Pencairan Dana di Shopee Pay Dipersulit

Awal kejadian tanggal 11 Mei 2019, saya belanja beberapa barang lewat e-commerce Shopee. Karena penjualnya termasuk star seller saya positive thinking aja kalau barang yang saya beli akan segera dikirim, karena saat itu saya pilih ekspedisi GO-Send instant. Tapi ternyata saya salah, seller tanpa tanggung jawab tidak mengirimkan barang yang sudah saya beli, di-chat pun gak dibalas. Saya tunggu sampai hari Senin barang tidak juga dikirim, dan chat saya gak pernah dibalas sekalipun oleh seller.

Akhirnya saya tunggu sampai tanggal 14 Mei 2019 berakhir (karena pihak Shopee bilang batas maksimal cancel otomatis tanggal 14 Mei 2019). Namun ternyata setelah lewat tanggal 14 Mei 2019 status pembelian saya masih dikemas (belum ter-cancel). Dengan beberapa pengaduan lagi ke pihak Shopee akhirnya proses pembelian saya di-cancel dan dana masuk ke Shopee Pay.

Awalnya pikiran saya agak tenang karena dana sudah masuk Shopee Pay saya bisa langsung tarik lagi uangnya. Namun ternyata belum bisa, karena saya masih dalam proses verifikasi Shopee Pay. Tanggal 14 Mei saya sudah mengirim foto KTP dan diri saya untuk proses verifikasinya. Agak heran juga kenapa proses verifikasi memakan waktu lebih dari 24 jam. Akhirnya saya hubungi lagi pihak pengaduan Shopee lewat chat, dan hasilnya ternyata proses verifikasi saya harus menunggu sampai 5×24 jam hari kerja (tidak termasuk hari Sabtu-Minggu/ hari libur).

Dari peristiwa di atas, saya merasa kok saya sebagai konsumen merasa paling dirugikan ya di sini? Udah mah waktu pembelian dicuekin sama sellernya, ngebatalinnya pun sampe harus nunggu waktu batas maksimal. Dan setelah berhasil dibatalkan, dana pun masih ditahan di Shopee Pay dengan alasan verifikasi.

Selain di Shopee saya pun sering menggunakan e-commerce lainnya di antaranya Tokopedia dan Bukalapak. Tapi pengalaman saya di e-commerce dua itu gak pernah ada masalah, apalagi terkait pembelian dan pembatalan serta pengembalian dana. Mereka lebih cepat dan sigap tanpa disertai syarat-syarat yang diberlakukan di Shopee.

Syarat veifikasi Shopee Pay di Shopee kayak yang ngajuin pinjaman online. Padahal kita cuma mau kemudahan fasilitas pengembalian dana jika ada transaksi yang dibatalkan ataupun ada dana penjualan. Memang uang yang saya yang tertahan di Shopee bagi sebagian orang gak terlalu besar, tapi buat saya uang itu cukup buat muterin modal saya sebagai pedagang kecil.

Buat pihak Shopee tolong bersikap wajarlah sama buyer, jangan dibikin ribet. Kalau bukan karena toko tempat saya belanja cuma buka di Shopee saya malas untuk transaksi di Shopee. Semoga ini pengalaman terakhir saya menggunakan aplikasi Shopee sebagai e-commerce langganan saya. Belanja di e-commerce lain lebih aman dan lebih kredibel daripada Shopee. Masalah ongkir? Kemarin saya belanja di Shopee juga saya tetap bayar ongkir kok, gak pake kupon gratis ongkir.

Tolong ya Shopee balikin segera uang saya ke rekening saya.

