Kehilangan Paket Bernilai Rp4,9 Juta, Hanya Diganti Rp180 Ribu oleh Kurir SPX Shopee

Pada tanggal 9 Januari 2024, saya mendapatkan 1 orderan pada toko saya di Shopee, dengan nomor pesanan: 240108BHT20K88, seharga Rp4,9 juta. Tanggal 12 saya kirimkan produk tersebut.

Yang mengecewakan saya, pertama, pada tanggal 23 Januari 2024 barang diantar ke alamat pembeli. Terhitung 11 hari untuk pengiriman dari Jawa Timur ke Jawa Tengah. Sehingga pembeli menolak barang tersebut, karena terlalu lama dan berbagai alasan lainnya. Sehingga barang otomatis akan diretur kepada penjual.

Kekecewaan saya yang kedua, proses retur barang berlangsung lama, sampai 2 minggu. Tepatnya pada tanggal 9 Februari 2024, paket dinyatakan hilang dan dijanjikan pengembalian dana.

Kekecewaan saya yang ketiga, ternyata pengembalian dananya tidak sesuai. Dari harga Rp4,9 juta, hanya diganti Rp180 ribu dengan alasan tidak memakai asuransi. Padahal kurir pengiriman yang memilih adalah pihak pembeli pada waktu order.

Kesimpulannya, ini kesalahan kurir tapi kenapa yang dirugikan malah penjual? Kalau hilang, harusnya ada tersangka pencuriannya dan masuk ranah pidana. Karena barang dinyatakan hilang tanpa ada pelakunya juga terasa aneh, serta ganti kerugian yang dialami penjual juga tidak sesuai.

Sangat mengecewakan kurir SPX Shopee, gimana pertanggung jawabannya?

Aris Wijayanto
Sidoarjo, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

57 komentar untuk “Kehilangan Paket Bernilai Rp4,9 Juta, Hanya Diganti Rp180 Ribu oleh Kurir SPX Shopee

    • 17 Februari 2024 - (10:58 WIB)
      Permalink

      Sayaa ada beli sabun detol di shopee. Eh ternyata palsu. Sy cium aroma dari bungkus na aja sdh sgt beda . Dan pengemasan bungkus sgt lecek , kusam bungkusnya, cutting bungkusnya tdk rapi dan berat seharusnya 410gram akan tetapi kurang byk.. tp pihak shopee menolak. Hahaha pdahal uda kirim smua bukti2 tp percuma. Emg keren lah pelayanan shopee. Wkwkwww

      6
      1
    • 17 Februari 2024 - (11:44 WIB)
      Permalink

      Secara tidak langsung anda mendukung upaya pencurian/kelalaian yang menyebabkn kehilangan produk yang diduga dilakukan oleh kurir spx shopee nya … sangat disayangkn

      13
      11
      • 17 Februari 2024 - (22:57 WIB)
        Permalink

        Itu hilang di dc semarang
        Klo saya cek di map
        Dc semarang tu gak besar
        Cuma 2 gudang kecil
        Masak paket yg lumayan besar hilang digudang gak ketemu
        Ini emng sdm expedisi spx yg kurang baik
        Atau sistem sopi yg kurang baik ya

        5
        3
        • 18 Februari 2024 - (10:26 WIB)
          Permalink

          Itu biaya pengiriman nya bisa di ganti nggak bang?
          Kalau bisa, usahakan biaya pengirimannya nya itu 10% dari harga + biaya ongkir.
          Contoh nya harga barang 4,9 Jta jadi nya : 490Rb + 18Rb
          = 508 Rb

          Jadi nanti kalau asuransi nya jalan kan 10x lipat nya. Jadi bukan 180Rb diganti asuransi nya, tapi 5.080.000.

