Kelebihan Bayar Transaksi di Tokopedia Belum Dikembalikan ke Limit Kartu Kredit

Pada tanggal 13 Mei 2024, saya melakukan pembelian barang berupa AC Panasonic (1.5 PK) dengan paket pipa 5 meter (termasuk pemasangan) di Panasonic Official Store seharga Rp5.751.000, dengan nomor invoice INV/20240513/MPL/3903169170.

Setelah 3 hari barang terkirim ke rumah, saya inisiatif chat ke penjual terkait dengan bagaimana proses pemasangan AC tersebut karena tidak ada informasi baik di keterangan produk maupun di chat untuk pemasangan AC-nya.

Sampai akhirnya lebih dari 3 hari AC belum dipasang, lalu saya komplain ke Tokopedia Care via chat dan memutuskan untuk memasang AC secara mandiri karena dari pihak Panasonic hanya berjanji berkali-kali untuk mengirimkan teknisi untuk pemasangan AC yang nyatanya tidak ada teknisi yang datang.

Dari pemasangan AC secara mandiri, ada kelebihan Rp820.000 (hitungan selisih dari pembelian AC unit only dan pembelian AC dengan paket pipa 5 meter) dan saya minta untuk direfund.

Setelah proses komplain ke Tokopedia Care selesai, diputuskan oleh admin Tokopedia Care bahwa akan direfund Rp820.000 ke limit kartu kredit dalam 14 hari kerja.

Tokopedia menjanjikan tanggal 20 Juni 2024 adalah batas maksimal pengembalian dana refund, tetapi kenyataannya berbeda, sampai sekarang dana refund tersebut tidak dikreditkan ke dalam limit kartu kredit. Saya menanyakan kepada Tokopedia Care dan diberikan tanggapan untuk selalu menunggu prosesnya dan tidak ada kejelasan lagi.

Kepada pihak Tokopedia, di mana tanggung jawab Anda dalam menuntaskan permasalahan ini? Di mana dana refund saya yang menjadi hak saya?

Iman Adi
Kota Depok, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

2 komentar untuk “Kelebihan Bayar Transaksi di Tokopedia Belum Dikembalikan ke Limit Kartu Kredit

  • 27 Juni 2024 - (13:30 WIB)
    Permalink

    Panasonic, official store nya di Tokopedia payah juga yah. Udah duit masuk, kaya sebodo amet. Komplain aja ngak direspon kayanya. Parah bener, mungkin adminya gajinya kekecilan, jadi kaya ngak peduli gitu.

    Tokopedia juga sama aja. Banyak janji2 dengan tanggal buat apa kalau ngak ditepati.

    • 27 Juni 2024 - (19:26 WIB)
      Permalink

      Trm ksh pak sudah memberikan komentar, dr awal memang panasonic official store di tokopedia memang tdk jelas, jualan paket dgn pemasangan tapi tdk di kirimkan teknisi & pasang AC yg sdh dibeli.

      Ditambah lagi dr tokopedia yg menahan uang refund sy. Lengkap sudah ulah mereka berdua, kapok belanja di panasonic official store & tokopedia.

 Apa Komentar Anda?

Ada 2 komentar sampai saat ini..

Kelebihan Bayar Transaksi di Tokopedia Belum Dikembalikan ke Limit Kar…

oleh Iman Adi dibaca dalam: 1 menit
2