First Media Menaikkan Tarif Secara Sepihak, Diskriminatif dan Mempersulit Pelanggan

Saya pelanggan First Media, dengan nomor 12350104 dan paket berlangganan “Joy Value”, sejak Oktober 2022 dengan tarif bulanan Rp371.295 Saat memasang layanan First Media, petugas mengatakan bahwa tarif flat, tidak akan naik. Ternyata pada bulan Oktober 2023, saya mendapatkan email promo berikut, yang mengatakan bahwa promo saya habis.

first-media-penipu
First Media menipu

Padahal saya tidak pernah ikut promo. Karena saya mencurigai bahwa ini adalah akal-akalan First Media untuk menaikkan tarif secara sepihak, maka saya menghubungi CS untuk menanyakan maksud email tersebut.

CS selalu menjawab secara template dan malah memprospek saya untuk langganan tarif yang lebih mahal dan tidak masuk akal.

Kemudian pada bulan November 2023, muncul tagihan yang tiba-tiba naik, menjadi Rp404.595. Saya tanyakan ke CS kembali dan dijawab template lagi. Namun masih saja, bukannya menyelesaikan masalah, CS untuk kedua kalinya memprospek saya untuk langganan paket yang tidak masuk akal.

Saya dapat info dari marketing First Media, bahwa sekarang harga paket saya, untuk pelanggan baru paket “Joy Value” adalah Rp295.000 per bulan.

Di sini terjadi diskriminasi dan perlakuan yang tidak etis dari First Media. Saya yang pelanggan lama, tagihannya dinaikkan secara sepihak dan malah diprospek untuk mengambil tagihan yang lebih mahal dan tidak masuk akal. Sementara pelanggan baru dapat paket sama dengan harga lebih murah. Mestinya malah pelanggan lama yang mendapatkan harga lebih murah, karena sudah setahun penuh berlangganan dan tidak pernah telat bayar. Konyol sekali cara licik First Media “menipu” pelanggan.

Karena itu saya meminta diputuskan saja. Namun malah dipersulit dan dibuat lama oleh First Media.

Yang lebih konyol lagi, tagihan tersebut masih muncul lagi sampai Desember 2023 ini. Sampai surat ini ditulis, layanan masih dianggap aktif, belum diputus oleh sistem, padahal internetnya sudah mati dan tagihan naik secara sepihak tersebut tetap dipaksakan kepada saya oleh First Media.

Lagu lama atau trik pembohongan oleh petugas First Media adalah pengambilan alat yang bilang rumah kosong/sepi. Padahal saya sengaja tidak bepergian sama sekali, menunggu dan tidak ada petugas yang datang.

Jadi dengan keadaan ini, saya dipersulit oleh First Media. Tagihan dipaksakan seenaknya, meminta diputus sejak November, tetapi sampai sekarang dibuat berbelit-belit sehingga saya tidak bisa pasang paket yang baru.

Untuk itu saya minta First Media segera menyebutkan pihak-pihak/ oknum yang bertanggung jawab atas pelanggaran hukum kepada saya sebagai konsumen untuk ditindaklanjuti. Kasus tersebut meliputi:

  1. Informasi bohong yang mengatakan saya ikut promo, padahal saya tidak pernah ikut promo.
  2. Pihak yang secara sepihak menaikkan tagihan konsumen tanpa persetujuan. Dengan akal-akalan promo yang tidak pernah diikuti oleh konsumen dan yang melakukan diskriminasi perihal tarif pelanggan lama, malah dinaikkan menjadi lebih mahal daripada pelanggan baru.
  3. Pihak-pihak yang mempersulit dan sengaja membuat berbelit-belit proses pemutusan internet, sehingga tidak bisa dipasang baru dan pihak-pihak yang dengan sengaja membuat sistem ini merugikan pelanggan.

Apabila dalam 1×24 jam tidak ada itikad baik First Media untuk bertanggung jawab, maka saya teruskan urusan ini melalui lembaga-lembaga perlindungan konsumen.

Khoirul Anwar
Sleman, Yogyakarta

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan perihal “First Media Menaikkan Tarif Secara Sepihak, Diskriminatif dan Mempersulit Pelanggan”

Yth. Redaksi Surat Pembaca MediaKonsumen.com, Sehubungan dengan surat pembaca yang disampaikan oleh Bapak Khoirul Anwar pada 24 Desember 2023 berjudul,...
Baca Selengkapnya

13 komentar untuk “First Media Menaikkan Tarif Secara Sepihak, Diskriminatif dan Mempersulit Pelanggan

  • 24 Desember 2023 - (08:47 WIB)
    Permalink

    Wah, ini kasusnya sama dengan yang saya alami. Kata salesnya saat pasang, tarif firstmedia tidak akan naik. Tidak seperti indihome. Ternyata dinaikkan pelan-pelan, naik 5 ribu, 5 ribu, seribu rupiah dll, dan saat sudah 1 tahun dinaikkan dengan nilai yang besar, 80 ribu, dst. Alasannya sama, promo habis. Promo apaan? Saya juga tidak pernah ikut promo.

