Pengiriman LEX (Lazada) Gagal dan Dikembalikan ke Pengirim, Pembeli Disuruh Pesan Ulang

Besar harapan tulisan saya dapat dibaca pihak Lazada karena dari livechat tidak banyak membantu.

Detail pesanan:
1. No. Pesanan: #226641069076914
2. No. RESI: LXRT-1004507641
3. Alamat pengiriman: RT 03/RW 06, Cepoko, Bugisan, Prambanan, Klaten
4. Bentuk pembayaran: transfer Virtual Account ATM BNI

Tanggal 10 November 2018 saya melakukan flash sale Realme C1 pukul 12 malam (saya rela tidak tidur sampai pukul 12 demi menunggu flash sale). Tanggal 11 November 2018 saya selesaikan pembayaran sekitar pukul 18.00 WIB. Senin pukul 7 malam paket saya sudah dikirim. Setelah saya cek resi paket siap dikirim tanggal 14 November 2018.

Namun anehnya tanggal 14 November 2018 kurir gagal mengirimkan paket saya. Kemudian besoknya tanggal 15 November 2018 kurir juga kembali gagal mengirimkan paket ke rumah saya. Tanggal 15 November 2018 paket dikembalikan ke pengirim dan dinyatakan gagal dikirim (tidak dikirim ke rumah saya).

Entah apa alasan kurir sampai gagal mengirimkan paket sampai 2 kali. Tanggal 14 okelah waktu itu sedang hujan cukup lama. Tapi tanggal 15 cuaca cerah, hujanpun hanya sebentar 30 menit. Tapi paket gagal dikirimkan oleh kurir. Tanggal 15 malam dinyatakan paket gagal dengan tulisan “Maaf, Paket Anda telah melalui semua percobaan pengiriman dan dinyatakan gagal kirim. Paket Anda akan dikembalikan ke Pengirim”.

“Semua percobaan” apanya? Kurir tidak pernah menelepon/me-WA saya baik tanya alamat saya ataupun kondisi pengiriman/paket saya.

Tanggal 16 November 2018 saya chat via live chat Lazada. Solusi yang mereka tawarkan adalah saya harus melakukan pesanan ulang. Ya pesanan ulang bagaimana? Harga Realme C1 sekarang Rp1,5 juta padahal pada saat flash sale Rp1,4 juta, itupun saya harus menunggu sampai 20 November 2018 untuk bisa membelinya. Tidak ada kompensasi satupun yang ditawarkan CS Lazada. Pengiriman ulang katanya juga tidak bisa

Kecewa saya dengan Lazada dan LEX ID. Pengiriman lama, kurir tidak profesional, penanganan konsumen juga tidak profesional.

Muhamad Miftahul Azhar
Klaten, Jawa Tengah

N.b. Saya belum mendapat email rangkuman chat saya dengan CS Lazada

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Lazada:
[Total:147    Rata-Rata: 2.3/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

14 komentar untuk “Pengiriman LEX (Lazada) Gagal dan Dikembalikan ke Pengirim, Pembeli Disuruh Pesan Ulang

  • 4 Januari 2019 - (18:59 WIB)
    Permalink

    wah ini sama persis, saya juga baru aja ngalamin. Mas akhirnya penyelesaian seperti apa?

    • 11 Januari 2019 - (22:15 WIB)
      Permalink

      maaf baru membalas, jarang buka mediakonsumen. Setelah kembali ke pengirim saya dapat masalah lagi. Jam 2 malam saya disuruh mengisi formulir pengembalian uang, selang dua menit uang tiba2 langsung direfund dalam bentuk voucher. Setelah itu saya lapor ke lazada, akhirnya dicairkan ke rekening saya. Itupun saya harus membuat artikel di MediaKonsumen dulu.

      Kalau dibilang penyelesaian dari lazada bisa dibilang kagak ada. Barang gagal dikirim, tindakan lazada cuma refund ke rekening. Gak ada yang namanya kayak kirim ulang (malah disuruh beli lagi, hadeh.. di gudangnya kan pasti ada). Yang direfund juga pas 1.399juta wkwk. Padahall enggak ada inisiatif kurir baik buat nelpon gitu.

    • 11 Januari 2019 - (22:16 WIB)
      Permalink

      maaf baru membalas, jarang buka mediakonsumen. Setelah kembali ke pengirim saya dapat masalah lagi. Jam 2 malam saya disuruh mengisi formulir pengembalian uang, selang dua menit uang tiba2 langsung direfund dalam bentuk voucher. Setelah itu saya lapor ke lazada, akhirnya dicairkan ke rekening saya. Itupun saya harus membuat artikel di MediaKonsumen dulu.

      Kalau dibilang penyelesaian dari lazada bisa dibilang kagak ada. Barang gagal dikirim, tindakan lazada cuma refund ke rekening. Gak ada yang namanya kayak kirim ulang (malah disuruh beli lagi, hadeh.. di gudangnya kan pasti ada). Yang direfund juga pas 1.399juta wkwk. Padahall enggak ada inisiatif kurir baik buat nelpon gitu.

  • 7 Januari 2019 - (07:56 WIB)
    Permalink

    Sama juga mas, saya baru saja ngalamin,, sudah saya chat cs maupun pelapak.y tpi tidak ada jawaban,, kalo boleh minta solusi.y dong,,

    • 11 Januari 2019 - (22:26 WIB)
      Permalink

      maaf baru membalas, jarang buka mediakonsumen. Setelah kembali ke pengirim saya dapat masalah lagi. Jam 2 malam saya disuruh mengisi formulir pengembalian uang, selang dua menit uang tiba2 langsung direfund dalam bentuk voucher. Setelah itu saya lapor ke lazada, akhirnya dicairkan ke rekening saya. Itupun saya harus membuat artikel di MediaKonsumen dulu.

