Kembalikan Uang Tabungan Saya, Wahai Bank OCBC!

Saya seorang nasabah setia Bank OCBC Indonesia yang sudah cukup lama. Alangkah terkejutnya saya ketika agen call center yang bernama Udin mengatakan bahwa rekening saya ditutup. Semua berawal ketika syarat dan ketentuan Bank OCBC yang berubah per bulan Januari 2024. Karena hal itu, saya bermaksud melakukan penarikan pada bulan Desember 2023, melalui internet banking. Akan tetapi saya mendapati kendala seperti ini:

Kemudian saya telepon call center yang bernama Udin. Niatnya hanya bertanya sedikit, tapi malah diverifikasi dan diinformasikan bahwa rekening saya ditutup. Alangkah kagetnya saya, rekening dengan saldo Rp1.001.961 tipe Nyala Basic yang tanpa biaya admin, tanpa saldo mengendap dan penggunaan aktif saja, kok bisa-bisanya ditutup?
Sungguh di luar nurul.

Alasannya karena tidak ada transaksi 6 bulan, lalu dia bilang lagi 60 hari. Saya meminta supaya call center Udin memastikan, dia pastikan bahwa jika 6 bulan gak ada transaksi keluar masuk, rekening akan ditutup.

Bagaimana mungkin? Saya punya saudara, ada yang tidak ada transaksi sampai dengan 1 tahun lebih maupun 1 tahun, aman-aman saja rekeningnya, tidak ditutup dan bisa transaksi keluar masuk. Seperti ini contohnya:

Sungguh penjelasan yang sangat kontradiktif dengan kenyataan dan saya harus ke cabang untuk menyelesaikan ini
menurut call center Udin. Yang sangat saya sesalkan, kenapa ada diskriminasi? Saya buat rekening secara digital,
uang di atas saldo minimum untuk free admin, dan tersimpan baik di rekening. Namun mendadak tidak bisa diambil, harus ke cabang lah, dengan alasan ditutup lah, tidak ada transaksi dalam waktu tertentu lah. Dari 3 alasan itu saja sudah terbantahkan dengan bukti yang saya berikan di atas.

Bahkan saya pernah komplain soal biaya top up e-wallet yang timbul, padahal sudah jelas di aplikasi free admin. Namun malah gak jelas juntrungannya. Sekarang malah zalim sama tabungan saya. Uang yang disimpan dalam rekening itu kan dana ready yang bisa gunakan, apalagi untuk kebutuhan mendesak. Kok bisa-bisanya malah dipersulit?

Jangan sampai karena kejadian ini orang jadi ngeri untuk menabung dan menyimpan uangnya di bank. Jangan menyusahkan nasabah dengan bahasa harus ke cabang. Cabang kalian gak ada di seluruh penjuru bumi. Bagaimana kalau nasabah kalian ada di luar negeri? Bagaimana kalau ada di daerah terpencil? Lagian kok bisa-bisanya rekening yang berjalan aktif, saldo cukup, tiba-tiba ada kejadian seperti ini?

Saya meminta kepada pihak OCBC, selesaikan masalah ini agar saya bisa menarik seluruh uang saya. Saya sudah berupaya dari sebelum S&K baru diberlakukan, agar saya bisa menarik seluruh uang saya yang berjumlah ini:

Sebagai informasi, tidak ada nomor laporan saat saya menghubungi call center. Menurut CS call center yang menangani tersebut, cukup dengan menyebutkan nama call center-nya. Saya telepon beberapa kali setelahnya, tapi terputus, karena terlalu lama diberikan nada tunggu, saking mereka bingung tidak bisa memberikan solusi cepat. Saya telepon beberapa kali selama tahun 2023, terutama bulan Desember dan yang paling banyak saya lakukan tanggal 31 kemarin.

Untuk itu, saya meminta melalui Media Konsumen untuk membantu saya menyelesaikan masalah ini,
karena sangat mengganggu pikiran dan aktivitas saya. Saya ucapkan banyak terima kasih.

Satria Unggul
Jakarta Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan perihal “Kembalikan Uang Tabungan Saya, Wahai Bank OCBC”

Kepada Yth. Pimpinan Redaksi Media Konsumen U.p.: Surat Pembaca Dengan hormat, Terima kasih kepada redaksi Media Konsumen yang telah menayangkan...
Baca Selengkapnya

20 komentar untuk “Kembalikan Uang Tabungan Saya, Wahai Bank OCBC!

  • 5 Januari 2024 - (10:40 WIB)
    Permalink

    Aku juga KAPOK pake OCBC. buka rekening NYALA bundling sama kartu kredit. Aku isi saldo awal 10jt. Hampir 2 Minggu kartu debit dan kartu kredit tidak ada kabarnya. Setelah 3 Minggu aku telp CS kartu kredit saya di tolak. Karena kartu debit juga belum datang dan tidak ada kabarnya kemudian saldo aku tarik semua. 1 bulan kemudian kartu debit datang trus iseng aku telp CS kalo kartu debit datang padahal kartu kredit ditolak padahal sudah isi saldo awal 10jt. Trus CS KARTU KREDIT bilang suruh top up saldo lagi 10jt dan selama 14 hari uang tidak boleh di otak Atik alias dibiarkan saja. 5 hari kemudian aku notif kalau KARTU KREDIT saya ditolak. KARENA SAYA MERASA DI PHP trus AKU TARIK SALDO SEMUANYA DAN AKU KOSONGIN..
    KARTU DEBIT AKU SIMPAN BUAT KENANG KENANGAN kalo pernah di PHP sama BANK OCBC

    13
    1
    • 5 Januari 2024 - (20:24 WIB)
      Permalink

      Ada yg gak beres dengan human resource nya itu pak.
      Saya salah satu nasabah ocbc nisp yang nilainya sama dengan nilai bpk dan dormant sekitar 1,5th untuk rek pribadi. Saya selalu cek berkala sebulan sekali via atm dan tidk ad masalah sampai saat ini.
      Cm masalah di internet banking saja yg tidak pernah berhasil login. Sudah 3x pengajuan reset pass tp alhasil msh gagal login. Yo wes mungkin nasib hanya ATM saja 😅.

