Penutupan Akun Merchant Akulaku, dengan Tuduhan Melakukan Cashout dan Scam

Saya berjualan susu formula dan diapers di merchant Akulaku, sudah berjalan 1 tahun. Selama ini tidak ada kendala. Namun pada hari Senin tanggal 29 Januari 2024, saat saya akan melakukan penarikan dana, tiba-tiba ada email masuk dari vendor Akulaku, yang menerangkan akun penarikan dana beserta merchant order online ditutup karena melakukan cashout.

Padahal real saya berjualan dan toko fisik juga ada di rumah. Transaksi yang dituduhkan melakukan gestun pun itu transaksi yang sudah lama. Anehnya lagi di email balasan, dikatakan jumlah barang pesanan tidak normal. Kalau memang pembeli tidak bisa beli banyak, kenapa tidak dibatasi saat akan melakukan pemesanan? Kenapa malah merchant yang jadi sasaran?

Kecuali kalau saya sebagai merchant ada pemesanan 40 dus, lalu cuma dikirim 10 dus, baru itu salah saya sebagai merchant karena bertindak curang. Di etalase toko, saya jual paket ada yang isi 2 dus, 3 dus dan 4 dus. Kalau pembeli waktu checkout ada yang order 10, ya wajar kalau barang yang dikirim jadi banyak. Bukan berarti jumlah pesanannya yang tidak wajar.

Padahal setiap bukti pengiriman selalu saya upload di vendor, bukti bahwa barang yang saya kirim itu real. Ini sudah capek-capek nyiapin pesanan ada yang 4 karton, ada yang 5 karton, tapi seenaknya aja kalian bilang melakukan cashout.

Update terbaru, tuduhannya berganti bukan melakukan cashout lagi, tapi karena saya sebagai owner pernah coba mengetes lewat aplikasi pembeli, untuk memastikan apakah produk yang sudah saya upload sudah bisa terlihat dan sudah bisa dipesan atau belum. Setelah bisa, langsung dibatalkan, tidak sampai transaksinya terjadi. Namun menurut Akulaku itu adalah sebuah pelanggaran. Padahal transaksinya tidak sampai terjadi dan belum sampai terpotong limitnya. Saat ini hukumannya denda 2% dan penahanan saldo sampai 30 hari ke depan.

Yoseph GH. Rahayaan
Depok, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan perihal “Penutupan Akun Merchant Akulaku, dengan Tuduhan Melakukan Cashout dan Scam”

Dengan hormat, Terkait dengan surat pembaca konsumen dari Saudara/i Yoseph GH. Rahayaan pada tanggal 03 Februari 2023 dengan judul “Penutupan...
Baca Selengkapnya

7 komentar untuk “Penutupan Akun Merchant Akulaku, dengan Tuduhan Melakukan Cashout dan Scam

    • 5 Februari 2024 - (12:00 WIB)
      Permalink

      Lah bukti pengiriman juga ada kok beneran real barang yg dikirim bukan gestun ckckckck, lagian update terbaru tokonya sudah dibuka lagi skrg dan dana yg tadinya ditahan 90 hari dikurangi jadi 30 hari karena tidak terbukti cashout tapi ada tuduhan lain lagi setelah dikirimkan semua bukti foto dan video barang yg dikirim

  • 6 Februari 2024 - (14:22 WIB)
    Permalink

    Uang saya dari November 2023 belom kembali, dan keterangan juga di potong denda 50%. Padahal saya bener jualan barangnya 😭😭 ampun akulaku, padahal saya pedagang kecil.. Harus berjuang untuk modal. Apa harus di bikin surat pembaca dulu baru dibalikin uangnya cepet ya?

    • 6 Februari 2024 - (16:06 WIB)
      Permalink

      Kalau saya dari awal tidak ada keterangan potong denda 50% kak, cuma penahanan dana sampai akhir april 2024 lalu toko saya ditutup permanen, sejak ada email kalau dana saya ditahan langsung saya email cs tanya transaksi mana yg dicurigai gestun lalu saya kirimkan semua bukti foto dan video dari transaksi yg dicurigai tersebut akhirnya akun toko dibuka kembali dan dana ditahan berkurang jadi 30 hari sampai akhir bulan ini saja. Coba di email dulu kak tanya transaksi mana yg dicurigai gestun baru kakak kirimkan bukti foto atau video dari transaksi yg dicurigai tersebut kak.

      • 6 Februari 2024 - (16:34 WIB)
        Permalink

        Aku udah email akulaku center tp hanya jawab gitu, tp setelah itu ga ada tanggapan lg. Inipun uang saya belom bisa ditarik 😭😭

        • 6 Februari 2024 - (18:59 WIB)
          Permalink

          Berarti sudah mau 3 bulan ya kak saldonya ditahan? Berapa kak saldo yg ditahan akulaku? Di email terus kak saya juga awalnya ga langsung balas cuma saya email terus tanya transaksi mana yg mereka tuduhkan cashout setelah dibalas transaksi mana yg dituduhkan baru saya kirimkan semua buktinya. Saya juga sudah lapor ke polisi dan tim kuasa hukum saya juga sudah siap kak kalau mereka ingkar janji tanggal 4 maret 2024 saya tetap tidak bisa mencairkan dana, baru lanjut ke proses hukum.

          • 21 Maret 2024 - (21:59 WIB)
            Permalink

            ka maaf mau tanya gimana kelanjutannya ka ? toko saya juga dapat info penahanan saldo namun tidak ada keterangan dipotong 50%. dan saya sudah terus hubungi cs serta email akulaku merchant. dan mereka mengirimkan satu transaksi yg dikatakan cashout tapi tanpa keterangan kesalahannya dimana, gimana kelanjutan dari saldo kakak? apakah balik full atau dipotong ka?

 Apa Komentar Anda mengenai Jualan online di Akulaku?

Ada 7 komentar sampai saat ini..

Penutupan Akun Merchant Akulaku, dengan Tuduhan Melakukan Cashout dan …

oleh George dibaca dalam: 1 menit
7