Akun SPinjam dan SPayLater Saya Dibatasi, Tanpa Ada Penyelesaian Laporan

Sebelumnya terima kasih kepada Media Konsumen yang sudah memuat keluhan saya. Sebelumnya saya ada keluhan akun SPayLater yang dibatasi, karena 1 akun saya login di 2 perangkat. Lalu saya dibuatkan laporan. Di laporan itu saya infokan perangkat apa saja, merek dan tipe hp yang baru login dan hp lama yang login. Setelah itu akun saya diaktifkan kembali.

Kemudian saya cek SPinjam saya, ternyata limitnya kedaluwarsa. Limit awalnya Rp1,3 juta, lalu saya perbarui limit, dapat Rp3 juta. Namun tidak lama kemudian, hampir 1 minggu akun saya diblokir, dengan alasan data pengajuan saya tidak sesuai. Sedangkan di SPinjam itu saya cuma update limit saja. Pinjam saja tidak pernah, hanya saja saya aktif di SPayLater untuk berbelanja di Shopee.

Karena akun SPinjam saya dibatasi, saya lapor ke Shopee. Ternyata di halaman limit SPayLater saya tidak muncul dan diinfokan bahwa SPinjam dengan SPayLater saling berkaitan. Selang beberapa hari, saya dapat notifikasi bahwa akun SPayLater saya dibekukan sememtara. Kemudian dibuatkan laporan dari Shopee, muncul link biru untuk menggunakan data pribadi dan foto KTP yang jelas tanpa ada pantulan cahaya, dll.

Saya isi data dan verifikasi wajah, lalu saya telepon PT Commerce Finance dan saya diminta mengirimkan foto KTP dan selfie dengan KTP. Sudah saya kirim, tapi hasilnya disuruh tunggu laporan sedang ditindaklanjuti oleh tim terkait.

Muncul 1 persoalan yang menurut saya agak konyol, saya disuruh menunggu link biru yang muncul di halaman SPinjam/SPayLater. Namun sudah 6 hari sejak akun saya dibatasi, link tersebut tidak muncul. Lalu saya tanya kapan link biru muncul, jawabnya hanya silakan dicek secara berkala. Betapa bodohnya jawaban itu.

Saya lapor ke pihak Shopee, katanya persoalan limit itu ada di pihak PT Commerce Finance. Padahal akun shopee saya ini bukan akun yang baru satu dua bulan pemakaian, melainkan sudah lama. Akhirnya saya spam PT Commerce Finance untuk laporan saya, tetapi jawabannya tetap saja “Tunggu link biru untuk aktivasi pengajuan ulang”.

Saya belanja di Shopee juga aman, tidak ada indikasi gestun atau merugikan kedua belah pihak. Saya pikir kedua belah pihak tidak mampu menyelesaikan laporan saya. Pihak PT Commerce Finance memberi tahu bahwa sistem mereka tidak ada kendala. Kalau sistem kalian normal, masa iya link biru itu saja tidak muncul? Bayangkan hampir 1 minggu saya disuruh tunggu link biru di halaman SPinjam dan SPayLater saya.

Kalau kalian tidak bisa menyelesaikan keluhan saya, bilang saja. Jangan membuat janji-janji, tapi yang tidak ada hasilnya. Disuruh tunggu link biru muncul, ditanya berapa lama jawabnya dicek saja secara berkala. Siapa yang tidak emosi? Masa iya SPayLater kalah sama Kredivo dan Indodana yang cepat kalau ada keluhan. Kalau memang akun saya mau diblokir atau ditutup juga tidak apa-apa. Cuman mau titip pesan aja, mohon profesional sedikit dan jangan hanya bisa janji-janji saja.

Joniarto
Jakarta Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

10 komentar untuk “Akun SPinjam dan SPayLater Saya Dibatasi, Tanpa Ada Penyelesaian Laporan

      • 28 Desember 2023 - (16:47 WIB)
        Permalink

        Akun saya yg limitnya 35 juta aja sama dibekukan karena terahir telat bayar 2 hari sudah hubungi sana sini jg gak dibuka lagi emang itu hak mereka

        1
        1
  • 28 Desember 2023 - (08:31 WIB)
    Permalink

    Apalagi saya gara2 upload produk produk di bagian seller eh ngefeknnya ke spaylater. Lalu akun di batasi total. Salah satu kali di batasi permanen, shopee ga bikin nyaman ke seller dan pembeli parah. Saya sudah males nih pake shopee percuma buat seller yg berjuang cari rating gara2 salah sedikit block permanen #percumapakaishopee

    1
    2
    • 28 Desember 2023 - (12:31 WIB)
      Permalink

      Biasa itu kak nanti kalau komplain alasanya sistem mereka mendeketsi ada bla bla bla. paylater sistemnya pppppaaaalllinng buruk itu shoppe terlalu banyak bacotnya masih mending pakai kartu kredit sistemnya normal gk kaya shoppe dablek sistemnya……

  • 28 Desember 2023 - (17:49 WIB)
    Permalink

    Anggap saja menutup pintu hutang…. Tidak nyaman dengan pelayanan ya tinggalkan… Anda konsumen berhak menentukan pilihan

    1
    1
  • 28 Desember 2023 - (18:38 WIB)
    Permalink

    Shopee memang brengsek, akun saya sejak thn 2017 di block gegara post pipa aluminium, inbar mainan, di bilang part senjata api atau barang yg di larang, req sms rek pembayaran di bilang max 3 x 24 jam, sampek 5 x req, atau 15-20 hari gk ada sms, 2 bulan kemudian setelah kena denda baru sms masuk, sistem Shopee jelas bermasalah, niat mau bayar tagihan paylater di pingpong, dapet telfon dari paylater saya ceritakan permasalahannya, di suruh lapor ke cs Shopee, lapor cs Shopee di suruh komplain langsung ke pihak paylater, gk jelas merka ini (pihak Shopee dan PT Commerce Finance).

  • 29 Desember 2023 - (00:44 WIB)
    Permalink

    Sama sy jg bgitu SPinjam dan SPayLater tdk bs dipakai, lalu aku hapus sj aplikasi nya kan masih byk Aplikasi laen yg bikin mudah

  • 27 Februari 2024 - (14:42 WIB)
    Permalink

    Akun Spaylater saya juga tiba2 tidak dapat digunakan, padahal selalu melakukan pembayaran dan (hampir tidak pernah trlambat). Kalaupun terlambat (1-2 hari) saya rasa masih wajar, toh Konsumen dibebankan biaya Keterlambatan. Tapi setiap ditanya alasanya “Kebijakan Perusahaan” yg muter2. Saya selalu tanya apa dasarnya, namun pihak mereka cmn menjawab untuk “menunggu” dan “Cek Berkala”. Saya rasa sampe KIAMAT juga ga akan di respon yang sesuai.

  • 8 Maret 2024 - (09:53 WIB)
    Permalink

    Username nya dong pak infoin,, biar gw coba tanya temen gw orang shopee sama orang OJK Lo ada riwayat telat apa kaga ,, jgn cuman koar2 doang tapi otak tukang ngutang bayar ga sanggup

 Apa Komentar Anda mengenai SPayLater dan SPinjam?

Ada 10 komentar sampai saat ini..

Akun SPinjam dan SPayLater Saya Dibatasi, Tanpa Ada Penyelesaian Lapor…

oleh Joni dibaca dalam: 2 menit
10