      1
      1
  • 5 Januari 2024 - (21:08 WIB)
    Permalink

    Ada niat mau buka tabungan di Bank ini. Karena sdah ada penjelasan seperti ini jadi semangkin yakin untuk tidak membuka rekening ini..

    5
    1
    • 7 Januari 2024 - (00:26 WIB)
      Permalink

      Waspada kalau begitu sama bank yg sulit cari atm belum banyak dimana mana

      Lebih baik belikan emas dan sewa brankas di bank ..

  • 6 Januari 2024 - (08:18 WIB)
    Permalink

    Kyknya bukan ditutup kan, tp gk bs transaksi aja karena lama gk ada aktifitas, harus aktifin lg ke bank, bank panin kyk gt jg. Kl ditutup berarti uang 1jt nya hangus dong?

    • 6 Januari 2024 - (22:01 WIB)
      Permalink

      Mungkin karena gak aktif harus ke cabang untuk penarikan dana.
      Harus nya cukup verifikasi ulang saja.
      Uang yg ter tahan tidak akan hangus, kecuali ada biaya administrasi bulanan dan penutupan rekening

  • 6 Januari 2024 - (16:06 WIB)
    Permalink

    Setelah baca berita ini Jd was² juga saya apalagi tdk gampang cari duwit akhir2 ini, dan td sdh mindahin ke livin dan sea agar nyaman fikiran, uang yg kita simpan dibsnk utk nyaman buka was was 😅

  • 6 Januari 2024 - (18:26 WIB)
    Permalink

    Saya juga buka ocbc Nyala lewat online app. Udah setoran awal kok dua bulan debit card gak kunjung di kirim. Udah telpon ke sana sini tapi malah gak kelar juga. Ya udah saya tarik aja uang tabungan saya. Dengan berita seperti ini ya saya akan biarkan rekening saya ditutup.

    • 7 Januari 2024 - (07:28 WIB)
      Permalink

      Bapak Satria Unggul
      Sepertinya rekening bapak di freeze sementara karena rekening tidak aktif selama 6 bulan, dianggap “rekening doormant”, bank melakukan ini biasanya untuk melindungi kepentingan nasabah agar rekeningnya tidak disalah gunakan, rekening bapak bisa diaktivasi kembali bisa secara online atau dari m-banking bapak, semoga membantu penjelasan ini dan saya tidak mewakili bank OCBC NISP (saya tidak punya rekening di OCBC).
      Salam

      • 7 Januari 2024 - (20:46 WIB)
        Permalink

        Terima kasih Om atas cerita dan pengalaman di OCBC semoga segera selesai permasalahannya.. Dan sy juga punya tabungan digital Nyala OCBC dgn dana lumayan yg tersimpan di bank digital tersebut,dgn pengalaman anda segera sy akan amankan pindah bank lain deh

  • 6 Januari 2024 - (22:04 WIB)
    Permalink

    Harus nya cukup di verifikasi ulang saja, tapi namanya bank kan punya peraturan masing-masing.
    Kalau bisa di persulit kenapa di permudah.
    Mungkin mereka juga berharap saldonya di tinggal saja, gak usah di tarik wkwkwk…

  • 7 Januari 2024 - (00:02 WIB)
    Permalink

    Awas penipuan tuh, call canter nya aja beda nomer,. Call center resmi bank ocbc adalah 1500 999. Hati²….masih banyak kasus penipuan yg mengatas namakan bank².

  • 7 Januari 2024 - (14:19 WIB)
    Permalink

    Pentingnya edukasi untuk nasabah perbankan…
    Rekening tdk ada transaksi selama 6 bulan disebut dormant, akan ter lock otomatis oleh system (di bank manapun)! tdk bisa transfer keluar & menolak transfer masuk, Bunga bank tidak termasuk transaksi nasabah! Krn yg mnjalankan system auto kredit.
    Jika bln ke 7 tdk ada transaksi, maka akan di potong 10/20 rb (tiap2 bank berbeda) selanjutnya nasabah di infokan/di telp bank, kalo rekeningnya dormant.
    Jika dormant berbulan2, rekening akan di tutup oleh bank & sisa uang akan di serahkan ke nasabah. Di potong biaya dormant 10/20rb & biaya tutup rekening (antara 25-100rb)

  • 30 Januari 2024 - (22:46 WIB)
    Permalink

    Di aplikasi di suruh setoran awal 50rb setelah saya transfer saldo tetep 0
    Apa memang begitu?
    Bangke dah terlanjur daftar online

 Apa Komentar Anda mengenai Bank OCBC?

Ada 20 komentar sampai saat ini..

Kembalikan Uang Tabungan Saya, Wahai Bank OCBC!

oleh satria unggul dibaca dalam: 2 menit
20