Klaim Pengembalian Dana Sebesar 7 Juta Rupiah yang Belum Juga Dikembalikan oleh Tokopedia

Saya merasa sangat kecewa dengan Tokopedia, karena seolah menahan-nahan dana refund saya yang sudah cair dari pihak asuransi.

Pada tanggal 14 Maret 2024, saya berbelanja di Tokopedia, dengan nomor invoice: INV/20240314/MPL/3792597804. Karena kurang beruntung, barang yang saya pesan dibawa kabur oleh kurir. Proses investigasi cukup makan waktu. Namun akhirnya keputusan pengembalian dana sudah ada dan seharusnya maksimal tanggal 26 Maret 2024 atau 2×24 jam setelah selesai di tahap resolusi, dana sudah cair ke saldo refund saya. Akan tetapi sampai saat ini artikel ini dibuat tanggal 1 April 2024, dana saya belum saya terima dari Tokopedia.

Tanggal 26 Maret 2024 sampai hari ini tanggal 1 April 2024, saya komplain setiap hari ke tim Tokopedia Care karena belum ada pengembalian dana yang saya terima. Namun selalu direspons memakai kata-kata template dan seperti balasan dari bot yang membuat saya kesal.

Kepada tim Tokopedia, butuh waktu berapa lama untuk pengembalian dana saya sebagai pembeli? Kenapa dana saya seperti Anda tahan tahan? Padahal itu adalah hak saya. Dari tanggal 14 Maret 2024 komplain, hasil investigasi tanggal 22 Maret 2024, tapi sampai saat ini saya tulis di Media Konsumen tanggal 1 April 2024, tidak selesai masalah pengembalian dananya dari Pihak Tokopedia dan selalu saja direspons dengan bahasa template oleh Tokopedia atau di DM Twitter.

Sekian, terima kasih.

Danis Faizal
Jakarta Pusat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

7 komentar untuk “Klaim Pengembalian Dana Sebesar 7 Juta Rupiah yang Belum Juga Dikembalikan oleh Tokopedia

  • 3 April 2024 - (12:34 WIB)
    Permalink

    Klaim ongkir retur 30.500 saya aja belum masuk, apalagi yg nilainya jutaan. Lumayan dana ditahan itung” Tokopedia dpt pinjeman paylater 0%.

    • 3 April 2024 - (12:44 WIB)
      Permalink

      Update :

      Per tanggal 3 hari ini Dana sudah di refund dan masuk ke saldo tokopedia saya.

      Terima kasih kpd Mediakonsumen yang memfasilitasi surat terbuka saya.

      1
      1
  • 3 April 2024 - (12:45 WIB)
    Permalink

    Update :

    Per tanggal 3 hari ini Dana sudah di refund dan masuk ke saldo tokopedia saya.

    Terima kasih kpd Mediakonsumen yang memfasilitasi surat terbuka saya.

    1
    1
    • 3 April 2024 - (12:51 WIB)
      Permalink

      Saya pun kapok mba belanja disana karena seperti ini layananan dari topednya

  • 3 April 2024 - (14:49 WIB)
    Permalink

    Saya baru saja mengalami pengalaman buruk dengan Tokopedia, yang super aneh tanpa solusi sampai sebulan lebih dari 1 Maret 2024 sampai 2 April 2024. Padahal tiap hari saya follow up dan semua bukti2 valid sudah dikirimkan. Seharusnya mudah buat tokped utk tau bahwa itu murni kelalaian Penjual. Tokped dan penjual sama2 ngga perduli dan ngga punya malu juga. Saya pesan dgn kurir instant gocar 3 jam sampai krn super urgent. Setelah bayar, saya chat adminnya minta contact driver spy saya pantau dan arahkan. Chat saya sama sekali ngga di response sampai 12 jam dgn alasan MATI LAMPU. Akibatnya barang saya nyasar dan dikembalikan lagi ke gudang penjual di Cipondoh. Akhirnya saya berhasil contact supirnya dan minta dikirim krn urgent. Supirnya keberatan utk biaya ke tempat saya di Cikupa. Saya tetap minta kirim krn saya butuh urgent dan saya akan ganti bensin dan tollnya, kemudian saya urus dgn tokpedcare utk potong dari dana penjual.
    Tokpedcare main2 dengan complaint pembeli. Endingnya dana diteruskan ke penjual dgn alasan SAYA MERUBAH ALAMAT KIRIM DAN ITU INISIATIF SAYA UTK BAYAR ONGKOS TAMBAHAN. Saya tanyakan, rubah alamatnya kemana? Tokpedcare ngga bisa jawab dan ngga bisa buktikan. Begitulah mental Tokopedia yang sama sekali ngga perduli dgn keamanan transaksi pembeli. Ketemu sama seller yg mentalnya cuma mau jualan tapi ngga perduli barang yg dikirim mau ilang, mau nyasar, mau dibawa kabur. Penjual harusnya memastikan keamanan barang pesanan dan Tokped harus memastikan keamanan transaksi pembeli. Sampai saya pikir, jangan2 sellernya dikelola oleh Tokped juga:D Miris ya

  • 4 April 2024 - (16:25 WIB)
    Permalink

    Dpt info gosip,
    Org2 oknum di tokped ini mainin duit returan sehingga dibikin “lupa”, gak heran kalau bisa dicuci.

    Dulu wiliam mecat bnyk pegawai karena salah satunya kasus ini selain cashback.
    Eh dia udah gak megang tokped, kasus kek gini terulang.

 Apa Komentar Anda mengenai Klaim asuransi pengiriman Tokopedia?

Ada 7 komentar sampai saat ini..

Klaim Pengembalian Dana Sebesar 7 Juta Rupiah yang Belum Juga Dikembal…

oleh Pokem dibaca dalam: 1 menit
7