          Jadi Jual HP nya seharga 4.420.000
          Dan cantumin di keterangan nya biar bisa di lihat pembeli bawha Ongkirnya 508Rb (untuk memgakali kecurangan pemberi asuransi).
          #tapi itu juga kalau bisa 🙏🏻

          2
          1
    • 18 Februari 2024 - (12:50 WIB)
      Permalink

      Krisis otak anda…
      Ini secara ga langsung membenarkan perampokan .
      Belajar lagi ya Gus aguss.biar pinter mencerna

      2
      3
    • 19 Februari 2024 - (12:53 WIB)
      Permalink

      Ya, semoga aja usaha anda rugi terus dah
      Yg namanya agus d tmpat saya jg sama kek gini nh

      0
      2
  • 17 Februari 2024 - (13:05 WIB)
    Permalink

    klo ga salah shopee sekarang ada program baru gan yaitu asuransi. coba cek di program penjual nanti pasti muncul pilihan asuransi ( di tanggung penjual ).

    kekuarangannya ya gini kalau hilang tanpa asuransi cuma di ganti max 10x ongkir

    jadi saran aja mending di centang semua agar asuransi aktif, untuk menghindari kejadian seperti ini.

    kalau elektronik barang mahal ada baiknya pake si ijo aja mereka lebih prepare dan ada menu wajib asuransi ( di tanggung pembeli ) .

    7
    8
  • 17 Februari 2024 - (19:26 WIB)
    Permalink

    Wah klo Barang nilai gede gitu,,,sdh jd santapannya komplotan mereka,, cuma modal laporan barang hilang,,, sdh dpt brang mahal… sementara tdk ada yg ngaku siapa yg ngilangin…bener² keterlaluan

    5
    6
    • 18 Februari 2024 - (10:07 WIB)
      Permalink

      Lama amat proses kirimnya,dari tanggal 1 baru di kirim tanggal 12,dan anehnya lagi dari Jawa Timur koh bisa makan wakt 11 hari banyak keanehan di kasus ini

      1
      3
  • 17 Februari 2024 - (21:06 WIB)
    Permalink

    Kak usut sampai tuntas, dan kalo memang kak yakin kurir tersebut yang menghilangkan atau mengambilnya bawa kantor polisi. Lagi dan lagi banyak kurir di Indonesia yang sangat meresahkan masyarakat mengambil barang yang bukan haknya. Kurir jaman sekarang MENTAL MALING!!! GOB TOL, kalau kerja itu yang AMANAH BEG, gua tau gaji loe kecil tapi usahakan kalian kerja itu yang AMANAH!!! gua jadi emosi.. akan selalu kejadian terus berulang, buat EKSPEDISI kalo merekrut KARYAWAN jangan asal REKRUT teliti dulu asal usul itu KURIR apakah mereka MENTAL MALING.

    8
    9
    • 17 Februari 2024 - (21:08 WIB)
      Permalink

      Gua tau KURIR disini hanya pantau saja dan tidak berani nongol 🤣 DASAR MALING MALING

      5
      5
  • 17 Februari 2024 - (22:12 WIB)
    Permalink

    Saya sbg pembeli,menghindari spx adalah hal utama.Sehabis co buru2 ganti kurir,kalopun ga bisa diganti sudah tak tandai nama kurir spx yg problem di catatan tambahan alamat “xxxxx dilarang keras antar paket ini….”.Terbilang jahat,tapi Alhamdulillah paket yg kepaksa pake spx saya terima dgn baik.Nah kurir spx yg problem itu,4X paket saya hilang dianter dia.Dari yg dikasih ke orang lain/hilang di gudang.Kalo pribadi saya sbg pembeli paling rugi waktu nunggu aja,tapi bagi seller kena rugi terparah.

    4
    5
    • 18 Februari 2024 - (08:36 WIB)
      Permalink

      @MuhamadSaiful udh tau itu KURIR MALING kenapa Anda gak laporkan saja ke pihak berwajib Bang? kalo di biarkan nanti dia akan terus melakukan pencurian paket atau barang bernilai besar. Kalo saya dapat KURIR MENTAL MALING akan saya laporkan dan tidak tinggal diam, bila perlu sekalian AGEN ataupun JASA EKSPEDISI nya yang bermasalah saya laporkan juga ke pihak berwajib.

