Tanggapan perihal “Biaya Tidak Jelas Travelio”

Terima kasih atas kritik dan saran yang diberikan. Kami akan menjawab beberapa keresahan yang dialami bapak sebagai owner yang bekerjasama dengan kami untuk menitipkan unitnya agar kami kelola dan menjadi keuntungan bagi bapak.

1. Pertanyaan: Yang saya perlu tahu, pengerjaannya itu apa saja dan detail biayanya. Namun saya tidak mendapat jawaban, dan terkesan pihak Travelio tidak tahu menahu tentang detail biayanya.

Jawaban: Bahwa benar pada tanggal 30 Januari 2024, ada laporan dari tamu yang menginap di unit bahwa TV tidak bisa menyala. Saat itu tim kami langsung mengecek ke unit dan melakukan investigasi pada TV. Setelah dicek, ada indikasi modul backlight pada TV ada kerusakan dan perlu dilakukan penggantian. Proses penggantian ini merupakan prioritas dikarenakan di unit terdapat tamu dan dikhawatirkan mengganggu kenyamanan tamu di unit karena tidak bisa menikmati layanan TV. Pada tanggal 07 Februari 2024, vendor perbaikan memperbaiki TV di unit dan sudah berhasil sehingga TV bisa dinyalakan kembali. Terkait hal ini, sudah tim kami sampaikan dan jelaskan kepada Owner bahwa foto before dan after perbaikan juga bisa ditemukan di Lio Partner.

2. Pertanyaan: Pihak Travelio tidak memiliki dokumentasi / arsip / invoice dari apa yang vendor kerjakan (karena alasannya menggunakan vendor untuk pengerjaan tersebut), tapi langsung meneruskan biaya, yang saya pun bingung basis penagihannya seperti apa.

Jawaban: Sebagai catatan, bagi owner-owner yang bekerjasama dengan kami tentunya sudah menyetujui kontrak kerjasama antara owner dengan Travelio, di mana di poin perjanjian kerjasama pasal 1 ayat n mengenai perbaikan ringan yang berbunyi “perbaikan dan/atau perawatan terhadap Unit agar sesuai dengan Standar Travelio yang memerlukan waktu perbaikan selama tidak lebih dari 3 jam atau biaya perbaikan yang bernilai tidak lebih dari Rp. 1.000.000 (satu juta rupiah), yang dapat dilakukan tanpa persetujuan Pihak Kedua”.

Perbaikan dengan nominal Rp1.000.0000 ke bawah akan langsung dilakukan tindakan perbaikan. Hal ini agar tamu tetap nyaman di unit dan mengurangi komplain dari tamu yang tinggal di unit.

Atas permintaan Bapak Fredy, invoice dari vendor sudah kami berikan. Vendor yang digunakan Travelio sudah terikat perjanjian kerjasama dan tidak lagi memberikan invoice satu per satu. Invoice dan tagihan yang diberikan tertuju pada Travelio dan berbentuk bulk. Travelio juga memiliki teknisi internal dan hal hal yang dilakukan oleh staf internal demi menunjang pekerjaan vendor seperti delivery, koordinasi kunci, membeli parts dan bahkan membantu memperbaiki kerusakan kerusakan, di mana biaya biaya tersebut tidak akan tercantum di dalam invoice vendor, invoice vendor hanya menghitung biaya yang dibebankan oleh vendor. Biaya perbaikan dari Travelio akan tercantum di monthly statement setiap bulannya sebagai invoice kepada Owner.

3. Pertanyaan: Cuci AC yang tadinya tidak kenapa-kenapa, lalu rusak/ada kebocoran. Lalu ditagihkan juga ke pemilik untuk biaya cuci dan isi freon.

Jawaban: Secara umum, perusahaan manufaktur AC memberikan rekomendasi atas frekuensi mencuci AC setiap 3 bulan sekali. Travelio berusaha untuk memastikan fungsi dan kondisi AC di unit Bapak Fredy terjaga dan berfungsi dengan baik ketika ada tamu menyewa. Dan unit Bapak Fredy tersewa oleh tamu tahunan pada tanggal 27 Januari 2024 hingga 27 Januari 2025. Adapun kondisi AC yang tiba-tiba rusak ada di luar kontrol Travelio dan bukan disebabkan oleh pihak Travelio.

Berdasarkan investigasi kami, kerusakan AC dikarenakan pemakaian berulang, di mana hal ini masih terbilang wajar sesuai dengan klausul perjanjian bahwa kerusakan yang disebabkan oleh pemakaian berulang atau usia maka biaya perbaikan akan dibebankan ke owner. Ketahanan AC dapat berbeda-beda tergantung pada pemakaian, kondisi cuaca, lokasi unit apartemen, kualitas dan umur AC dan perangkatnya, penempatan dan sirkulasi udara mesin outdoor dan indoor AC dan faktor faktor lainnya lagi. Hal-hal perbaikan dan kerusakan yang bukan disebabkan oleh kelalaian tamu, akan menjadi beban Owner.

Adapun mengenai perbaikan, akan dilakukan secara transparan dan terukur dengan mempertimbangkan kenyamanan tamu serta kepuasan owner. Segala perbaikan tentunya terdapat notifikasi di Lio Partner sebagai aplikasi untuk mitra kami sehingga owner tetap bisa memonitor hal-hal yang terjadi di unit. Inilah yang menjadi poin plus kami dimana belum ada agent sejenis yang melakukan hal yang sama.

