Refund Pembatalan JD.ID Tidak Diproses dan Tanpa Kepastian

Saya tak tahu lagi harus bagaimana memperjuangkan hak saya sebagai pembeli makanya saya buat artikel ini karena melihat ternyata bukan hanya saya ternyata sangat banyak korban dari aplikasi JD.ID.

Kronologinya saya pesan handphone android di JD.ID seharga Rp3.625.000,00 pada Hari Jumat 14 Maret 2019, pukul 20:53. Dengan pembayaran virtual mobile banking BCA dan status dinyatakan berhasil dengan no pesanan: 256090153. Namun keesokan harinya, Sabtu pagi status tidak berubah tidak ada pengiriman hanya sampai di gudang menunggu pengiriman.

Kemudian saya tanya via chat di aplikasi JD.ID masih dalam proses karena saya butuh segera maka saya mendesak untuk dikirim tapi dijawab tidak bisa maka saya minta pembatalan dan saya batalkan manual. Namun setelah 2 hari saya cek tidak ada perubahan di aplikasi hanya pembatalan tanda di-acc.

Kemudian hari Senin setelah 2×24 jam saya menghubungi lagi CS JD.ID via chat saya minta kepastian kenapa belum dikirim saya diterima oleh CS bernama Manza kemudian dia menjelaskan tidak dapat dibatalkan karena “BARANG SUDAH DIKIRIM DAN AKAN SEGERA SAMPAI.” Kemudian saya mengiyakan karena tidak apa-apa kalo memang sudah dikirim dan tidak dapat dibatalkan.

Sejak saat itu saya menunggu sampai 3 hari belum dikirim juga kemudian lagi saya menanyakan via chat dan telepon CS-nya malah dengan jelas atas nama saudara Firman bilang sebenarnya barang belum tersedia menunggu pengadaan oleh pihak warehouse.

Di situ saya sudah jengkel karena sudah dibohongi dan menunggu-nunggu. Kemudian setelah seminggu pada hari Sabtu, 23 Maret saya menanyakan kejelasan lagi dan akhirnya minta dibatalkan saja tolong di-acc pembatalan saya dan refund dan dengan CS saudara Ary saya dijanjikan refund dana masuk ke rekening saya setelah 2×24 jam.

Namun sampai hari ini Rabu, 27 Maret 2019 saya masih tidak mendapatkan kejelasan. Saat saya hubungi terus CS via chat malah disuruh nunggu lagi 2×24 jam. Terbayang kalau tiap hari saya minta info tentang refund saya misal 30 CS semua bilang 2×24 jam. Kemudian saya mendesak lagi agar segera diproses dan acc refund dana saya dan dengan enteng malah semua cs hanya menjawab, “Mohon maaf Bapak Rizal kami tidak dapat memastikan untuk waktunya hanya saja saat ini kami sedang mengupayakan proses pembatalan tersebut, mohon kesediaanya untuk menunggu kembali :)”

Padahal ini sudah 12×24 jam saya kasih kesabaran. Di situ saya sudah sangat jengkel karena dari awal minta pembatalan tidak diproses sudah nunggu 8×24 jam. Kemudian saat saya tanya lagi bisa dibatalkan tapi tidak di-acc sudah nunggu 4×24 jam juga dan dijanjikan akan dihubungi via email atau telepon tapi sama sekali saya pastikan tidak ada dan seperti tidak diproses. Seolah mereka tidak mau melayani dan tidak menanggapi keluhan saya hingga saya mengeluarkan artikel ini sudah 12×24 jam saya menunggu kejelasan refund saya.

Dan saat saya lihat di twitter official CS nya saja banyak yang mengeluh bahkan sampai 1 bulan 2 bulan tidak ada proses pengiriman bahkan refund tidak ada. Saya hanya memperjuangkan hak saya yg di lindungi juga oleh undang undang hak perlindungan konsumen. Dan memperjuangkan uang saya senilai Rp3.625.000,00.

Rifzal Nasrudin
Jakarta Selatan

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai JD.ID:
[Total:3    Rata-Rata: 1/5]
Tanggapan JD.ID atas Surat Pembaca Bapak Rifzal

Menanggapi surat keluhan yang ditujukan pada kami oleh Bapak Rifzal pada 28 Maret 2019 di halaman ini, kami dari JD.ID...
Baca Selengkapnya

Satu komentar untuk “Refund Pembatalan JD.ID Tidak Diproses dan Tanpa Kepastian

  • 28 Maret 2019 - (11:55 WIB)
    Permalink

    Nah kan, ada lagi yang mengalami hal yang sama seperti Saya rasakan, sudah 2 bulan kak reund dana Saya juga belum kembali, banyak sekali alasan jd.id buat semakin memperlama dana kita akan kembali, bahkan Saya sampai nelpon cs jd.id yang berbeda berkali-kali, Saya pikir dengan mengirimkan bukti mutasi rekening bank Saya masalah bakal cepat tuntas, tapi selalu saja diminta menunggu sampai mati, sepertinya baru dana refund saya dikembalikan, entah ga tahu lagi cara yang pas buat mereka pihak terkait di jd.id buat serius menangani keluhan konsumen, eh konsumen-konsumen lain yang juga mengalami masalah seperti kita ini kak.

 Apa Komentar Anda mengenai JD.ID?

Ada 1 komentar sampai saat ini..

Refund Pembatalan JD.ID Tidak Diproses dan Tanpa Kepastian

oleh Rifzal Nasrudin dibaca dalam: 2 menit
1