      1
      3
  • 17 Februari 2024 - (22:19 WIB)
    Permalink

    Kamu menyerahkan barang ke ekspedisi (dan seharusnya itu juga udah termasuk kamu menyerahkan tanggung jawab ke mereka atas barang tersebut). Namun kemudian barang kamu hilang dan mereka gak tanggung jawab, mereka gak mau mengganti uang sepenuhnya.

    Kalo dipikir-pikir ini bisnis yg menarik lho

    3
    3
    • 18 Februari 2024 - (08:39 WIB)
      Permalink

      Hayoo kawan kita laporkan bila menemukan jasa agen ekspedisi yang bobrok dan jangan mau pakai jasa EKSPEDISI dari si OREN lagi karena KURIR nya MENTAL MALING. LAPORKAN KALO ADA yang tidak BERES.

      2
      5
      • 22 Februari 2024 - (07:34 WIB)
        Permalink

        Kalau mau laporkan, laporkan aja semua ekspedisi. Karena enggak ada ekspedisi yang benar-benar bersih dari kasus pencurian paket oleh karyawannya sendiri terutama yang sudah besar.

    • 22 Februari 2024 - (07:31 WIB)
      Permalink

      Ya coba aja buat, kalau masih kecil bisnisnya bisa langsung bangkrut karena tidak akan dipercaya lagi. Kalau udah gede ya aman, karena emang kejadian begini susah di kontrol. Dengan jumlah karyawan yang banyak dan kurangnya penyaringan di rekrutmen akhirnya karyawan mental maling bisa masuk. Mau investigasi pun susah, karena ada jutaan paket dan banyak karyawan bekerja.

  • 17 Februari 2024 - (22:40 WIB)
    Permalink

    Kalau begini ceritanya, indikasi ada sindikat.
    Pembeli menolak dengan alasan AIUEO, dikembalikan ke kurir/return, kemudian dinyatakan hilang. Diganti ongkir doang 10x.
    Bisa ditelusuri ini siapa biang keroknya. Lapor deh mas ke polresta sidoarjo. Biar mereka investigasi.

    8
    7
    • 18 Februari 2024 - (10:37 WIB)
      Permalink

      Spx mah ud terkenal banyak masalah, saya uda 2x hilang barang sy, uda kapok pake spx

      3
      3
  • 17 Februari 2024 - (22:42 WIB)
    Permalink

    Kalo barang mahal di sarankan pake asuransi, gak mahal itu cuma 0,5% atau cuma 25rb aja kalo harga 5jt drpda cuma di ganti 10x ongkir sesuai kebijakan semua ekspedisi

    3
    4
  • 17 Februari 2024 - (23:32 WIB)
    Permalink

    Gimana ya…. Ini Sindikat kok nggak diproses hukum…. Kejadian macam ini kan udah puluhan kali terjadi. Seharusnya kalau kejadian macam ini, pihak ekspedisi punya inisiatif bawa pelakunya ke Kepolisian. Meski secara materi pihak ekspedisi tidak dirugikan, tapi nama baiknya jelas dipertaruhkan. Atau mungkin pihak ekspedisi tidak mau terekspos!

