Surat Pembaca

Kecewa Besar dengan Customer Service dan Issue Handling XL Prioritas

Saya adalah pelanggan XL Prioritas (+6281932651***) dengan sistem bundling pembelian smartphone Shopping Point. Dengan telah membayar Rp11,880,000 untuk paket Diamond XL Prioritas selama 24 bulan, saya berhak mendapatkan FREE UNLIMITED (DATA/Internet, Netflix, Joox, Chat Apps).

Pada bulan pertama, 27 Januari 2019 s.d. 15 Februari 2019, saya mendapatkan fasilitas FREE UNLIMITED tersebut. Namun memasuki bulan kedua, 16 Februari 2019, ketika saya menggunakan untuk internet dan Netflix, saya cek kuota utama saya sudah terpotong. Ini berarti HAK FREE UNLIMITED sudah saya TIDAK DAPATKAN di bulan kedua.

Pada tanggal 19 Februari 2019, saya melapor melalui Live Chat dan diberikan nomor kasus C21795110 dan diminta untuk tunggu telepon dari pihak XL Axiata. Namun saya tidak pernah menerima telepon itu. Hingga pada tanggal 4 Maret 2019, saya telepon ke XL Customer Service, dan diberitahu bahwa tidak ada follow up karena kurangnya data.

Pada tanggal 7 Maret 2019, saya ke XL Prioritas Center di Gandaria City. Untuk kesekian kali saya harus menunggu 3×24 jam untuk ditelepon pihak XL. Saya diinformasikan untuk mendapatkan HAK FREE UNLIMITED saya di bulan ketiga dan keempat.

Memasuki bulan ketiga (16 Maret 2019), saya menggunakan Netflix, dan saya cek masih memotong kuota utama saya atau saya belum mendapatkan HAK FREE UNLIMITED saya. Akhirnya pada tanggal 16 Maret 2019, saya menelpon XL customer service dan diberitahu bahwa case sudah close dan diberikan laporan baru. Tanggal 17 Maret 2019, saya ke XL Center Gandaria City, lagi-lagi hanya diberikan ketidakpastian. Hanya disuruh pulang dan menunggu telepon XL.

Bagaimana pertanggungjawaban XL kepada konsumennya? Langganan prioritas bayar 24 bulan dengan pelayanan yang SANGAT BURUK.

Haeruddin La Tentri Tatta
Jakarta Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Berjuang terus menuntut hak anda. Jgn putus asa. Setelah itu gak usah pakai lagi XL kalau sudah tahu pelanggaran janjinya sendiri

      • saya sudah lama pakai xl...dan pas bulan feb saya ditawarin pascabayar lewat telp,diiming"in gratis kouta 10gb apa brpa ya lupa deh pkoknya gtu ,dibilang bisa berhenti lewat telp,pas saya udah gk pke tuh data xl dan kartunya saya copot saking keselnya,tpi tagihan jalan truss..nyesek ya allah bayarnya 400rb,gak ikhlas..dan gk bakal berkah dari hasil uang bgtu..nyesel se nyesel"a saya sampe ngerasa sakit hati bayarnya krna gk ngerasa make ..gk tau nyari duit susah..cuma suami yg nyari duit..nyesel tergiur pke pascabayar....hati" buat pengalaman yg ditlp untuk pakai pascabayar..cukup saya aja sh yg nyesek keubun"..sekian Terima kasih udah ngeluarin unek" nh,klo gk dikluarin tar gw darah tinggi lagi..hadeh

  • Menambahkan isi dari surat kekecewaan saya,

    Pihak XL mengatakan bahwa saya tidak berhak mendapatkan benefit free unlimited karena tidak membayar Rp200,000 tambahan diluar dari langganan utama, yang mana jelas ini mengarah ke penipuan dan penjebakan konsumen. Sedari awal ditawarkan, tidak ada persyaratan demikian. Dan saat ini lagi lagi saya hanya disuruh menunggu jawaban dari pihak XL. Sudah 1 bulan lamanya disuruh menunggu.

  • Hm, terima kasih atas share pengalamannya.
    Terus terang kadang saya agak tergoda dengan penawaran bundling HP mereka. Ternyata sering banyak "permainan" nya ya di kemudian harinya. Padahal konsumen sudah terlanjur bayar "kontrak" untuk ber-bulan2 bahkan ber-tahun2, tapi ternyata pihak mereka bisa dengan gampangnya ingkar memenuhi janji di pihak mereka.
    Belum lagi, ternyata sulit juga meminta penjelasan maupun solusi, karena hanya sekedar dipingpong & disuruh menunggu & menunggu.

    Jadi semakin mantap hati saya untuk tidak akan tergoda di kemudian hari...
    Ikut prihatin dengan wanprestasi yang dialami.

  • Itu dia...sudah kelihatan jebakan dari paket promo bundling. Konsumen tidak menyadari ada sejumlah syarat dan ketentuan yg tidak disebutkan diawal. Nanti ketahuan setelah kita membeli produk tersebut. Ternyata ada sejumlah biaya tambahan lagi dikenakan. Contoh ada promo dapatkan cash back 200000 bila belanja produk di toko online A. Apakah semuda itu mendapatkan cashback, belanja langsung dapat. Ada sejumlah S dan K nya. Misalnya minimal belanja 1 juta. Untuk 100 org saja. Hanya pembayaran menggunakan. Kartu..... hanya pengguna baru... hanya pada hari .... jam...dan lain-lainnya. Boleh jadi syarat pertama sdh terpenuhi. Syarat kedua dan ketiga belum tentu terpenuhi. Jadi...bikin malas aja ikut promo seperti itu karna segudang S dan K nya. Belum lagi S dan K itu bisa berubah sewaktu waktu sesuai dg keinginan mereka...Jadi bersiaplah menerima kekecewaan bila ternyata gak mendapatkan benefit itu. Karena S dan K nya sdh di rubah .. Mereka berhasil dg strategi yg dibuat. Untung dg mereka kita rugi...

  • Benar, dari pihak mereka hanya memberikan persyaratan dari protes yang diberikan oleh konsumen, agar tetap untung, konsumen yang rugi. :( sampai sekarang sudah 1 bulan lamanya tidak ada jawaban yang jelas dari pihak XL. Mungkin siapa yang membaca surat pembaca ini, dan tahu untuk kemana ini bisa ditembuskan, mohon dibantu ya... siapa tau bisa langsung tepat sasaran ke management XL Axiata.

  • Setelah lebih dari 1 bulan, akhirnya saya mendapatkan SMS dari Customer Service XL pada 26 Maret 2019, yang menyatakan bahwa Benefit Unlimited Data di jaringan 2G/3G/4G saya sudah aktif. Representatif Customer Service XL juga sudah menghubungi via phone untuk menginformasikan hal terkait. Meskipun benefit free unlimited data seharusnya bisa saya dapatkan hingga 26 Mei 2019 (2 bulan sisanya) namun karena recurring paket data jatuh pada tanggal 16 setiap bulannya (rugi sekitar 10 hari), saya masih bisa memakluminya karena ada tanggapan positif dari pihak XL Prioritas terkait dengan keluhan saya.

    Terima kasih.

  • saya juga katanya unlimited chat (wa,bb,line dll) ternyata setelah quota utama habis chat juga ikutan g bisa di pake, saya langsung ke xl center balik lagi ke xl biasa.
    layanan parah