Lia Sri Yuliani
Bandung

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

4 komentar untuk “Pencairan Dana di Shopee Pay Dipersulit

  • 23 Agustus 2019 - (19:17 WIB)
    Permalink

    Ini pertama kali ay komplain di med sos, sy belanja di shopee , tiba 2x hrg naik 2x lipat, tentu sy batalkan krn di online lain lebih murah, yg menjd problem sdh hampir 2 bln uang sy tdk dikembalikan, dr vetifikasi ktp gagal berulang, stlh berhasil rek sy gagal di verifikasi, kt nya nama tdk sesuai, pdhl itu rek sy, lalu oleh p raymond diminta kirim no rek dan transaksi giro sy, namun stlh sy tunggu, tiba 2x ada e mail dr shoppe bila 3 hr tdk di respon, mk sistem menyatakan selesai. Pdhl uang blm kembali, saat nelp tiba tiba kt cs suara sy tdk terdengar pdhl sy mendengar suara mrk, di chat kita tdk bisa enter lalu putus terus.

    Ini spt ada suatu gelagat yg kurang baik dr sisi kesehatan keuangan shoppee,
    Masa uang 110 ribu sdh 2 bln blm juga bisa di solve.

    Sy nunggu dikembalikan, uda kapok di shoppee. Bayangkan yg kendala spt ini kan bnyk. Etika bisnis nya hrs diperbaiki.
    Case number 22316421

    • 7 Januari 2021 - (16:18 WIB)
      Permalink

      SAMA
      SY PUN BEGITU,PENGEMBALIAN DANA 2,5JT sangat di persulit,sistemnya memang sengaaja dibuat sprt itu,sy sdh bnyk baca artikel terkait mengenai konsumen/pengguna shopee,sy jg bnyk baca di kolom komentar pengguna sprt ini,detik.com,mediakonsumen fb,ig dll
      ketika klaim via cs chat selalu dibuat/di arahkan berputar tp selalu sy scrensoot agar dpt mnjadi bukti bukti bahwa sejak 2019 sampai hari ini kamis 7 januari 2021 sistem tidak diperbaiki msh tetap dibuat tertolak utk verifikasi ktp untuk engembalian dana,dan juga proses pengembalian dana sangat sangat lama,lalu sy ambil kesimpulan “iya” pasti sistem dibuat sprt ini agar uang yg sdh masuk di shopee sulit sekali keluar,sayang sekali di kolom ini tidak bisa menyisipkan foto2 scrensot saat sy berulang kali klaim via cs chat,mereka hanya memutarkan pengguna agar berputar ke email,no telp,nama pengguna,foto kendala,padahal sy sdh berkali melampirkan llewat klaim chat tp besoknya lg ditanyakan lg dan berputar sama sprt itu lg,besoknya lg sy tanyakan lg berputar lg sprt itu lg SEBENARNY INI SALAH IT NYa apa mereka sengaja membuat dan MENGGgaji org IT AGAR DIBUAT SPRT ITU/BAGIAN CS NYA YG SENGAJA NAKAL
      dan nomor PESANAN SAYA
      2101015XM710YF

      0858459671**
      sy sudarmadi
      kamis 7-01-2021 16:16 am

  • 2 Februari 2020 - (21:17 WIB)
    Permalink

    saya malas belanja di shopee pakai shopeepay, mesti verifikasi KTP dan wajah,, takut di salah gunakan oleh pihak ke 3. makanya saya selalu bayar via indomart/alfamart langsung tanpa pay pay an lah. lebih favorit belanja di bukalapak atau tokopedia

  • 20 Januari 2021 - (11:48 WIB)
    Permalink

    “Shopee” klo saya belanja disitu paling mentok 20rb-30rb (produk digital). Klo produk fisik baiknya chat seller dulu “ada stock apa kosong?”, emang sih produk2 disana murah, tp ribet pas pengembalian dana, belum juga NGERI klo data pribadi seperti upload scan KTP disalahgunakan. No offense, tapi ya emang marketplace made in China rata2 gitu (harus scan KTP / Data pribadi). Ya klo perusahaan lokal BUMN (pemerintah) sih oke2 aja, lah ini udah perusahaan swasta made in China lagi !? NGERI ! HATI-HATI guys !

 Apa Komentar Anda mengenai Shopee?

Ada 4 komentar sampai saat ini..

Pencairan Dana di Shopee Pay Dipersulit

oleh lianchie dibaca dalam: 2 menit
4