Produk Pengembalian Ditukar oleh Pembeli, Admin Shopee Gagal Paham

Selamat siang Admin Shopee. Sebelumnya izinkan saya menyampaikan keluhan saya sebagai seller yang menjual produk LCD Samsung Note 9 Second dengan nomor pesanan: 240426R9BTFQAB, tetapi pembeli mengajukan pengembalian barang.

Setelah saya periksa dengan seksama, ternyata video unboxing pembeli berbeda dengan produk yang saya kirimkan. Saya menduga kuat bahwa pembeli membuat video unboxing dengan barang miliknya yang rusak dan mengklaim bahwa itu adalah produk saya.

Adapun video packing sebelum pengiriman saya sudah upload di YouTube dan saya kirimkan link, karena fasilitas pengiriman bukti di Shopee sangat terbatas untuk ukurannya. Selain itu, saya juga mengirimkan link video unboxing barang retur dari pembeli dan memang barangnya berbeda dengan yang saya kirimkan.

Pada saat pembeli mengajukan pengembalian, dengan semudah itu pihak Shopee melakukan persetujuan pengembalian, tanpa memeriksa bukti-bukti yang saya kirimkan.

Pada saat barang retur saya terima, tiba-tiba pembeli melalui chat Shopee mengatakan bahwa LCD saya masih terpasang di konter dan belum diambil karena ada kendala pemasangan. Hal ini makin memperkuat bukti untuk admin Shopee, bahwa barang yang dikembalikan pembeli adalah BUKAN milik saya.

Yang saya ingin keluhkan, tim admin Shopee yang saya nilai tidak bisa merekonstruksi keluhan berdasarkan bukti dan tanggal chat dari pembeli. Yang seharusnya bisa dijadikan acuan dalam pengambilan keputusan yang merugikan penjual. Bukan malah meminta bukti berulang kali, padahal sudah kami buktikan pada riwayat chat dengan penjual.

Dirto
Jakarta Selatan

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

13 komentar untuk “Produk Pengembalian Ditukar oleh Pembeli, Admin Shopee Gagal Paham

  • 9 Mei 2024 - (20:05 WIB)
    Permalink

    Sabar bro, sistem pengembalian barang dan dana shopee ini memang bikin masalah baru dan banyak celah utk dijadikan alat untuk menipu seller.. kalau saya bisa sarankan, jangan jual barang mahal kalau anda bukan official, mall.. karena kalau anda hanya seller star, star+ pilihannya hanya 2, nikmati penderitaan, atau jangan jualan dishopee..
    sya pasti pro ke seller, bahwa kebijakan ini sangat tidak cocok diterapkan di Indonesia, perbedaan perlakuan seller biasa (non mall, star, star+) dengan official, Mall itu timpang jauh..
    pernah kasus beli Rinso 2kg diofficial store, paket disistem itu dibatalkan karena terlalu lama pengirimannya, tiba tiba hari berikutnya JNT mengirimkan paketnya, tahu g bro yg terjadi berikutnya?? sya disuruh transfer ke JNT kota penerima.. wow.. official bisa minta ditagihkan lewat ke ekspedisi… bukan masalah transfernya.. kuasanya.. kamu punya uang, kamu punya kuasa

    1
    1
  • 10 Mei 2024 - (16:15 WIB)
    Permalink

    Sekarang penjual shopee jadi pihak yg lemah. Sudah mirip nasib driver ojol. Masa pembeli bisa kembalikan produk dengan alasan berubah pikiran dan itu tidak perlu persetujuan penjual. Pembeli ga perlu video unboxing, justru penjual yg harus buktikan video waktu kemas dan waktu terima retur.

  • 10 Mei 2024 - (17:44 WIB)
    Permalink

    Saya seller shopee. 2x mengalami hal seperti ini. Yang pertama persis seperti cerita di atas. Pembeli membuat video unbox palsu. Yang kedua, pembeli mengklain change of mind, tapi barang yang dikembalikan barang yang berbeda/sudah rusak. Sudah melampirkan bukti sangat kuat, tapi dikalahkan oleh moderator shopee. Saya star seller, tidak ada motif menipu untuk barang seharga RP 200RB. Saya komplain keras, admin shopee menghubungi saya dengan terbata2, disebut miskom. Saya menuntut ganti rugi atau paling tidak penggantian modal barang. Shopee memberikan saya voucher diskon belanja. Saya tidak memperpanjang masalah karena malas mengurus hal seperti ini. Tapi esensi bukan sekedar solusi disetiap masalah. Melainkan, peace of mind saat berjualan di marketplace. Dalam hal inu shopee seakan2 memfasilitasi dugaan kuat penipuan tanpa investigasi yang memadai. Mengakibatkan, kita sebagai seller merasa tidak aman dan was-was karena merada suatu hari dapat terjadi lagi. Hal seperti ini, tidak pernah sekalipun saya alami di toko hijau. Sungguh kontras perbedaan kualitas layanan diantara kedua market place ini.

  • 10 Mei 2024 - (19:20 WIB)
    Permalink

    Saya seller kosmetik di shopee , toko saya star+ . Saya sering dirugikan dengan pengembalian dana. Pembeli dapat barang saya + uang. Pembeli tanpa mengembalikan barang sudah dapat pengembalian dana

  • 10 Mei 2024 - (19:42 WIB)
    Permalink

    Walah tim Shopee ya seperti lalai memeriksa video Kk🤔 saya cek tuh ada tanda r7 milik Kk sementara barang return ada tanda ju jelas sekali barang yg dikembalikan barang lain Kak🤔. Coba Kk tanya lagi ke Shopee dengan menunjukkan 2 foto seri belakang lcd ya serta melampirkan lagi video ke 2 unboxing kali aja mereka bisa menilai ulang dan mau membantu Kk dari pembeli yg nakal ini. Yg sabar Kak

  • 13 Mei 2024 - (11:45 WIB)
    Permalink

    Terima kasih, atas perhatian dan komentar pembaca semua, mengenai kasus tersebut saya ingin memberi klarifikasi sebagai berikut:
    Saya telah dihubungi oleh Tim Shopee dan berusaha menyelesaikan permasalahan saya. Saya juga mendapat update setiap hari dari Tim Shopee mengenai kasus tersebut. Intinya pihak Shopee melakukan mediasi baik kepada penjual dan kepada pembeli. Barang/produk yang ditukar sudah saya kembalikan kepada pembeli dan karena barang/produk saya sudah dipakai dan digunakan oleh pembeli maka transaksi akan dianggap selesai. Demikian penjelasan saya semoga Shopee menjadi lebih baik lagi kedepannya dalam merekonstruksi atas kronologi atas suatu kasus dan dana transaksi dapat diteruskan kepada saya selaku penjual. Demikian kronologi ini dan mohon maaf atas ketidaknyamanan yang ditimbulkan. Dan dengan ini saya mengajukan permohonan kepada Mediakonsumen.com untuk menutup kasus ini (take down).

  • 13 Mei 2024 - (14:31 WIB)
    Permalink

    next supaya tidak terjadi lagi, pasang label atau stiker pecah telur yang di desain sendiri supaya tidak ada pemalsuan.

 Apa Komentar Anda mengenai Pusat Resolusi Shopee?

Ada 13 komentar sampai saat ini..

Produk Pengembalian Ditukar oleh Pembeli, Admin Shopee Gagal Paham

oleh D F dibaca dalam: 1 menit
13