Asuransi Sequis Belum Mengembalikan Dana atas Polis yang Sudah Dibatalkan

Sebelumnya terima kasih kepada Media Konsumen yang telah memberikan tempat dan fasilitas untuk menyuarakan keluhan ini.

Pada tanggal 1 Januari 2024, saya membeli Polis Asuransi Sequis pada laman https://superyou.co.id/. Saya memilih jenis Asuransi Super Easy Health, karena sedikit tergiur dengan benefit yang diberikan sesuai dengan informasi yang tertera pada laman tersebut. Setelah polis saya aktif, ternyata Polis Asuransi yang saya miliki tidak memiliki benefit rawat jalan (saja), melainkan benefit rawat jalan tersebut harus berkesinambungan dengan rawat inap. Informasi tersebut saya dapatkan setelah saya menghubungi CS Sequis SuperYou.

Singkat cerita, akhirnya saya membatalkan polis asuransi tersebut pada tanggal 29 Januari 2024, melalui email superyou@sequislife.com. Saya juga menyertakan kalimat yang tertera pada e-Polis yang telah saya terima dengan keterangan sebagai berikut:

“Jika Anda tidak puas dengan Polis ini, Anda dapat membatalkannya, dengan memberitahukan pada Kami dalam waktu 30 (tiga puluh) hari kalender dari tanggal Polis diterima. Kami akan membatalkan Polis Anda dan mengembalikan seluruh premi yang telah Anda bayar dikurangi biaya pembatalan polis (jika ada).” 

Setelah saya mengirimkan email untuk request pembatalan polis, saya diminta untuk mengirimkan foto data kartu kredit yang saya gunakan untuk membeli polis tersebut. Kemudian saya diminta untuk menunggu proses pembatalan serta refund. Pada tanggal 2 Februari 2024, saya diinformasikan oleh Sequis SuperYou bahwa Polis asuransi yang saya miliki sudah tidak aktif dan proses refund membutuhkan waktu 14 hari kerja (hari libur dan sabtu minggu tidak dihitung).

Setelah saya mendapat informasi tersebut, saya coba menunggu selama 14 hari kerja dan sesekali melakukan kroscek ke aplikasi kartu kredit yang saya miliki untuk memastikan refund sudah masuk dari pihak Sequis SuperYou. Ternyata sampai lewat dari 14 hari kerja, refund tersebut belum masuk juga.

Setelah itu, saya coba menghubungi CS Sequis SuperYou pada tanggal 23 Februari 2024 dan dilayani oleh Mbak Lia pada pukul 14.05 WIB. Ternyata informasi yang saya dapatkan dari Mba Lia, bahwa Polis saya baru dibatalkan pada tanggal 6 Februari 2024 dan rencana refund akan dikembalikan ke kartu kredit pada tanggal 23 Februari 2024. Lalu saya diminta untuk cek dan lihat pada billing tagihan pada bulan berikutnya (tagihan bulan Februari 2024 akan tercetak pada tanggal 17 Maret 2024).

Sudah cukup lama saya menunggu refund yang telah dijanjikan oleh pihak Sequis SuperYou, akhirnya pada tanggal 28 Februari 2024 saya coba menghubungi CS Sequis kembali pada pukul 14.20 WIB dan dilayani oleh MbaK Lala. Diinformasikan bahwa proses transfer refund baru dilakukan per tanggal 23 Februari 2024 dan saya diminta untuk menunggu selama 7-14 hari kerja lagi. Namun sampai dengan tanggal 17 Maret 2024 (saat billing tagihan kartu kredit saya terima), refund tersebut belum masuk juga sampai saat saya menuliskan keluhan ini di Media Konsumen.

Saya sempat dikirimkan bukti pemrosesan refund dari pihak Sequis SuperYou per tanggal 21 Maret 2024, melalui email. Namun nyatanya sampai detik ini pun dana refund tersebut belum masuk juga ke dalam kartu kredit saya. Saya pikir pihak Sequis tidak ada niat baik untuk mengembalikan dana tersebut. Padahal pada e-Polis tersebut sudah jelas dituliskan bahwa jika tidak puas dengan Polis tersebut, Sequis akan mengembalikan seluruh premi yang telah dibayarkan dikurangi biaya pembatalan polis (jika ada).

Saya tunggu niat baik dan tanggung jawab pihak Sequis SuperYou untuk mengembalikan dana refund ke kartu kredit saya. Karena sampai saat ini dana refund tersebut belum saya terima pada billing tagihan terakhir. Email terakhir atas keluhan saya kepada pihak Sequis pada tanggal 21 Maret 2024 pukul 10.53 WIB pun tidak digubris dan tidak direspons sama sekali sampai saat ini.

Ade Andika
Tangerang Selatan, Banten


Catatan redaksi (diperbarui 27/4/2024): Penulis menyatakan masalah di atas telah diselesaikan dengan baik oleh pihak-pihak terkait.

 

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan perihal “Asuransi Sequis Belum Mengembalikan Dana atas Polis yang Sudah Dibatalkan”

Kepada Yth. Redaksi Mediakonsumen.com Hal: Surat Jawaban Sequis atas Keluhan Nasabah di Mediakonsumen.com Berkaitan dengan surat pembaca Asuransi Sequis Belum...
Baca Selengkapnya

2 komentar untuk “Asuransi Sequis Belum Mengembalikan Dana atas Polis yang Sudah Dibatalkan

 Apa Komentar Anda?

Ada 2 komentar sampai saat ini..

Asuransi Sequis Belum Mengembalikan Dana atas Polis yang Sudah Dibatal…

oleh Ade Andika Kusuma dibaca dalam: 2 menit
2