Kehilangan Paket Bernilai Rp4,9 Juta, Hanya Diganti Rp180 Ribu oleh Kurir SPX Shopee

Pada tanggal 9 Januari 2024, saya mendapatkan 1 orderan pada toko saya di Shopee, dengan nomor pesanan: 240108BHT20K88, seharga Rp4,9 juta. Tanggal 12 saya kirimkan produk tersebut.

Yang mengecewakan saya, pertama, pada tanggal 23 Januari 2024 barang diantar ke alamat pembeli. Terhitung 11 hari untuk pengiriman dari Jawa Timur ke Jawa Tengah. Sehingga pembeli menolak barang tersebut, karena terlalu lama dan berbagai alasan lainnya. Sehingga barang otomatis akan diretur kepada penjual.

Kekecewaan saya yang kedua, proses retur barang berlangsung lama, sampai 2 minggu. Tepatnya pada tanggal 9 Februari 2024, paket dinyatakan hilang dan dijanjikan pengembalian dana.

Kekecewaan saya yang ketiga, ternyata pengembalian dananya tidak sesuai. Dari harga Rp4,9 juta, hanya diganti Rp180 ribu dengan alasan tidak memakai asuransi. Padahal kurir pengiriman yang memilih adalah pihak pembeli pada waktu order.

Kesimpulannya, ini kesalahan kurir tapi kenapa yang dirugikan malah penjual? Kalau hilang, harusnya ada tersangka pencuriannya dan masuk ranah pidana. Karena barang dinyatakan hilang tanpa ada pelakunya juga terasa aneh, serta ganti kerugian yang dialami penjual juga tidak sesuai.

Sangat mengecewakan kurir SPX Shopee, gimana pertanggung jawabannya?

Aris Wijayanto
Sidoarjo, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

57 komentar untuk “Kehilangan Paket Bernilai Rp4,9 Juta, Hanya Diganti Rp180 Ribu oleh Kurir SPX Shopee

  • 21 Februari 2024 - (13:19 WIB)
    Permalink

    Paket dinyatakan hilang setelah direturn, berarti bukan salah di kurir kk, ini dimaling digudang ekspedisinya..
    Setahu saya kurir klo menghilangkan barang wajib mengganti senilai harga barang..

  • 22 Februari 2024 - (08:38 WIB)
    Permalink

    Lapor polisi pak, klo cuma mengandalkan ganti rugi dr pihak shopee ataupun expedisinya ya pasti mereka hanya akan berpatokan pd ketentuan ganti rugi yg tentunya mereka sendiri yg menentukan yaitu cuma 10x ongkirnya bkn melihat dr brp besar nilai barangnya yg hilang. Beda klo lapor polisi, tentu bs dilihat dr segi pencuriannya. Asalkan yg dilaporkan ke polisi nya bknnya dr segi ganti ruginya yg tdk sesuai tp dr segi barang hilangnya (pencurian) tentunya polisi akan memproses tindak pencuriannya itu dan akan mencari pelaku dan barang curiannya itu.

  • 22 Februari 2024 - (15:00 WIB)
    Permalink

    Meskipun s&k nya begitu tidak bisa untuk pembenaran barang hilang tanpa melibatkan pihak penegak hukum untuk memutuskan barang hilang tanpa kronilogi yang jelas.

    Ini fix system shopee dan spx yang tidak profesional menangangi bisnis mereka. Barang hilang di kurir dianggap hal biasa.

  • 29 Februari 2024 - (22:47 WIB)
    Permalink

    Enak yg biasa hoby ngutil. Tdk ada konsekuensi kalo nyolong bebas gak di hukum apa2, ganti 10kali ongkir tetep cuan, bisa di jual lagi.
    Tempat paling aman nyaman strategis hak maling terlindungi
    Tinggal bilang tdk ada asuransi bsa hilang.
    Di larang protes .

  • 4 Maret 2024 - (20:28 WIB)
    Permalink

    lucu sih judulnya. udah jelas hilang di gudang malah nyalahin kurir.
    salahin orang gudang cuy.

    btw kalau barang hilang ditangan kurir, kurir mesti ganti harga full barangnya, dipotong gaji.

    kalau barang hilang digudang, gaji orang gudang tersebut bakal di potong juga secara merata.

    jadi ya biasanya sih bakal di cek ulang sama orang gudang siapa maling tersebut.

  • 19 Maret 2024 - (08:40 WIB)
    Permalink

    ORIENTASI PELAYANAN NYA SHOPEE X TIDAK BISA MENGEDEPANKAN KEPADA KEPUASAN KONSUMEN TETAPI MENGEDEPANKAN CARA² KEBOHONGAN DAN PENGECUT

 Apa Komentar Anda mengenai Jualan online di Shopee?

Ada 57 komentar sampai saat ini..

Kehilangan Paket Bernilai Rp4,9 Juta, Hanya Diganti Rp180 Ribu oleh Ku…

oleh Aris Wijaya dibaca dalam: 1 menit
57