Mempertanyakan Kualitas Perbaikan Pompa Air Hitachi

Saya memakai Pompa Air Hitachi WTP300GX, sejak Agustus 2020. Semua berjalan normal sejak waktu tersebut, sampai pada Oktober 2023, saya merasa tekanan air melemah. Saya melakukan janji servis dengan pihak Service Centre Hitachi Surabaya (Arcelik) dan teknisi pun datang.

Setelah dilakukan penggantian parts, di sinilah keanehan lain mulai terjadi, yang mana nafas pompa semakin pendek (cetak cetek). Pihak teknisi sempat memvonis ada kebocoran di dalam instalasi rumah saya, tapi ternyata salah (setelah dites, ternyata pompa yang bermasalah).

Dalam kurun waktu 30 Oktober 2023 sampai hari ini kondisi pompa tidaklah normal. Sudah dilakukan beberapa parts, tetapi tetap tidak tersolusikan. Saya sendiri pun sudah menghubungi Hitachi Jakarta, tetapi mereka nihil solusi. Mereka terkesan mengatakan bahwa pompa jenis WTP300GX ini memang begini karakternya. Padahal di awal pemakaian kondisinya tidak begini.

Saya sudah terbiasa memakai jasa service center resmi lain untuk produk elektronik di rumah saya. Namun entah kenapa pada merek Hitachi ini saya merasa tidak nyaman dan tidak menemukan solusi atas permasalahan saya. Terkesan teknisi Hitachi tidak menguasai permasalahan yang terjadi dan trial and error.

Jika saya tahu kualitas Hitachi seperti ini saya tidak akan memakai merek ini. Dengan harga cenderung premium, tetapi kualitas dan after sales-nya terkesan tidak menguasai produk yang mereka jual.

Daud Setiawan
Surabaya, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

10 komentar untuk “Mempertanyakan Kualitas Perbaikan Pompa Air Hitachi

  • 15 Desember 2023 - (10:18 WIB)
    Permalink

    Duhh tinggal bayar aja, late charge cuma 75ribu, dibikin ribet malahan, ampe mau mindahin KPR, loe kira mindahin KPR biayanya gak berjuta juta

  • 15 Desember 2023 - (14:02 WIB)
    Permalink

    Pak Daud,
    Pompa WTP300GX itu lumayan ciamik kalau menurut saya karena pompa ini dipakai dirumah ibu saya dan saya pun pernah ngoprek pompa ini.
    Biasanya pompa jadi loyo itu disebabkan kurangnya atau telat reload air dibawahnya sehingga mechanical sealnya panas dan rusak/bocor sehingga perlu diganti.

    Pak daud ngemandorin teknisi waktu ngoprek mesinnya? Kalau iya, apakah teknisnya itu ngecek impeler dan karet penutup impelernya? Biasanya kalau masih loyo nah biangkeroknya ada diantara dua itu.

    Kalau impelernya masih mulus ya ndak perlu diganti, coba liat ‘O-ring di penutup impelernya biasanya suka ada kasar2 gitu kalau ditarik/betot suka ada keliatan mau putus nah harus diganti.

    Kalau ngandelin SC, ya mereka jg manusia pak masih banyak kekurangan. Tp pada dasarnya, konsep pompa dangkal disemua merek itu sama. Yg membedakan adalah ukurannya dr sparepartnya.

    Lagipula itu pressure switch gak perlu dioprek, ikuti aja default pabriknya bgt. Dioprek gt malahan jd ngaco. Sy sdh bbrp kali iseng ngoprek2 PS yg ada jadinya tengah malem cetakcetuk akhirnya saya ganti beli baru dan gak lagi dioprek. 😂

    Ngoprek pompa air sendiri itu menyenagkan, pak.
    Saya dpt ilmu banyak tentang pompa air/mesin cuci/kulkas dr youtube 😁

    • 15 Desember 2023 - (15:48 WIB)
      Permalink

      terima kasih atas sharenya Pak Dhan. Saya kebetulan kurang memahani pompa, hanya saja sewaktu mereka bongkar saya sudah sarankan apa perlu ganti membran / otomatis dan mereka bilang ga perlu. Dan keukeh hanya ganti ring seal saja. Tapi setelah di ganti pun hasilnya hanya bertahan sementara, setelah itu pompa cetak cetek lagi.
      saya sudah minta mengirimkan pompa saya ke Hitachi Jakarta dengan maksud agar mereka bantu bongkar semua dan dicek (biaya kirim dan biaya cek saya tanggung) namun mereka mengarahkan saya ke SC Surabaya, katanya prosedur ini itu. Padahal di SC Surabaya sudah ngotot keukeh. Rasanya pusing Pak.

  • 15 Desember 2023 - (16:43 WIB)
    Permalink

    Sejak reformasi, saya mulai membiasakan untuk mendatangi SC resmi HANYA JIKA produk masih tergolong pemakaian baru atau masih tercover garansi. Ini berlaku untuk produk elektronik dan kendaraan bermotor. Service TIDAK RESMI umumnya (terutama yang punya reputasi) merupakan teknisi berpengalaman (meskipun tidak punya pendidikan teknis formal) dan punya 1001 cara mengakali kerusakan dan kelangkaan suku cadang. Pengalaman bicara bung!

    • 15 Desember 2023 - (21:20 WIB)
      Permalink

      Suara cetek cetek….
      Kayaknya jenis pompa air model tekanan ya,yg kalo ada keran dibuka pompa nyala

  • 16 Desember 2023 - (08:57 WIB)
    Permalink

    stop kran ada yang aus itu sepertinya. coba pasang valve kuningan dengan model tapuk, biasanya disebut “valve tapuk”. kemungkinan ada masalah di situ

  • 28 Desember 2023 - (09:55 WIB)
    Permalink

    update. saya sudah ganti memakai pompa merek lain dan sudah pemakaian 1 minggu, kondisi normal.
    tidak ada cetak cetek lagi.
    bisa saya pastikan permasalahan ada pada pompa hitachi.

 Apa Komentar Anda mengenai Layanan purna jual Hitachi?

Ada 10 komentar sampai saat ini..

Mempertanyakan Kualitas Perbaikan Pompa Air Hitachi

oleh Daud dibaca dalam: 1 menit
10