    Jika memang promo, mestinya dijelaskan dari awal kalau ini promo. Tidak ada info yang jelas dan sampai sekarang tidak mendapatkan info dari CS ataupun pihak-pihak firstmedia.

    Ketika bertanya ke CS lewat telepon menunggunya sangat lama, dan diputus, lalu harus menelpon lagi dan menunggu lagi. CS medsos sampah. Tidak pernah menjawab dan menyelesaikan masalah, cuma jawab robot saja. Saya hampir kena tipu ketika diprospek untuk paket yang bayar tahunan. Untungnya saya tidak ambil. Hati-hati kena jebakan pertanyaan seperti itu, “Apabila berminat, silakan konfirmasi kembali”. Parah bgt. Bukannya membereskan malah memprospek.

    Ini mirip seperti: Tas Anda dirampok di jalan, lalu perampoknya bilang, “Saya tawari produk saya, tas buluk dengan harga lebih mahal dari tas Anda.” Biadab kan?

    Jangan sampai ada yang mau kena tipu firstmedia yang bayar tahunan atau bulanan. Karena kalau sudah bayar setahun, bagaimana nanti kompensasi gangguannya? Kan jelas ribet dan firstmedia tidak akan kasih kompensasi. Mungkin justru karena selalu tertib bayar itu jadinya dinaikkan seenaknya dan diprospek untuk yang lebih mahal.

    Mending yang bayar bulanan saja. Karena jika ada gangguan bisa minta ganti rugi di tagihan bulan berikutnya. Saya jamin, pasti ada gangguan. Tidak pernah first media lancar tanpa gangguan sebulan penuh.

    13
  • 24 Desember 2023 - (09:30 WIB)
    Permalink

    Kebetulan saya juga pelanggan first media sejak 2019, biasanya buat pelanggan yg udah 2 tahun lebih, ada yg namanya program loyalitas pelanggan, benefitmya selain speed Internetnya naik bisa juga tarif biayanya turun. Kalo mau cara gampang, tinggal amput saja ke first media, nanti mereka kasih potongan diskon, contohnya saya dapet 50mbps + 155 channel cuma 273rb

    2
    1
  • 25 Desember 2023 - (10:18 WIB)
    Permalink

    Semua ISP sama, kalau soal promo pasti sasaran nya ke pelanggan baru. Soal kenaikan juga begitu. Belasan taon pernah sbg pelanggan FM juga, waktu 2000 awal. Tagihan MyRepublic saya juga naek bertahap: 403.400 (2020) 429.400 (Jan 2021), 433.300 (Apr 2022), 466.600 (Dec 2022), 480.200 (Dec 2023). Murni paket internet tanpa tambahan siaran digital… Perangkat, speed, dsbnya dr awal sampe skrg tetap sama. Hanya saja kebetulan jaringan MyRep di komplek saya selalu bagus, ada masalah cepat ditangani, jaringan down dan saat pemeliharaan selalu ada notice by email,… Jadi yah males komplain soal harga.

  • 25 Desember 2023 - (18:21 WIB)
    Permalink

    Kasusnya smaa persis dengan ortu saya.. awal pemasangan ya bgitu.. lama2 tiap bulan naik.. konplen gk di tanggapin.. minta putus aja, kalo gk di respon gk usah di bayar ntr balik lg bayr normal seperti di awal csnya nawarin gitu.. dan bln2 berikutnya naik naik lg gk usah di bayr kalo udah naik biarin aja toh gk ngaruh ke slik.. fm tu ngambil uang haram.. rumah ortu lo samping kantor fm tp gk dgubris jg..

    1
    1
  • 25 Desember 2023 - (19:40 WIB)
    Permalink

    Wah ini sama dengan yg saya alami.. sy juga gak merasa beli promo diganti tapi paket sebelumnya hilang dan tagihan menjadi 504rb skrg.. padahal sering sekali internet down berkali kali.. sy minta putus juga harus menunggu dan membayar outstanding.. padahal sy sdh 4-5 tahun pke first media mulai 200rb an, harusnya cust lama diberikan harga yg sama dn paket loyalitas, tapi gak bagi kami pelanggan lama justru tambah lama tambah mahal.. kecewa banget buat service first media

  • 25 Desember 2023 - (19:47 WIB)
    Permalink

    Ini juga alasan saya berhenti menggunakannya. Dari dulu sampai dg saat ini ternyata masih sama layanannya. Saat Promo habis, ada penawaran mau naik harga dg tambahan bandwidth promo, atau harga tetap tapi turun bandwidth. Saat promo habis, penawaran itu akan berulang terus tiap tahunnya. Akhirnya saya menyerah diangka 475 kl gak salah. waktu itu sekitar 3-4 tahun lalu.

