Surat Pembaca

Kehilangan Paket Bernilai Rp4,9 Juta, Hanya Diganti Rp180 Ribu oleh Kurir SPX Shopee

Pada tanggal 9 Januari 2024, saya mendapatkan 1 orderan pada toko saya di Shopee, dengan nomor pesanan: 240108BHT20K88, seharga Rp4,9 juta. Tanggal 12 saya kirimkan produk tersebut.

Yang mengecewakan saya, pertama, pada tanggal 23 Januari 2024 barang diantar ke alamat pembeli. Terhitung 11 hari untuk pengiriman dari Jawa Timur ke Jawa Tengah. Sehingga pembeli menolak barang tersebut, karena terlalu lama dan berbagai alasan lainnya. Sehingga barang otomatis akan diretur kepada penjual.

Kekecewaan saya yang kedua, proses retur barang berlangsung lama, sampai 2 minggu. Tepatnya pada tanggal 9 Februari 2024, paket dinyatakan hilang dan dijanjikan pengembalian dana.

Kekecewaan saya yang ketiga, ternyata pengembalian dananya tidak sesuai. Dari harga Rp4,9 juta, hanya diganti Rp180 ribu dengan alasan tidak memakai asuransi. Padahal kurir pengiriman yang memilih adalah pihak pembeli pada waktu order.

Kesimpulannya, ini kesalahan kurir tapi kenapa yang dirugikan malah penjual? Kalau hilang, harusnya ada tersangka pencuriannya dan masuk ranah pidana. Karena barang dinyatakan hilang tanpa ada pelakunya juga terasa aneh, serta ganti kerugian yang dialami penjual juga tidak sesuai.

Sangat mengecewakan kurir SPX Shopee, gimana pertanggung jawabannya?

Aris Wijayanto
Sidoarjo, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

    • Sayaa ada beli sabun detol di shopee. Eh ternyata palsu. Sy cium aroma dari bungkus na aja sdh sgt beda . Dan pengemasan bungkus sgt lecek , kusam bungkusnya, cutting bungkusnya tdk rapi dan berat seharusnya 410gram akan tetapi kurang byk.. tp pihak shopee menolak. Hahaha pdahal uda kirim smua bukti2 tp percuma. Emg keren lah pelayanan shopee. Wkwkwww

    • Secara tidak langsung anda mendukung upaya pencurian/kelalaian yang menyebabkn kehilangan produk yang diduga dilakukan oleh kurir spx shopee nya ... sangat disayangkn

      • Itu hilang di dc semarang
        Klo saya cek di map
        Dc semarang tu gak besar
        Cuma 2 gudang kecil
        Masak paket yg lumayan besar hilang digudang gak ketemu
        Ini emng sdm expedisi spx yg kurang baik
        Atau sistem sopi yg kurang baik ya

        • Itu biaya pengiriman nya bisa di ganti nggak bang?
          Kalau bisa, usahakan biaya pengirimannya nya itu 10% dari harga + biaya ongkir.
          Contoh nya harga barang 4,9 Jta jadi nya : 490Rb + 18Rb
          = 508 Rb

          Jadi nanti kalau asuransi nya jalan kan 10x lipat nya. Jadi bukan 180Rb diganti asuransi nya, tapi 5.080.000.

          Jadi Jual HP nya seharga 4.420.000
          Dan cantumin di keterangan nya biar bisa di lihat pembeli bawha Ongkirnya 508Rb (untuk memgakali kecurangan pemberi asuransi).
          #tapi itu juga kalau bisa 🙏🏻

    • Krisis otak anda...
      Ini secara ga langsung membenarkan perampokan .
      Belajar lagi ya Gus aguss.biar pinter mencerna

  • klo ga salah shopee sekarang ada program baru gan yaitu asuransi. coba cek di program penjual nanti pasti muncul pilihan asuransi ( di tanggung penjual ).

    kekuarangannya ya gini kalau hilang tanpa asuransi cuma di ganti max 10x ongkir

    jadi saran aja mending di centang semua agar asuransi aktif, untuk menghindari kejadian seperti ini.

    kalau elektronik barang mahal ada baiknya pake si ijo aja mereka lebih prepare dan ada menu wajib asuransi ( di tanggung pembeli ) .

  • Wah klo Barang nilai gede gitu,,,sdh jd santapannya komplotan mereka,, cuma modal laporan barang hilang,,, sdh dpt brang mahal... sementara tdk ada yg ngaku siapa yg ngilangin...bener² keterlaluan

    • Lama amat proses kirimnya,dari tanggal 1 baru di kirim tanggal 12,dan anehnya lagi dari Jawa Timur koh bisa makan wakt 11 hari banyak keanehan di kasus ini