    5
    7
    • 18 Februari 2024 - (00:17 WIB)
      Permalink

      @Leo iyaa bner Bang, jasa ekspedisinya hanya diem saja ya bakal terus terulang smpain kapan pun paket barang bernilai besar akan selalu di colong/ambil MALING KURIR. Mengerikan sekali jaman sekarang klo beli barang bernilai ratusan juta rupiah menggunakan jasa EKSPEDISI sudah pasti di ambil KURIR NAKAL. Sudah tidak aman lagi belanja ONLINE. Coba JASA EKSPEDISInya bisa berkaca dari kejadian kejadian sebelumnya, bila ditemukan KURIR NAKAL bisa bawa ke kantor polisi. Klo hanya di beri SP atau PECAT mohon maaf akan terulang kembali dan kembali. Saya yang membaca ini saja sudah muak dengan MENTAL MALING KURIR. Teruntuk SELLER ataupun BUYER yang kehilangan paket atau barang dan yakin bila KURIR yang mengambilnya jangan ragu untuk segera usut tuntas lapor ke pihak berwajib jangan biarkan ini terjadi terus menerus. USUT TUNTAS dan LAPORKAN!!!

      4
      5
    • 22 Februari 2024 - (07:41 WIB)
      Permalink

      Ya kalau ketahuan biasanya langsung pecat doang, perusahaan malas mempolisikan kalau cuma nyolong paket 5jt,rugi waktu dan tenaga. Kalau diatas 100jt dipolisikan masih lumayan.
      Mending kerjasama sama asuransi, barang hilang tanggungjawab pihak asuransi. Perusahaan tak pusing ganti rugi, lagian yang nanggung biaya asuransi juga pelanggan.
      Paling kasus tertentu aja perusahaan mau ganti dan proses hukum karyawannya, misal kalau viral, atau yang dicuri paket milik orang terkenal/pejabat.

  • 18 Februari 2024 - (08:59 WIB)
    Permalink

    Byk kasus kehilangan paket dgn hrga besar apalgi klo gk diasuransikan…..sngt senang skli oknum2 di xpedisi tuk hilangkanntuh paket…..
    Itulah gk enaknya jualan online jdi siap dgn resiko terburuk

    2
    4
  • 18 Februari 2024 - (10:13 WIB)
    Permalink

    Sebenernya tanpa ansuransipun,seharusnya pihak expedisi bertanggung jawab,pasalnya pengguna sudah bayar ongkos kirim,kenapa harus ada ansuransi lagi,kalo seperti ini pihak expedisi hanya mencari keuntungan sepihak tanpa adanya tanggung jawab penuh,terus kalo mobil expedisi kebakaran dll,barang yang tidak ada asuransinya gimana

    3
    4
    • 18 Februari 2024 - (12:49 WIB)
      Permalink

      Ya tidak begitu konsepnya.. biaya Kirim meliputi biaya operasional.. kalau secara Hukum ini sudah sah. Karena sebelum daftar akun disitu sudah ada Faq nota kesepahaman antara penjual dan pembeli yang seringnya di Skip karena males baca panjang2.. padahal dari situ bisa mengerti ❤️ tentang aturan yang mengikat bila mana terjadi hal2 yang tidak diinginkan…

      Jangan malah playing victim dengan dalih ‘seharusnyaaa..’

      Kamu beli disitu berarti kamu setuju tentang Resiko yang ada….

      Makanya Mawas diri…. Pembeli dan Penjual ❤️ terimakasihhh

      2
      2
      • 18 Februari 2024 - (12:54 WIB)
        Permalink

        Maketin yang diiuar belanja online pun sama harus di sertai asuransi,pertanyaanya apa kah pihak expedisi tidak mengansiransikan barang titipanya mengkngat resikonya besar

  • 18 Februari 2024 - (12:44 WIB)
    Permalink

    Punten… Mas’nya pedagang baru atau gimana yah? Bukannya setiap sebelum post barang jualan bisa milih Opsi ‘Wajib Asuransi’ ya. Agar mau nggak mau. Pembeli yang hendak beli memang diwajibkan membeli asuransi barang. Apalagi barang yg dijual memang harga tinggi…

    Sbenernya ya Shopee nggak salah. Karena mereka sistem udah buat. Tapi seringnya dihindari dengan dalih biar pengiriman murah. Padahal konsepnya kan nggak gitu. Whether you like or not, asuransi itu perlindungan bagi penjual dan pembeli ketika ada masalah ini…

    Kalau secara Hukum ya Shope udah benar. Karena pergantian barang hilang tanpa asuransi hanya bernilai 10x biaya kirim..

