Pengembalian Dana Shopee yang Tak Kunjung Diterima

Nama saya Indah Khusnia. Saya pelanggan Shopee yang sudah cukup lama. Namun baru kali ini saya sangat-sangat kecewa dengan aplikasi Shopee yang membuat saya tidak akan berbelanja lagi di Shopee.

Kronologinya adalah ketika saya membayar tagihan pesanan melalui m-banking (cek otomatis) pada 11 Juni, tetapi di aplikasi Shopee pesanan saya tidak terverifikasi. Sampai akhirnya keterangan terbatalkan pada 12 Juni. Padahal saya cek di bank, pembayaran saya berhasil.

Setelah itu saya minta pengembalian dana melalui chat bantuan, dilanjut ke email. Saya sudah ikuti semua prosedurnya, saya jawab semua pertanyaannya. Namun uang tidak langsung masuk ke ShopeePay ataupun rekening saya. Ada balasan kalau pengembalian membutuhkan waktu 2-5 hari kerja, sudah saya tunggu tapi sampai saat ini dana belum kembali (tanggal 31 Juli).

Indah Khusnia
Surabaya, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

30 komentar untuk “Pengembalian Dana Shopee yang Tak Kunjung Diterima

  • 31 Juli 2019 - (18:38 WIB)
    Permalink

    Kadang suka heran dengan jangka waktu refund yang diberikan (dipaksakan?) oleh berbagai institusi penjualan maupun yang lainnya. Sudah memaksa bahwa perlu berhari-hari (bahkan bisa mingguan ataupun lebih), eh, masih bisa kelewat pula.
    Mengingat di mana-mana transfer itu sudah realtime, bahkan antarbank sekalipun, apalagi kalau menggunakan dompet internal yang bahkan gak perlu berurusan dengan bank (karena di-handle internal sendiri), maka pasti lah yang bikin lama adalah: PROSES DI DALAM (INTERNAL) itu sendiri.

    Sekarang pertanyaannya: kenapa mesti lama? Sengaja ambil kesempatan menghimpun dana dadakan (lumayan kan beberapa hari/minggu/bulan)? Menunggu kalau bisa si empunya duit lupa/bosan nagih?
    Jelas terlihat bahwa itikad baiknya tidak ada, & hanya malas2an & dengan enggan mengembalikan duit orang lain.

    • 1 Agustus 2019 - (11:18 WIB)
      Permalink

      Saya jg mngalami hal yg sama. Penjual baru konfirmasi stok hbis stlh 4jam lbih saya transfer uangnya. Trs saya chat CS dan mngikuti prosedur yg diarahkn. Tapi tiap x saya tanyakan jawaban mereka sdng dproses,tunggu 24jam sperti itu trs. Klo cm 100-200rb sich ak lupakn aja,tpi ini uang 2jt lbih. Suruh nunggu smp kpan?

  • 2 Agustus 2019 - (17:25 WIB)
    Permalink

    saya mengalami hal yang sama, shopeepay tidak bisa di tarik ke rekening karena error.
    Semoga bisa segera di atasi.

  • 30 Agustus 2019 - (08:21 WIB)
    Permalink

    Uang sy juga blm dibalikin sama pihak shopee senilai 332.340 ke shopee pay /Rekening sy
    transaksi tgl 27 asgtus 2019 sampe tgl 29 barang blm dkirim oleh penjual karna system gosendnya sedang erorr, penjual minta klw dibatalin saja trs nnti order lg berharap system gosend di shopee sdh normal lg, tgl 29 kemarin sy batalkan pesanan sy sekitar jam 7:50WIB
    sy kira dlm wkt bbrapa menit / jam dana akan lgsg msk ke shopee pay sy, jam 10 / 11 sy cek dana blm msk di shopee pay, saat itu sy lgsg telp ke cs shopee untuk menanyakan maslaah ini , dr pihak shopee bilang “klw untuk pengembalian dana maximum butuh wkt 1×24 jam , tp bisa lebih cepat jg dari itu” disitu sy mulai kecewa knp mesti selama itu untuk balikin uang customer, pdhl sy butuh cepat untuk bisa transaksi lg tkt barang yg sy pesan keburu habis stocknya, ok lah mau gk mau sy kudu nunggu wkt 1×24 jam untuk bisa balik uang sy ,
    dan akhirnya hari ini setelah 1×24 jam sy cek shopee pay sy blm ada sepserpun pengembalian dana dr pihak shopee, sy mulai marah & sangat2 kecewa , sy lgsg telp ke cs menanyakaan knpa dana sy blm juga dibalikinnn??? alesan dr pihak shopee maaf system kita sedang erorr untuk pengembalian dana ke customer (Nama cs nya sy lupa) bener2 pihak shopee sangat2 mempersulit pengembalian dana customer, beda dgn Tokopedia uang lgsg masuk bbrpa menit/ jam ke tokocash pelanggan tnpa harus nunggu 1x24jam

