisian

Tiba-tiba saja uang di rekening BCA saya mengalami selisih sekitar Rp1,5 juta, pada sekitar tanggal 12 Agustus 2023 (pastinya sekitar tanggal 12–14 Agustus, saya lupa saking lamanya). Untuk bukti bahwa sampai saat ini masih terblokir, bisa dicek di gambar di bawah ini.

Percakapan dengan inisial R

Saya lanjutkan. Pada tanggal 12 Agustus 2023, setelah ada selisih uang, saya melapor ke BCA Cabang Goci Surabaya. Mereka sampai bingung karena tidak ada yang diblokir. Saya meminta cek ulang berkali-kali, alhasil mereka mengatakan ada laporan dari customer inisial R (saya menyembunyikan nama lengkapnya).

Saya coba cek, ternyata orang tersebut bertransaksi dengan saya di aplikasi Binance untuk membeli token USDT pada tanggal 1 Agustus 2023. Semua transaksi berjalan lancar dan berhasil diterima satu sama lain. Saya diminta BCA untuk mengirimkan surat keterangan dan bukti bahwa saya berjualan di platform Binance tersebut.

Berkas sudah saya lengkapi semua dan saya serahkan ke BCA Cabang Goci. Namun, sampai tanggal akhir masa laporan, tidak ada kelanjutan sama sekali. Ternyata mereka meminta bukti video tutorial. Dan tentunya, Anda tahu, pihak BCA bingung dan saling lempar bagaimana caranya mereka menerima file video tersebut karena email BCA tidak bisa menerima dan mengirim file video. Setelah ruwet, saya terpaksa mengirimkan file tersebut ke BCA lewat WhatsApp. Semua berkas telah terkirim dan disuruh menunggu.

Hingga saat ini, tanggal 23 November 2023, tidak ada informasi apa pun. Anehnya, ketika saya follow up jawaban awal mereka bahwa laporan saya cancel, what? Karena saya tidak merasa kasus selesai, saya meminta cek ulang. Ternyata jawabannya, laporan masih diproses pihak terkait.

Kita akan mundur sedikit sekitar beberapa bulan lalu, karena saya penasaran oleh pelapor karena saya merasa transaksi beres, maka saya mencari namanya lewat media sosial dan ketemu. Alhasil, saya bertanya-tanya kenapa dia melaporkan saya. Ternyata jawabannya, dia tidak melaporkan saya! Dia hanya bertanya kenapa ada debit otomatis di rekeningnya. Berikut fotonya:

Bisa dicek bahwa nominalnya bahkan tidak sesuai dengan transaksi saya. Berikut ini bukti transakai bersama akun R di Binance untuk membuktikan transaksi selesai dan bukti percakapan saya dengan seseorang berinisial R.

Intinya, BCA bisa memblokir uang kita tanpa pemberitahuan dan tanpa surat kepolisian, sepertinya.

Ali Akbar
Sidoarjo, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Bank BCA:
[Total:21    Rata-Rata: 2.4/5]
Tanggapan perihal “BCA Bisa Memblokir Uang di Rekening Tanpa Informasi dan Tanpa Surat Kepolisian”

Menanggapi keluhan Bapak Ali Akbar Hasemi Rafsanjani di Media Konsumen tanggal 01 Desember 2023 dengan judul “BCA Bisa Memblokir Uang...
Baca Selengkapnya

23 komentar untuk “BCA Bisa Memblokir Uang di Rekening Tanpa Informasi dan Tanpa Surat Kepolisian

  • 1 Desember 2023 - (09:59 WIB)
    Permalink

    alhasil mereka mengatakan ada laporan dari customer inisial R,
    apakan si R ini berniat nipu?abis dapet koin mau duit nya balik lagi

    • 1 Desember 2023 - (10:04 WIB)
      Permalink

      Bukan kak untungnya saya berhasil menghubungi cust r ini, dia gak ngelaporin saya dia ngelaporin kenapa ada debet otomatis di rekeningnya.. la aneehnya kok q yang kena

  • 1 Desember 2023 - (12:05 WIB)
    Permalink

    Itu debit otomatis kena penyesuaian kurs dan biaya lain² sepertinya. Dulu saya pernah juga transaksi kartu debit BCA di Bangkok, kena debit otomatis semingguan setelah transaksi. Katanya Halo BCA sih ya biaya diatas itu.
    Semoga cepat selesai masalahnya