    • 26 Desember 2023 - (00:33 WIB)
      Permalink

      Wah bukan hal baru lagi ini ttg First media saya pelanggan sekitar 5 thn alami hal yg sama spt penulis diatas dgn alasan promo berakhir tanpa pemberitahuan terlebih dahulu harga dinaikan sepihak..setelah di komplain jawaban yg sama …akhirnya saya diputuskan secara sepihak tp tetap hrs membayar tagihan 1 bln kedepan yg tdk saya pakai…sangat tdk fair..bolak balik komplain ke cso jawaban yg sama…
      Sangat tdk profesional saya.hrs membayar apa yg tdk saya pakai.
      Tp bersyukur saat ini saya tdk langganan lagi dan msh byk diluar FM yg bagus dan menjaga komitmen..seringkali saya di telp sales first media menawarkan paket2 baru lagi dgn promo bla bla tp maaf saya sdh kecewa dan tdk tertarik lagi….
      Begitulah First media melepaskan pelanggan lamanya dgn cara yg sangat tdk terpuji…

      • 25 Februari 2024 - (19:35 WIB)
        Permalink

        Saya juga seperti itu kasus nya …dan saya mau putus dengan FM . Apakah saya juga tetap harus membayar tagihan saya yg awalnya 300rb menjafi 408 ?

  • 26 Desember 2023 - (01:13 WIB)
    Permalink

    Saya pengguna first media dari tahun 2015 hingga saat ini. Awal mula dgn speed 6mbps lalu naik menjadi 10mbps karena pada waktu itu memang untuk kecepatan 6mbps GK nutut. Dgn total biaya pembayaran 250rb. Hingga tahun 2022 biaya pembayaran naik hingga 431rb/25mbps. Karena sejak 2022 yang bekerja hanya 1 di keluarga saya. Jadi saya minta diturunkan harganya dengan kecepatan dibawah 25mbps. Sehingga jatuh dgn biaya 331rb. Dari 2022 Desember hingga 2023 November. Tetap dengan harga yang sama dan saya pikir mereka menurunkan speednya ternyata tetap di 25mbps. Bagi saya kalau memang TDK cocok dgn harga pembayarannya sebelum pembayaran jatuh tempo konfirmasikan dulu ke pihak cs first media di daerah anda. Jangan ke pusat ya. Karena data pusat dgn daerah berbeda. Terimakasih. Itu pengalaman saya sampai saat ini menggunakan first media.

  • 26 Desember 2023 - (01:33 WIB)
    Permalink

    Hahaha ternyata bukan saya aja, kebetulan udh setahun setengah pake First media dan selama itu jg slalu ada kenaikan harga terus and kita protes lah ke pihak CS nya dia bilang perbarui paket aja biar murah lg harga nya… Iyah sih murah lg tp ga berselang lama dari awal nya 150K jadi 350 an harganya, akhirnya kita nyerah dah tuh pake first media karna pas dicek jg kena denda lg gtau pajak 100K jd total 450 an, Harga nya nggk flat klo mereka

  • 26 Desember 2023 - (04:47 WIB)
    Permalink

    Ternyata sama ya……
    Saya juga ada kenaikkan harga tanpa ijin konsumen sampai sekarang setiap bulan selalu ada kenaikkan harga bervariasi antara 5.000 sampai10.000 setiap bulan….

  • 26 Desember 2023 - (06:33 WIB)
    Permalink

    Bener mmg keluhanya sama dg saya, kl mau complain harga tiba tiba naik .kl mau complain susah, jd saya akali pake email (semua alamat rmail FM saya kirimi tqkut nggak nyampr) ini sbg bukti dikemudian hari

  • 26 Desember 2023 - (10:04 WIB)
    Permalink

    minta alamat kirim pos sj alat nya , atau ke kntor first media , kdrpd saling menunggu
    dlu indosat gig mlh bs titip ke indomaret alat nya

 Apa Komentar Anda mengenai First Media?

Ada 13 komentar sampai saat ini..

First Media Menaikkan Tarif Secara Sepihak, Diskriminatif dan Mempersu…

oleh Khoirul Anwar dibaca dalam: 2 menit
13