Pengembalian Dana di Tokopedia yang Tak Kunjung Cair

Perkenalkan, saya Yunita Savira yang berdomisili di Sukoharjo , Jawa Tengah. Singkat cerita, saya membeli laptop lewat Tokopedia, tapi barang tak kunjung sampai. Akhirnya saya klaim asuransi, tapi dana belum cair sampai surat ini saya tulis. Transaksi saya bernomor invoice: INV/20240328/MPL/3822690239.

Berikut kronologinya:

Tanggal 28 Maret 2024, saya order laptop seharga Rp2.345.000 (dua juta tiga ratus empat puluh lima ribu rupiah). Tanggal 30 Maret 2024, penjual telah menyerahkan barang ke pihak ekspedisi, di-pick up oleh kurir SAP Express yang mana adalah kurir rekomendasi Tokopedia. Pada tanggal yang sama, paket berubah status menjadi sedang disortir di sorting center Tangerang.

Sampai tanggal 2 April 2024, status pengiriman tidak berubah sama sekali. Saya mendapat notifikasi dari Tokopedia, bahwa ada keterlambatan pengiriman. Estimasi yang barang diterima semula tertera tanggal 31 Maret-2 April 2024, berubah menjadi 4-6 April 2024.

Namun sampai di tanggal 6 April 2024, status tetap tidak berubah. Lalu ada notifikasi dari Tokopedia untuk mengajukan komplain. Ketika sudah mengajukan komplain, pihak Tokopedia meminta untuk menunggu proses investigasi dari pihak kurir dan jika sampai tanggal 13 April 2024 tidak ada perkembangan maka bisa ajukan klaim barang hilang.

Sampai di tanggal 13 April 2024, pihak kurir tidak merespons. Lalu pihak Tokopedia menyarankan untuk mengajukan klaim barang hilang dan meminta agar pihak penjual mengirim identitas seperti KTP.

Tanggal 16 April 2024, Tokopedia menginfokan bahwa proses sudah sampai ke pemeriksaan pihak asuransi dan harus menunggu perkembangan apakah klaim diterima oleh pihak asuransi/tidak.

Tanggal 19 April 2024 pihak Tokopedia menginformasikan bahwa klaim disetujui oleh pihak asuransi. Lali kasus serta transaksi ditutup, dengan solusi dana diteruskan ke penjual. Lagi-lagi pihak pembeli dirugikan harus menunggu lagi maksimal 2×24 jam kerja atau hingga tanggal 23 April 2024 untuk menerima pengembalian dana dan diminta untuk cek saldo berkala.

Sampai surat ini saya tulis (24 April 2024), belum ada pengembalian sana yang saya terima dan tidak ada kabar dari Tokopedia terkait dana saya. Semua sosmed Tokopedia sudah saya hubungi, tapi sangat slow respond dan tidak ada solusi.

Tolonglah pihak Tokopedia, apakah sesulit ini untuk memberi kenyamanan customer? Padahal asuransi sudah disetujui, tapi kenapa tidak ada itikad baik sampai sekarang? Padahal sudah melebihi tanggal pengembalian dana yang dijanjikan. Apakah marketplace sebesar Tokopedia tidak dapat dipercaya? Kenapa justru terasa lebih mementingkan pihak penjual? Yang mana penjual sudah menerima penerusan dana dari pembeli, sedangkan pembeli belum kunjung menerima pengembalian dana, padahal pihak asuransi telah menyetujuinya.

Saya harap tidak ada lagi kasus kasus serupa dan tolong kepada Tokopedia agar segera mengembalikan uang saya. Terima kasih.

Yunita Savira
Sukoharjo, Jawa Tengah

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

3 komentar untuk “Pengembalian Dana di Tokopedia yang Tak Kunjung Cair

  • 28 April 2024 - (10:51 WIB)
    Permalink

    Harus sabar dan tarik urat nagihnya. Pengalaman sy tagih ongkir retur, proses klaim disetujui 16 Maret, baru masuk saldo refund 9 April, padahal cuma 30.500

  • 28 April 2024 - (16:02 WIB)
    Permalink

    Yg claim kecil aja bisa sebulan lebih
    Apalagi yg jutaan
    Pengalaman sih kadang 3 bulan lebih baru cair

 Apa Komentar Anda mengenai Klaim asuransi pengiriman Tokopedia?

Ada 3 komentar sampai saat ini..

Pengembalian Dana di Tokopedia yang Tak Kunjung Cair

oleh Yunita dibaca dalam: 2 menit
3