Akun Lapak di Bukalapak Diretas, Uang di BukaDompet Raib

Kepada Team Bukalapak,

Saya ingin menceritakan kronologi kejadian saya. Saya pemilik Lapak di Bukalapak dengan nama AndiYudhistiraGadget. Pada hari Jum’at tanggal 12 April 2019, saya mendapat notifikasi bahwa Saldo Bukalapak saya dibekukan tepat pada saat remit transaksi dari hasil penjualan handphone saya masuk, yaitu pada pukul 13.35 WIB dengan alasan “Transaksi Fraud”.

Ternyata pada saat remit transaksi penjualan handphone Samsung Galaxy S7 Edge saya itu masuk, saat itu juga akun saya diretas/dibajak oleh penipu/penjahat dan digunakan oleh si pembajak/peretas untuk bertransaksi di luar kendali atau sepengetahuan saya. Alangkah terkejutnya saya, terdapat transaksi yang tidak saya lakukan sama sekali, hingga total kerugian saya Rp9,7 juta. Saya tidak habis pikir, pembajak/peretas mencuri dan meretas tepat pada saat remit uang penjualan saya masuk di BukaDompet.

Tidak lama kemudian saya menerima email dari Team AntiFraud Bukalapak yang menyatakan akun saya diretas atau dibajak. Atas alasan keamanan Saldo BukaDompet saya dibekukan dan saya diperintahkan untuk mengubah sandi/password.

Yang saya heran, saya tidak pernah menerima pesan berupa SMS/WA/BBM/Chat dari pihak yang mengatasnamakan Bukalapak yang berisikan link/tautan mencurigakan yang mengarahkan saya untuk melakukan log in. Akun saya pun sejak awal mengaktifkan Otentikasi 2 langkah. Intinya semua prosedur keamanan sudah sesuai standar keamanan Bukalapak.

Lantas bagaimana nasib uang saya yang 9,7 juta tersebut? Mohon bantuan untuk team Bukalapak dengan kebijakannya dan kerjasamanya untuk mengembalikan uang saya di BukaDompet yang telah dibekukan untuk alasan keamanan.

Saya sangat heran kenapa bisa dibajak akun saya dan pembajak bisa masuk ke akun saya. Janganlah team Bukalapak berlepas tangan, karena dari email AntiFraud Bukalapak yang dikirim ke saya terkesan pihak Bukalapak lepas tangan atas kerugian saya. Password sudah saya ubah atas saran dari team Bukalapak. Semoga team Bukalapak membantu untuk mengembalikan uang di Bukadompet saya yang Hilang.

Terima kasih untuk Media Konsumen yang membantu terbitnya surat pembaca ini.

Andi Yudhistira
Kota Bekasi – Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan pendapat anda!



Bagaimana Reaksi Anda?
  • Suka
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Lucu
  • Kecewa
Berikan penilaian mengenai Sistem Keamanan Bukalapak:
[Penilaian Rata-rata: 2.3]
Tanggapan Bukalapak atas Surat Bapak Andi Yudhistira

Dengan Hormat, Terima kasih atas hubungan yang terjalin dengan baik antara Bukalapak dan Mediakonsumen.com selama ini. Sehubungan dengan dimuatnya Surat...
Baca Selengkapnya

6 komentar untuk “Akun Lapak di Bukalapak Diretas, Uang di BukaDompet Raib

  • 15 April 2019 - (16:03 WIB)
    Saya Sangat sedih jika bukalapak sampai lepas tangan,saya tidak pernah mengklik Chat,WA,Inbox ataupun SMS yang berisikan Link Phising yang mengarahkan saya untuk mengisi form atau meminta segala kerahasiaan Akun Saya,Penjualan Smartphone saya Cukup bagus di Bukalapak..tolong bukalapak untuk lebih menjaga keamanan Aplikasinya…saya Hanya Bukan aplikasi ini Via Smartphone,Saya tidak pernah pakai PC atau Laptop.Otentikasi 2 langkah seperti OTP pun sudahbsejak awal saya aktifkan..tolong bukalapak untuk menyelesaikan dan mengganti uang Rp.9.700.000 saya yang Raib dipakai Pembajak untuk bertransaksi secara simultan berulang diluar kendali saya,dan Anehnya Lagi Setau Saya BukaDompet sudah tidak bisa lagi dipakai untuk transaksi,tapi kenapa Pembajak Akun Saya dengan Gampangnya Menghabisi Saldo BukaDompet saya untuk melakukan Transa4 pembayaran??….itu uang adalah Hasil Remit penjualan Hape Samsung S7 Edge saya….saya bukan pengusaha besar,saya hanya pelapak dengan modal kecil.
    Semoga BukaLapak Punya Hati Nurani dan Perasaan.
    Bagaimana jika ini terjadi dengan saudaranya
      • 18 April 2019 - (20:45 WIB)
        Pihak Bukalapak menelpon Saya,BukaDompet Saya yang Sebelumnya dibekukan oleh pihak Bukalapak untuk Alasan Keamanan Sudah dibuka kembali,Namun Saya sangat Sedih dan terpukul,Kerugian Saya berupa Uang Rp9,7juta Tidak diganti oleh pihak Bukalapak karena mereka menganggap kejadian itu disebabkan oleh kelalalaian Saya dan mereka mempersilahkan saya untuk melaporkan ke jalur hukum (kepolisian)dan berhadapan dengan bagian Legal Mereka bukalapak.
        Sampai saat ini saya belum membuat membuat laporan ke Polisi Karena Saya Sudah Capek dan fikiran terkuras karena pekerjaan dan musibah ini..Biarlah Semoga Hati Nurani Mereka yaitu Pihak Bukalapak dapat terbuka dan Allah SWT memberikan Saya Kekuatan dan Ketabahan.
        • 19 April 2019 - (17:08 WIB)
          Kalo agan gak puas sama jawaban Bukalapak, agan bisa laporkan ke BPSK (Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen) setempat. Nanti mereka akan mediasi permasalahan ini. Dasar agan menuntut pertanggungjawaban Bukalapak menurut saya kuat, karena BukaDompet adalah dompet digital yang tidak memiliki izin operasional dari BI. Bisa jadi BukaDompet gak dapat izin dari BI karena masalah keamanannya kan?
          • 19 April 2019 - (19:20 WIB)
            Terimakasih atas saran dan masukannya gan,saya sangat apresiasi,mungkin akan saya pertimbangkan utk kesana dan mendalami sampai batas mana BPSK dapat menyelesaikan masalah ini..terimakasih sekali lagi gan
  • 8 Mei 2019 - (13:36 WIB)
    Lapor polisi gpp gan, sertakan bukti2, jika memang bapak tidak merasa melakukan apa yang dituduhkan oleh BL bapak harus berani melakukan tindankan lapor polisi dengan dasara uu no8 thn 1999 ada banyak pasal yg bs bpk baca disana dan digunakan utk membuat laporan terkait kehilangan dana 9,7jt itu

 Apa Komentar Anda mengenai Sistem Keamanan Bukalapak?

Ada 6 komentar sampai saat ini..

Akun Lapak di Bukalapak Diretas, Uang di BukaDompet Raib

Andi yudhistira 1 menit
6