Masalah Pembayaran Tagihan BRI Ceria yang Merugikan Nasabah

Assalamu’alaikum wr.wb.

Sebelumnya, saya ucapkan terima kasih kepada Media Konsumen yang sudah memberikan fasilitas ini dan telah menerbitkan surat saya.

Pada tanggal 22 Mei 2024, saya melakukan pembayaran tagihan BRI Ceria melalui Danamon tetapi saya kira gagal karena status di BRI Ceria masih belum terbayar. Akhirnya, saya membayar tagihan BRI Ceria lewat SeaBank pada tanggal 22 Mei 2024 juga, dan status tagihan saya berhasil terbayarkan.

Permasalahannya, ternyata saya baru sadar kalau saldo di Danamon saya sudah terpotong. Berikut bukti mutasi rekeningnya dan bukti bahwa pembayaran lewat Danamon berhasil. Artinya, saya melakukan pembayaran tagihan pada tanggal 22 Mei 2024 sebanyak 2x (lewat Danamon & SeaBank).

Akhirnya, pada tanggal 3 Juni 2024 saya pun ke CS BRI cabang untuk membuat pelaporan dan dihubungkan dengan CS BRI Pusat melalui telepon. Berikut nomor pelaporan saya: 53113653. Katanya pada saat itu akan diproses maksimal 6 hari kerja. Katanya jangan khawatir dana akan di-hold untuk pembayaran ke tagihan di bulan berikutnya.

Ternyata saya kaget pada tanggal 10 Juni tagihan muncul dan statusnya belum terbayar. Sampai tanggal 26 Juni 2024 statusnya masih belum terbayar dan akhirnya status kolektibilitas BRI Ceria saya “Menunggak”. Dan sampai sekarang tanggal 5 Juli statusnya masih “Menunggak”.

Dan pelaporan saya masih belum ada titik terangnya alias belum terselesaikan. Saya bolak-balik ke BRI, jawabannya selalu sama, disuruh menunggu. Kami butuh perpanjangan waktu. Jawabannya selalu begitu sampai sekarang sudah 1 bulan lebih dari pelaporan yang saya buat.

Di sini saya sangat merasa dirugikan, baik materi maupun non-materi. Pertama, karena harus bolak-balik ke Bank BRI cabang (perjalanan dari rumah saya ke Bank BRI cabang sekitar 2 jam). Karena ke bank BRI terdekat tidak bisa membantu menelepon ke CS BRI Pusat alasannya hanya BRI cabang yang bisa.

Kedua, kolektibilitas kredit saya buruk karena status pembayaran masih menunggak alias belum terbayar. Padahal saya sudah bayar.

Ketiga, bunga jalan terus dan tinggi banget padahal saya merasa sudah melakukan pembayaran tagihan tersebut. Saya sangat merasa dirugikan. Padahal kesalahan sistem BRI Ceria tapi saya yang kena getahnya.

Harapan saya menulis surat ini, untuk pihak Bank BRI Ceria, tolong segera diselesaikan permasalahan saya. Saya sudah membayar tagihan saya, tapi bunga jalan terus. Jangan jawabannya selalu nyuruh nunggu, nunggu, dan nunggu terus. Ini sudah 1 bulan lebih sejak pelaporan saya buat pada tanggal 3 Juni 2024, tapi sampai sekarang tanggal 5 Juli 2024 masih belum terselesaikan dan status pembayaran saya belum terbayar, masih “Menunggak”.

Sekian dan terima kasih.

Nur Laila
Kotabaru, Kalimantan Selatan

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan perihal “Masalah Pembayaran Tagihan BRI Ceria yang Merugikan Nasabah”

Sebelumnya kami menyampaikan terima kasih atas kepercayaan yang telah diberikan kepada BRI dan mohon maaf atas ketidaknyamanan yang Ibu Nur...
Baca Selengkapnya

8 komentar untuk “Masalah Pembayaran Tagihan BRI Ceria yang Merugikan Nasabah

  • 6 Juli 2024 - (19:16 WIB)
    Permalink

    Maaf nimbrung, slama ini sya pake ceria dan bayar autodebit BrI dan gk pernah bermasalah yah kak, klo misalnya emng udh buat laporan dan ada bukti bayar sbelum jatuh tempo, bri pasti nyelesaiin sih untuk kolek nya 👌🏻 itu laporan trakhir 3 juni dtunggu hari kerja aja bkan weekend atau tanggal merah.

    • 6 Juli 2024 - (19:41 WIB)
      Permalink

      Maaf saya komentarin anda. Soalnya komentar seperti anda ini mirip2 semua di keluhan BRI cuma beda akun saja. Apakah anda CS nya BRI? kalau iya, sebaiknya BRI memberikan tanggapan resmi supaya lebih etis. Di MK sudah tersedia fasilitasnya. Kalau bukan CS mohon maaf ya. Oh ya, Pelaporannya tgl 3 juni, itu hari Senin ya, Tgl 10 juni malah muncul info tunggakan (6 hari setelah pelaporan), bukan malah hasil proses pelaporannya.

  • 6 Juli 2024 - (20:13 WIB)
    Permalink

    Sepertinya semua nasabah misalkan ada keluhan pasti pertama kali yang mereka tanyakan itu kepada pihak bank terlebih dahulu kalau menurut saya, cuman kalau keluhannya gak kunjung di tanggapi apalagi kalau di di tanya kembali jawabannya yang itu2 aja, nasabah mau menyampaikan aspirasinya ke DPRD atau DPR kasian juga kalau gak di tanggapin mereka

  • 7 Juli 2024 - (10:36 WIB)
    Permalink

    BRI CERIA emang bikin CERIA
    Padahal developer aplikasi tenaga handal,ngambil dari universitas luar negeri.Tapi aplikasi banyak bug dan UI berantakan.Bank BUMN kok model ginian ya,beda sama saudara2 nya

 Apa Komentar Anda?

Ada 8 komentar sampai saat ini..

Masalah Pembayaran Tagihan BRI Ceria yang Merugikan Nasabah

oleh Laila dibaca dalam: 2 menit
8