4. Pertanyaan: Pihak Travelio skr membalas bahwa invoice dr vendor tidak bisa diberikan karena bersifat rahasia. Tapi daya tetap tidak dapat kejelasan apa2 tentang detail perbaikan tv tsb. … Mgkn besok2 ada notif lagi lampu mati trus ditagihkan lagi 1juta dan saya musti terima2 aja. Kacau.

Jawaban: Terkait dengan invoice, dari kami selalu mengutamakan transparansi. Setiap perbaikan yang berlangsung di unit juga tercantum di monthly statement dan selalu bisa diakses oleh Owner. Dan seperti yang telah dijelaskan terdahulu, kami tidak selalu mendapatkan invoice satu per satu dan jika perbaikan dilakukan oleh tim kami, maka tidak akan ada invoice dari pihak luar. Kami juga memberikan notifikasi, foto sebelum dan setelah perbaikan yang juga dapat dilihat melalui Lio Partner.

5. Pertanyaan: Diberikan nota tulis tangan – dgn cap auva electronic jl.haji niung – Perbaikan module full set. 1.000.000 – Enak ya vendor di travelio. Tinggal tulis maksimal 1juta pasti approved. Tagih ke owner. Gampang. Next apa lagi ini.

Jawaban: Travelio dalam hal ini berusaha mencari vendor dengan harga terbaik, kualitas dan fleksibilitas jam kerja yang terbaik untuk semua Owner yang bekerjasama dengan kami. Travelio juga telah melakukan survei dan perbandingan harga ke beberapa vendor sebelum memutuskan kerjasama dengan vendor tertentu. Semua dilakukan agar Owner dan Tamu mendapatkan kenyamanan maksimal. Semua biaya koordinasi dengan tamu, delivery, dan dalam hal bapak, vendor kami juga melakukan perbaikan dengan pemberitahuan yang cepat untuk menjaga pemesanan dan tamu bapak.

6. Pertanyaan: Setelah dimintakan replacementnya. Dijawab. “Maaf pak, replacementnya sudah tidak ada karena tidak dibawa oleh vendor. Tapi perbaikan disaksikan oleh penyewa kok”. Lucu ya. Tagihan ditagihkan ke owner. Yg bayar owner. Tapi owner minta replacement dgn dibilang ga ada. Mgkn kl itu kejadian ke pihak travelio / org2 atau petinggi disana. Mreka jg akan komplain.

Jawaban: Seperti yang sudah disampaikan melalui Owner Relation kami, untuk replacement sudah tidak di unit dikarenakan produk sebelumnya sudah tidak bisa digunakan kembali. Kami tidak menyimpan barang-barang yang sudah rusak dan tidak dapat digunakan karena akan menimbulkan komplain dari customer lainnya jika sampah elektronik atau bekas perbaikan tersebut tertimbun di unit. Foto before dan after dapat ditemukan di Monthly Statement demi kenyamanan bapak.

Vita
Head of Owner Relation Travelio
PT Horizon Internusa Persada (Travelio)

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Biaya Tidak Jelas Travelio

Hai, saya user dari Travelio, dengan Property ID: 50EC2ADE5 . Pada tanggal 12 Debruari 2024 lalu saya menerima notifikasi dari...
Baca Selengkapnya

2 komentar untuk “Tanggapan perihal “Biaya Tidak Jelas Travelio”

  • 5 Maret 2024 - (12:48 WIB)
    Permalink

    Mantap, memang enak jadi Travelio kalo begitu, sesuai yang komplain tulis dan sudah ditanggapi di atas.

    Ada yang rusak… Biaya, nota, bekas rusak, dan lain2nya bisa saja dibuat2 hahaha sial deh jadi owner kalo sering2 ada kerusakan yang gak berat atau biayanya kecil, bakal ditagih maksimal hehehe

    • 5 Maret 2024 - (16:43 WIB)
      Permalink

      Selamat siang Wak, kami belum dapat menemukan identitas bapak/ibu di database sebagai owner kami. Kami sarankan agar bapak/ibu dapat memberikan kami detail yang lebih jika ada permasalahan yang belum terselesaikan.

      Menanggapi komentar bapak/ibu, sesuai yang telah kita tanggapi sebelumnya, foto sebelum dan setelah perbaikan selalu tersedia untuk dapat dilihat di aplikasi Lio Partner.

      Travelio tidak dapat menjadi perusahaan residential property management terbesar di Indonesia tanpa integritas, transparansi dan good business practice. Ini adalah hal yang sangat kita banggakan dan kami terus akan memperbaiki kekurangan kami.

      Untuk itu, jika ada vendor atau perusahaan perbaikan dengan pengawasan, speed, kualitas, harga dan garansi yang melebihi apa yang kami tawarkan, kami sangat terbuka untuk dapat bekerja sama dengan vendor tersebut agar kami dapat memberikan service yang lebih baik lagi.

      Kami tunggu informasinya. Terima kasih

 Apa Komentar Anda mengenai Tanggapan Travelio?

Ada 2 komentar sampai saat ini..

Tanggapan perihal “Biaya Tidak Jelas Travelio”

oleh Travelio Owner Relation dibaca dalam: 4 menit
2