Modus Penipuan COD, J&T Tidak Bisa Menahan Dana ke Penipu?

Saya sungguh kecewa, baru kali ini saya merasa tertipu oleh seller palsu melalui COD J&T. Kronologinya, pada tanggal 13 Maret 2024, istri saya membeli sebuah tas dari toko online di salah satu platform e-commerce. Beberapa hari kemudian, datang paket COD dengan nomor resi J&T: 1306573535.

Di situ juga tercantum toko pengirim dan item barang dalam paket tersebut. Karena di situ tertulis nama toko tempat saya order dan tas yang saya pesan, saya menerima paket tersebut dan membayar sejumlah uang tanpa curiga. Saya membuka paket, dan tidak lupa saya rekam. Saya cukup kaget ternyata isi paket adalah sendal, yang secara nominal nilainya jauh di bawah orderan saya.

Saat itu saya tidak terlalu panik, karena saya punya video bukti untuk pembelaan. Namun kemudian saya terkejut, setelah tahu status order saya di platform e-commerce tersebut ternyata “Barang sedang dikemas”. Karena status barang sedang dikemas, komplain saya ditolak mentah-mentah oleh pihak e-commerce, karena berarti belum tercatat ada transaksi atau barang yang dikirim.


Saya menghubungi seller. Awalnya seller memojokkan saya, dengan meminta untuk cek nomor resi paket yang saya terima (nomor resi berbeda dari invoice toko, walaupun nama toko dan item produk sama). Setelah itu saya coba chat berkali-kali, tapi tidak digubris sama sekali oleh seller.

Akhirnya saya sadar, ternyata saya menerima paket akal-akalan dari seller. Seller memanipulasi orderan saya dengan invoice dari platform e-commerce tersebut, mengganti nomor resi, mengirim barang yang tidak sesuai dengan sengaja. Yang saya sayangkan, stiker di resi tercantum produk tas yang saya order, tetapi isi produk justru sendal.


Karena sadar saya baru saja tertipu, dan sadar juga bahwa seller palsu tidak menggunakan fitur COD e-commerce, melainkan fitur COD J&T secara langsung, saya langsung menghubungi pihak J&T dan melaporkan kejadian ini. Dengan harapan setidaknya dana COD saya ke seller palsu bisa di-hold/ditahan agar ditindak lanjut terlebih dahulu.

Namun yang saya temui adalah kekecewaan. Pihak J&T dengan tegas menyatakan tidak bisa menahan dana tersebut, walaupun dari bukti-bukti yang saya lampirkan sudah jelas bahwa saya baru saja ditipu oleh seller. Yang saya harapkan adalah apresiasi, karena saya merasa secara tidak langsung membantu J&T dengan melaporkan pihak-pihak yang mencoba menyalahgunakan fitur COD J&T untuk tindak kejahatan. Yang mungkin nantinya secara jangka panjang akan memberikan efek buruk terhadap fitur COD J&T.

Besar harapan saya dari pihak J&T membantu memproses/me-refund dana saya yang saya kirimkan ke seller, serta meninjau ulang atau bahkan membekukan akun J&T seller nakal tersebut. Sgar tidak ada lagi korban-korban penipuan dari seller tersebut melalui fitur COD J&T yang disalahgunakan, yang mungkin nantinya bisa memperburuk citra J&T sendiri.

Mohon tanggapannya terkait hal ini. Regards.

Galih Ramadhan
Depok, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

13 komentar untuk “Modus Penipuan COD, J&T Tidak Bisa Menahan Dana ke Penipu?

  • 17 Maret 2024 - (12:20 WIB)
    Permalink

    Heran aja ama orang yang belanja pakai metode pembayaran COD, gak praktis, pakai aja metode pembayaran lainnya, lebih aman

    3
    7
    • 17 Maret 2024 - (17:36 WIB)
      Permalink

      Betul.. saya juga jarang2 juga pake cod..tapi sekalinya pakai, ternyata kena modus penipuan..

