Pencairan Dana di Shopee Pay Dipersulit

Awal kejadian tanggal 11 Mei 2019, saya belanja beberapa barang lewat e-commerce Shopee. Karena penjualnya termasuk star seller saya positive thinking aja kalau barang yang saya beli akan segera dikirim, karena saat itu saya pilih ekspedisi GO-Send instant. Tapi ternyata saya salah, seller tanpa tanggung jawab tidak mengirimkan barang yang sudah saya beli, di-chat pun gak dibalas. Saya tunggu sampai hari Senin barang tidak juga dikirim, dan chat saya gak pernah dibalas sekalipun oleh seller.

Akhirnya saya tunggu sampai tanggal 14 Mei 2019 berakhir (karena pihak Shopee bilang batas maksimal cancel otomatis tanggal 14 Mei 2019). Namun ternyata setelah lewat tanggal 14 Mei 2019 status pembelian saya masih dikemas (belum ter-cancel). Dengan beberapa pengaduan lagi ke pihak Shopee akhirnya proses pembelian saya di-cancel dan dana masuk ke Shopee Pay.

Awalnya pikiran saya agak tenang karena dana sudah masuk Shopee Pay saya bisa langsung tarik lagi uangnya. Namun ternyata belum bisa, karena saya masih dalam proses verifikasi Shopee Pay. Tanggal 14 Mei saya sudah mengirim foto KTP dan diri saya untuk proses verifikasinya. Agak heran juga kenapa proses verifikasi memakan waktu lebih dari 24 jam. Akhirnya saya hubungi lagi pihak pengaduan Shopee lewat chat, dan hasilnya ternyata proses verifikasi saya harus menunggu sampai 5×24 jam hari kerja (tidak termasuk hari Sabtu-Minggu/ hari libur).

Dari peristiwa di atas, saya merasa kok saya sebagai konsumen merasa paling dirugikan ya di sini? Udah mah waktu pembelian dicuekin sama sellernya, ngebatalinnya pun sampe harus nunggu waktu batas maksimal. Dan setelah berhasil dibatalkan, dana pun masih ditahan di Shopee Pay dengan alasan verifikasi.

Selain di Shopee saya pun sering menggunakan e-commerce lainnya di antaranya Tokopedia dan Bukalapak. Tapi pengalaman saya di e-commerce dua itu gak pernah ada masalah, apalagi terkait pembelian dan pembatalan serta pengembalian dana. Mereka lebih cepat dan sigap tanpa disertai syarat-syarat yang diberlakukan di Shopee.

Syarat veifikasi Shopee Pay di Shopee kayak yang ngajuin pinjaman online. Padahal kita cuma mau kemudahan fasilitas pengembalian dana jika ada transaksi yang dibatalkan ataupun ada dana penjualan. Memang uang yang saya yang tertahan di Shopee bagi sebagian orang gak terlalu besar, tapi buat saya uang itu cukup buat muterin modal saya sebagai pedagang kecil.

Buat pihak Shopee tolong bersikap wajarlah sama buyer, jangan dibikin ribet. Kalau bukan karena toko tempat saya belanja cuma buka di Shopee saya malas untuk transaksi di Shopee. Semoga ini pengalaman terakhir saya menggunakan aplikasi Shopee sebagai e-commerce langganan saya. Belanja di e-commerce lain lebih aman dan lebih kredibel daripada Shopee. Masalah ongkir? Kemarin saya belanja di Shopee juga saya tetap bayar ongkir kok, gak pake kupon gratis ongkir.

Tolong ya Shopee balikin segera uang saya ke rekening saya.

Lia Sri Yuliani
Bandung

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan pendapat anda!



Bagaimana Reaksi Anda?
  • Suka
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Lucu
  • Kecewa
Berikan penilaian mengenai Shopee:
[Penilaian Rata-rata: 1.5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

 Apa Komentar Anda mengenai Shopee?

Belum ada komentar.. Jadilah yang pertama!

Pencairan Dana di Shopee Pay Dipersulit

lianchie 2 menit
0