    Jadi ketika barang yg dijual punya harga tinggi. Ya setting dagangan “WAJIB ASURANSI” sebelum diposting..

    Semoga setelah kejadian ini.. Masnya bisa dapat pembelajaran betapa pentingnya Asuransi ❤️

    2
    3
    • 18 Februari 2024 - (18:21 WIB)
      Permalink

      Ini memang klasik, tapi spx udah berulangkali kejadian kyk gini bahkan teman saya sendiri yg mengalaminya.

      Mentang² udah berlindung dibawah S&K “non-ASUransi” jangan seenaknya mencuri barang dengan dalih “barang hilang (secara sistem)”.

      Pengirim/penjual kan gak tau apakah barabg tersebut benar² hilang karena gak ada progress yg transparan.

      Aturan ini harusnya direvisi karena pihak ekspedisi memegang tanggung jawab atas barang² tersebut. Mereka mau mengirim barang ke penerima atau mencuri barang tersebut, semua itu ada di kendali pihak ekspedisi.

      Pengirim maupun penerima hanya bisa menunggu dan gak memiliki kendali atas barang tersebut ketika barang tersebut ada di tangan ekspedisi.

      1
      2
    • 18 Februari 2024 - (20:53 WIB)
      Permalink

      @bayu kurniawan ,Jika dianggap secara hukun shopee sudah benar kerena poin pada S&K berlaku.. pertanyaan.. bagaiana hasil investigasi yg dilakukan SpX ,harusnya proses kehilanganny transparan.. dikerena pencurian atau kelalaian dan pelaku atas nama siapa … jadi harus ad berita acara kehilangan… sehingga korban bisa melaporkn secara pidana kepada pihak yg berwajib agar kasus seperti ini tidak terulang….. pertanyaanny kenapa selama ini SPX shopee tidak transparan ????

      1
      2
    • 18 Februari 2024 - (21:37 WIB)
      Permalink

      Iya benar bisa di asuransikan tapi di shopee yang tanggung biaya asuransi pihak penjual, kalau case nya barang balik ke penjual gak di kirim ekspedisi penjual tetap harus bayar biaya asuransi, barang belum laku sudah harus keluar uang bayar asuransi, yang untung tetap shopee dan ekspedisi yang bayar penjual

      2
      2
    • 19 Februari 2024 - (11:29 WIB)
      Permalink

      kocak bener
      kalau pernyataannya “Pembeli yang hendak beli memang diwajibkan membeli asuransi barang”
      berarti yg harusnya diganti 10x dari ongkos kirim itu PEMBELI karena nggak pake asuransi

      1
      1
  • 18 Februari 2024 - (12:55 WIB)
    Permalink

    Seharusnya ongkir yang diterapkan oleh pihak expedisi sudah meliputi asuransi,namanya perusahaan harus ada jaminan keamana dan keselamatan barang titipanya,

    2
    3
  • 19 Februari 2024 - (00:15 WIB)
    Permalink

    SHOPEE GOB, SPX TOL KURIR MENTAL MALING. saya saja udh males kalo belanja Online menggunakan SPX mending pake KURIR yang lebih pengalaman saja dan amanah. Heran dehh KURIR SPX kok udh sering menghilangkan Paket atau Barang gak malu gitu yaa hhaha… harusnya berbenah lahh…

    2
    3

 Apa Komentar Anda mengenai Jualan online di Shopee?

Ada 57 komentar sampai saat ini..

Kehilangan Paket Bernilai Rp4,9 Juta, Hanya Diganti Rp180 Ribu oleh Ku…

oleh Aris Wijaya dibaca dalam: 1 menit
57