      Kalau dibilang penyelesaian dari lazada bisa dibilang kagak ada. Barang gagal dikirim, tindakan lazada cuma refund ke rekening. Gak ada yang namanya kayak kirim ulang (malah disuruh beli lagi, hadeh.. di gudangnya kan pasti ada). Yang direfund juga pas 1.399juta wkwk. Padahall enggak ada inisiatif kurir baik buat nelpon gitu.

  • 21 Mei 2019 - (13:51 WIB)
    Permalink

    Berapa hari setelah paket dinyatakan gagal kirim, ada konfirmasi uang kembali?
    Karena paketan saya sudah kemarin gagal kirim tapi gk ada konfirmasi apa apa dari lazada

  • 23 Mei 2019 - (02:54 WIB)
    Permalink

    Sama bang, bahkan saya ngalamin hal seperti ini sudah 3 kali, atau mungkin bisa bertambah lagi. Sungguh sangat mengecewakan!

    • 30 Juli 2019 - (13:33 WIB)
      Permalink

      Saya pesan di lazada dan dikirim.oleh lex.id sampai sekarang tidak ada kejelasan bagaimana dimana paket saya.keterangan nya adalah paket gagal kirim.dan akan dikembalikan ke penjual sudah berkali2 chat cs live agent belum dapat jawaban.kapok sekapok2 nya gak akan lagi beli barang di lazada

  • 31 Desember 2019 - (22:57 WIB)
    Permalink

    Wah.. ada jg yg pernah bahas lazadut.
    Ane kmren baru aja beli tas jansport di LazMall-nya pas promo 12.12..
    Dr harga 599rb jd cuma 218rb.
    Ane pesennya bareng2 ma teman kantor ane, dikirim ke alamat kantor semua. Tapi ordernya pake ID masing2.
    Teman2 kantor ane dpt tuh barang pas di tgl 13 Des 2019.
    Lah ane… sampe hari ini gak terima barangnya. Ujung2nya malah dpt email kalo pesanan ane sedang dlm proses pengembalian dana.
    Kurir LEX yg nganter paket ane, gak bisa kerja kayaknya. Masa’ teman2 ane yg lain pd diantar paketnya ma kurir lain bisa, lah ane ma si kurir LEX yg namanya Doddy Syafrizal, malah bikin status kalo ane gak bisa dihubungi/gak berada di tempat. Kan bego bgt. Udah jelas alamat kantor. Dan kantor ane ada mailing room nya khusus terima dokumen dan paket. Kesel bgt.
    Kapok belanja di lazadut. Mending di shopee mall dan zalora deh… barang pasti sampe ke ane.

  • 13 Januari 2020 - (16:59 WIB)
    Permalink

    Cs lazada ditugasin cuma buat tanya itu itu aja. Ga ada tindakan penyelesaian sama skali .. ga ada guna nya live chat itu. Merugikan konsumen dan penjual..

  • 17 Juni 2020 - (04:29 WIB)
    Permalink

    Saya mengalamin hal yang agak mirip, tanggal 8 Juni 2020 saya pesan barang dengan no pesanan #421090918796073, lihat penjualnya dari Jakarta, saat saya cek ongkos kirim ke Bogor normal untuk JNE reguler Rp.9.000 dengan lama pengiriman 2hari, pada saat saya pilih beli muncul tambahan ongkos kirim Rp.31.000 dan keterangan barang dari luar negeri, akhirnya saya tetap beli, pada malam hari saya cek di aplikasi barang sudah di kirim hari itu juga dari china pengunakan jasa kargo Cainiao.
    Pada tanggal 10 Juni saya cek di app barang masih dalam pengiriman Cainiao tapi begitu saya buka web muncul keterangan barang akan segera di kirim LEX ID dengan no resi LXXB-0000758499, saya sempat bingung dan menanyakan ke CS melalu chat di web dan mendapatkan jawaban yang makin memmbingungkan.
    Sampai tanggal 15 Juni saya traking Cainiao barang baru masuk Indonesia tapi keterangan di Lazada barang sudah di proses pengiriman oleh LEX ID, tapi sampai 17 Juni no resi LEX ID tidak pernah bisa di tracking.
    Saya tidak tau apakah barang saya akan sampai rumah atau tidak, saya berharap pihak lazada jangan mempermainkan pembeli dan serius memberikan layanan yang baik.
    Saya secara jujur kapok belanja lagi di lazada, dan mungkin tidak akan pernah lagi belanja di lazada.

  • 10 Agustus 2021 - (02:20 WIB)
    Permalink

    saran saya system retur di lex dan lel itu tidak transparan
    tidak ada call center yg buat pandu kita sebagai seller

    saya 3 paket ga ada kejelasan dimana paketny sekarang

    mohon CEO lazada perkuat lagi system pengiriman ataupun pengembalian barang

 Apa Komentar Anda mengenai Lazada?

Ada 14 komentar sampai saat ini..

Pengiriman LEX (Lazada) Gagal dan Dikembalikan ke Pengirim, Pembeli Di…

oleh mmifazhar dibaca dalam: 1 menit
14