    • 1 Desember 2023 - (17:35 WIB)
      Permalink

      Nah bener harusnya gak ada hubungannya sama saya anehnya kenapa justru uang saya yg kena blokir

      • 2 Desember 2023 - (05:41 WIB)
        Permalink

        Kamu mau ditipu R. Dia mungkin bikin laporan ke bca supaya uangnya balik dan dapet usdt. Kamu gausah urusan sama si R namanya tukang tipu ya pinter2 mereka lah. Kamu bikin sanggahan aja ke bca buktikan kalau itu memang uang dari penjualan usdt

  • 1 Desember 2023 - (14:36 WIB)
    Permalink

    Termasuk gerak cepat itu BCA, beda ama BSI & CIMB, ada laporan pembobolan rekening, mesti lapor ke cabang bawa surat laporan polisi & bukti mutasi segala macam, dan harus hari kerja. Keburu duit ilang ditarik ama malingnya. Sorry ini nggak ada hubungan ama kasus TS, cuma menyoroti perlakuan bank aja. Hari ini banyak penipu pake cara apa aja. Buat kirim USDT pake Indodax aja, gratis kalo Binance ada fee.

    • 1 Desember 2023 - (17:36 WIB)
      Permalink

      Bukan masalah gerak cepat sih blokir gpp, tp ada batas waktu, misal seminggu g ada surat kepolisian ya blokirnya dibuka karena dianggap laporan tak bedasar..kalau ada laporan di blokir terus bisa dibuat oknum buat ngerjain korban akhirnya

      • 3 Desember 2023 - (05:49 WIB)
        Permalink

        Bos dari pengakuan R aja jelas dia ga jujur telah ngelaporin anda, setau ane setiap laporan penipuan wajib ada laporan kepolisian kecuali salah transfer.. anda bilang ke media berdasarkan kata “sepertinya” bukan faktanya, bisa2 pencemaran nama baik bca ente.. padahal jelas kalo ente bisa hubungi itu orang ya suruh dia lah telp halo bca jelasin..

  • 2 Desember 2023 - (04:38 WIB)
    Permalink

    Di blokir ga di balikin trus duite kemana? Enak jg ya petingi petingi bank mgemplang uang

  • 2 Desember 2023 - (15:55 WIB)
    Permalink

    Mungkin pihak BCA memblokir rekening agan itu biar rekening agan tdk mendebit otomatis lagi rekening si R nya itu dikedepannya. Karna kan pihak R melaporkan adanya debit otomatis direkeningnya dan setelah pihak BCA nya menyelidiki ternyata kan terdebit otomatis nya ke rekening agan, dan itu termasuk kedalam pencurian ataupun pembobolan jika tanpa persetujuan yg punya rekening yg terdebit otomatis itu. Jadi utk mencegah terjadinya pendebitan otomatis lg dikedepannya jd ya dgn cara rekening agannya yg diblokir karna rekening agan lah yg terdeteksi mengambil.

  • 3 Desember 2023 - (05:29 WIB)
    Permalink

    Kata orang orang menabung di bank itu aman..aman bagaimana ? Walaupun ada LPS…apakah kalau uang kena siber apakah bisa di ganti sama LPS ?

  • 6 Desember 2023 - (19:17 WIB)
    Permalink

    Memang layanan BCA sangat buruk dan tidak cerdas dan tidak berprikemanusiaan, ini berdasarkan pengalaman saya USDT 2100 dibekukan oleh Indodax. Setiap petugas BCA yang menghubungi saya random tidak fokus dalam penanganan masalah.

    Saya pernah membuat laporan polisi untuk pemblokiran rekening terlapor namun BCA membuat tema baru laporan Polisi mesti tanda tangan Kapolres/Kapolda. Kelihatan nya BCA dungu tidak faham aspek hukum. Alasan BCA untuk menguatkan laporan padahal dengan laporan Polisi sudah cukup mewakili kasus tersebut. Saya coba berikan nomor penyidik secara lengkap untuk koordinasi lebih lanjut sesuai permintaan, namun BCA tidak merespons tanggapan saya sebagai korban yang hingga hari ini belum cair samasekali.

 Apa Komentar Anda mengenai Bank BCA?

Ada 23 komentar sampai saat ini..

BCA Bisa Memblokir Uang di Rekening Tanpa Informasi dan Tanpa Surat Ke…

oleh Ali dibaca dalam: 1 menit
23