Mohon Penjelasan Konkret Terkait Dana Transfer dari Luar Negeri ke Rekening BRI

Saya merupakan seorang nasabah BRI yang sangat membutuhkan klarifikasi dari pihak bank, agar ke depan hal ini tidak terjadi lagi dan saya bisa merasa aman untuk melakukan transfer luar negeri. Berikut kronologi kejadiannya:

Pada tanggal 18 Maret 2024, uang senilai 400 Euro ditransfer ke nomor rekening BRI saya. Setelah uang ditransfer, saya 2 kali mengunjungi BRI terdekat, dalam periode seminggu setelah 18 Maret 2024 tersebut. Customer Service hanya dapat memberikan print rekening koran dan menyarankan untuk memeriksa mutasi di akun BRImo.

Tanggal 28 Maret 2024, saya mulai mengirim email ke CallBRI untuk menanyakan hal tersebut. Jawaban yang saya peroleh hanyalah berupa penjelasan, bahwa bank hanyalah bersifat pasif. Jika rekening sudah benar, maka uang yang ditransfer akan langsung masuk ke rekening.

Setelah satu minggu lebih, pengirim menanyakan ke pihak bank pengirim. Lalu pihak bank pengirim menginvestigasi ke mana larinya uang yang ditransfer tersebut dan mendapatkan bahwa uang tersebut telah diterima oleh pihak BRI. Namun menurut BRI bahwa rekening yang dituju adalah salah dan uang tersebut dikembalikan ke pihak pengirim, yang tentunya dengan potongan biaya admin yang cukup besar.

Setelah kejadian tersebut, dari tanggal 29 Maret 20024 hingga 20 April 2024, saya coba meminta penjelasan dari pihak bank melalui email ke CallBRI, tetapi terus mendapatkan jawaban yang sama. Akhirnya saya mencoba channel lain untuk meminta penjelasan, yaitu melalui fitur contact us di website BRI. Sudah 3 kali saya mengirimkan komplain dan meminta penjelasan, tetapi tidak mendapatkan respons apa pun.

Berulang kali saya cek, bahwa nomor rekening yang tertera tidak ada perbedaan dengan nomor rekening saya. Yang menjadi pertanyaan saya dan sangat ingin mendapatkan penjelasan adalah, di mana letak kesalahan nomor rekening dan kode SWIFT yang telah digunakan?

Padahal uang sudah masuk ke pihak BRI, yang katanya jika tidak ada kesalahan rekening maka akan langsung masuk ke rekening tujuan. Kemudian pihak BRI mengembalikan uang kiriman tersebut, dengan potongan yang cukup besar sebagai biaya telah mengurus pengembalian uang yang telah mereka terima. Hal ini cukup mengecewakan, apalagi sampai saat ini tidak ada penjelasan apa pun dari pihak BRI.

Mohon bantuan untuk memeriksa kembali sebetulnya letak kesalahannya di mana? Apakah kesalahan pada penulisan kode SWIFT atau bagaimana? Padahal uang sudah masuk ke pihak BRI dan nomor rekening saya juga sudah benar.

Saya sangat mengharapkan penjelasan secara konkret dari BRI agar hal ini tidak terulang kembali di masa yang akan datang dan saya bisa merasa aman sebagai nasabah BRI untuk melakukan transaksi di bank ini (khususnya transaksi luar negeri).

Terima kasih.

Yanti
Bandung, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan perihal “Mohon Penjelasan Konkret Terkait Dana Transfer dari Luar Negeri ke Rekening BRI”

Sebelumnya kami menyampaikan terima kasih atas kepercayaan yang telah diberikan kepada BRI dan mohon maaf atas ketidaknyamanan yang Ibu Yanti...
Baca Selengkapnya

3 komentar untuk “Mohon Penjelasan Konkret Terkait Dana Transfer dari Luar Negeri ke Rekening BRI

  • 30 April 2024 - (10:40 WIB)
    Permalink

    Kalo udah bener semua datanya pasti bakal masuk ke rekening tujuan, mulai dari kode Swift, nomor rekening, nama dll harus sama semua Teh
    Aku pernah punya pengalaman ditransfer dari tanteku yg kerja Taiwan,, masuk kok dana transfernya karena ngisi datanya lengkap

  • 30 April 2024 - (14:43 WIB)
    Permalink

    Antara swift code, bank penerima, nomor rekening, dan nama penerima, semuanya harus cocok. Ada satu saja yang salah, dana biasanya langsung di return. Soalnya pernah punya pengalaman jg, nerima dana dari Jerman ke BCA. Setelah ditunggu bbrp lama tidak kunjung masuk, tidak tahunya salah 1 digit di nomor rekening. Tapi setahu aku, dana yang dikembalikan utuh kok tidak ada potongan.
    Kalau transfer antar bank agak ribet bisa dgn pihak ke 3 (wise), pernah terima dana dari Jerman dan kirim dana ke Philippine, semuanya lancar, bahkan ada tracking-nya jg.

 Apa Komentar Anda mengenai Bank BRI?

Ada 3 komentar sampai saat ini..

Mohon Penjelasan Konkret Terkait Dana Transfer dari Luar Negeri ke Rek…

oleh yanti dibaca dalam: 2 menit
3