  • 17 Maret 2024 - (13:55 WIB)
    Permalink

    Kalo dibalikin uangnya yg bayar kurir dong, secara diresi sdh delivered. Itu pelajaran jgn asal pilih seler pastikan review toko * 4+ kalo cod pilih yang cek dulu baru bayar

    2
    7
    • 17 Maret 2024 - (17:40 WIB)
      Permalink

      Bukan berarti pihak kurir yang membayar..sistem cod j&t yang saya tau, dananya tidak realtime..alias..dana yang kita berikan ke kurir, tidak hari itu juga dikirim ke seller..ada waktu berkala bagi seller untuk mengambil uang dari hasil transaksi cod..dan saya tidak minta mengganti, tapi menahan dana sebelum masuk ke seller..terimakasih masukannya..lain kali lebih hati2, semoga juga tidak ada orang lain yg terjebak juga..

      1
      5
  • 17 Maret 2024 - (14:45 WIB)
    Permalink

    Toko baru 1 minggu, tanpa ulasan… Ckck… Lebih pinter dan jeli lg ya laen kali belanja nya. Kalo bisa jangan pernah COD lagi (jadi bisa otomatis tolak), krn biasanya akan ada kiriman” fiktif lg dr jaringan toko penipu ini, krn udah ngantongin alamat kamu. Padahal ada toko official beneran (shopee mall) yg jualin mossdoom, kenapa bisa nyasar belanja di toko ngga jelas.

    1
    4
    • 17 Maret 2024 - (17:42 WIB)
      Permalink

      Iya om,alasan istri pas beli krn di toko official barang habis..makanya coba ke toko lain..cuma disayangkan j&t tidak bisa hold dana..

  • 17 Maret 2024 - (20:37 WIB)
    Permalink

    murni penipuan, karena toko dishopee belum kirim barang sma sekali.. dan kalaupun nantinya batal (karena memang tidak dikirim) atau kalau pun dikirim (isi barang acak), ya tidak ada kerugian, karena ini pasti ditolak pembeli, tpi paket COD yang non MP kan sudah dbayar, sudah untung dia.. pahami modus seperti ini ya..

    1
    3
    • 17 Maret 2024 - (21:47 WIB)
      Permalink

      Iya om..buat saya pribadi ini modus penipuan baru..saya baru paham ada fitur cod diluar marketplace..yang saya sayangkan pihak j&t tidak bisa melakukan apa2 setelah dikonfirmasi..padahal sudah jelas fitur cod nya dimanfaatkan oleh seller2 penipu..harapan saya diinvestigasi lebih lanjut, atau akun seller dibekukan..lebih bagus lagi dana2 korban di refund..

  • 18 Maret 2024 - (02:37 WIB)
    Permalink

    UDH BNYK MSH AJA MAU LO TONG JAMAN SEKARANG UDH EDAN CARI DUIT MAU YG HARAM AJA GK TAKUT DI AKHIRAT!!!

    2
    5
    • 18 Maret 2024 - (17:31 WIB)
      Permalink

      MINIMAL TAU TOKO NYA TERPERCAYA ATAU NGGAK KLO MSH GL TERPERCAYA NGAPAIN LO PESEN BOCIL PUN TAU KLO ITU TOKO BNGST!!! ALHASIL DI TIPU YA MSH MENDING DUIT BALIK KLO NGGAK MAU GMN LGI ENTE TONG!!!???

      1
      4
      • 18 Maret 2024 - (23:35 WIB)
        Permalink

        Klo di search sekarang umur toko masih semingguan (dengan nama dibuat mirip2 sama )..toko yang lama sudah dibanned..toko yang lama penjualannya ribuan, dan ratingnya bagus..saya membuat artikel juga untuk pengingat yang lain, semoga tidak terjebak..

  • 19 Maret 2024 - (19:37 WIB)
    Permalink

    kadang heran sama orang2 indo ni
    udah jelas cod tu rawan penipuan.masih juga pakai cod
    inget skrng ni banyak oknum2 seller yg nakal

 Apa Komentar Anda mengenai pengalaman ini?

Ada 13 komentar sampai saat ini..

Modus Penipuan COD, J&T Tidak Bisa Menahan Dana ke Penipu?

oleh Galih dibaca dalam: 2 menit
13