Saran Agar Mesin ATM BCA di Alfamart Cibiru Ditingkatkan Kualitasnya

Saya merupakan salah satu nasabah dari Bank Central Asia (BCA). Saya menggunakan kartu jenis tahapan BCA Blue Mastercard. Pada tanggal 14 Januari 2023, saya melakukan penarikan tunai sejumlah Rp200.000 di ATM BCA Alfamart Cibiru, dekat Kampus UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Saya biasa tarik tunai di mesin ATM itu dan berjalan dengan lancar. namun anehnya, pada saat itu uang tidak keluar dari mesin ATM, meski saya sudah melakukan seluruh prosedur. Bukan uang yang keluar melainkan kartu ATM saya yang keluar dari mesin ATM tersebut.

Setelah itu saya membuka aplikasi BCA Mobile yang ada di handphone saya. Saat melihat saldo, ternyata saldo saya sudah berkurang sesuai nominal yang saya tarik. Saat bertanya kepada salah satu pegawai Alfamart, mereka menjawab kejadian ini sering terjadi, karena faktor mesin ATM yang sudah tua (lama). Dia meminta saya melakukan pelaporan kepada pihak BCA.

Berikut saya lampirkan adalah foto nomor mesin ATM BCA yang berada di tempat kejadian. Pada saat kejadian, pegawai Alfamart bilang ke saya jika ingin membuat laporan kepada pihak BCA, nomor mesin ATM yang ada di tempat kejadian harus difoto agar dapat dijadikan keterangan.

Saya langsung melakukan pelaporan telepon menggunakan aplikasi Halo BCA. Saya menjelaskan kronologi yang terjadi kepada customer service (CS) yang melayani. Saat dicek menggunakan track record penggunaan kartu oleh customer service (CS), memang benar terjadi transaksi di situ. Setelah diskusi yang cukup panjang, akhirnya uang yang tadi tidak keluar dikembalikan ke saldo saya.

Di sini saya mengapresiasi tindakan dari pihak BCA yang cepat dan tanggap dalam membantu permasalahan saya dalam pengembalian dana. Namun saya juga ingin memberi saran terkait mesin ATM yang sudah tua atau lama, lebih baik diganti dengan yang baru demi kenyamanan nasabah BCA itu sendiri. Pasalnya, mungkin saja kejadian ini banyak terjadi di mesin ATM lain dan belum tentu orang lain mengerti prosedur pengembalian dana dan berakhir mengalami kerugian.

Citta Dewi
Cimahi, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan perihal “Saran Agar Mesin ATM BCA di Alfamart Cibiru Ditingkatkan Kualitasnya”

Menanggapi tulisan Ibu Citta Dewi Alfiandari di Media Konsumen tanggal 04 Desember 2023 dengan judul “Saran Agar Mesin ATM BCA...
Baca Selengkapnya

5 komentar untuk “Saran Agar Mesin ATM BCA di Alfamart Cibiru Ditingkatkan Kualitasnya

  • 4 Desember 2023 - (10:13 WIB)
    Permalink

    Kok bisa tau umur atm nya sudah tua? Punya ktp kah? 😀 kl dr foto itu mesinya masih baru, layak pakai. Jarang2 atm bca spt ini. Bisa jadi mungkin karena atmnya diganjel seperti modus kejahatan atm pada umumnya.

    • 4 Desember 2023 - (11:15 WIB)
      Permalink

      Rata2 BCA sekarang ATM ny yg lebar2 yg bisa setor tunai… Mungkin itu ATM jadul seperti ATM mandiri atau BRI yg tampa setor tunai

    • 4 Desember 2023 - (13:41 WIB)
      Permalink

      kebanyakan atm yang berada di alfa/indo masalahnya dikoneksi, lemot dan sering ngelag.

  • 11 Desember 2023 - (04:58 WIB)
    Permalink

    Saldo kan udah dikembalikan oleh BCA kepada TS, berarti BCA mengakui ada masalah pada mesin atm nya tsb. Dan sudah benar TS memberi masukan kepada BCA melalui MK ini, mudah2n BCA segera merespon keluhan dari nasabah.

 Apa Komentar Anda mengenai ATM BCA?

Ada 5 komentar sampai saat ini..

Saran Agar Mesin ATM BCA di Alfamart Cibiru Ditingkatkan Kualitasnya

oleh Citta dibaca dalam: 1 menit
5