  • 3 November 2019 - (00:09 WIB)
    Permalink

    Saya baru kemarin order dishopee. Pket saya tdak diverifikasi oleh pihak shopee. Bhkan membatalkan pesanan saya tnpa konfirmasi dlu. Saya punya hak atas uabg saya. Saya minta kembali kan. Malah diblas chat yg tidak penting dari tim shopee. Udah bnyak bnget yg cht omongan ny sama. Tp gk ad inisiatif untuk mengembalikan. Yg selalu beralasan dlm proses. Jika uang saya tidak dikembalikan oleh shopee saya gk akan ikhlas dunia akhirat. Gk berkah jika kalian mainkan uang pelanggan. Saya mnta kembalikan uang saya tnpa bnhak alasan dri kalian. Bukti nya cukup kok. Ad bukti transferannya.

    • 19 Oktober 2020 - (13:53 WIB)
      Permalink

      Pengajuan pengembalian dana dari shopee bertele tele,dan alasannya yg tidak masuk akal dan menunggu selama hampir 20hari. Sy ga mau donk menunggu selama itu,yg harusnya diproses tidak memakan waktu 1 jam,dan tidak berkaitan dengan bank. Proses dari bank sj hanya memakan waktu 3-7hari,bisa lebih cepat. Terlihat tidak ada itikad baik. Pihak shopee ditunggu tanggapan secepatnya.

  • 3 November 2019 - (00:19 WIB)
    Permalink

    Untuk klian yg prnh uang ny tdk dikmblikn shopee ap skrg udh diblikkn kk?
    Soal ny saya blm dikmblikn?

  • 6 November 2019 - (12:11 WIB)
    Permalink

    saya juga kecewa sama shopee, saya sudah lama menggunakan shopee untuk jual beli, baru kali ini sangat kecewa, pembayaran yang tak kunjung diverifikasi dg jumlah 400’an,, akhirnya saya batalkan. saya juga dah ikuti prosedur yang diminta,pihak shopee nyuruh nunggu 5 hari kerja, saya rasa saya akan bernasip sama denga lain yang takkan mndapatkan uangnya kembali ?

  • 23 Desember 2019 - (19:49 WIB)
    Permalink

    saya pun kecewa sama shopee , bayar tagihan internet indi***e proses nya lama gak disebutkan estimasi proses nya berapa hari saya pikir 2-3 hari selesai ini hampir mau lebih 4 hari masih dalam proses , komplen sana komplen sini jawaban nya sama ” mohon menunggu ” sampai akhir nya internet saya ter isolir otomatis warnet yang saya kelola pun gak jalan otomatis juga gak ada pemasukan yang masuk minta penjelasan kenapa masih di proses masalah gak kunjung selesai , diminta batalkan pesanan pun di suruh nunggu 3-5 hari karena sedang di tinjau di kira 3 sampai 5 hari gak butuh makan ? apa akan ada proses ganti rugi terkait hal ini ? apa shopee peduli pada kerugian yang saya alami ? rasa nya mustahil yah

  • 5 Februari 2020 - (11:27 WIB)
    Permalink

    Sama uang saya belum di kembalikan sama shopee aplikasi penipuan sytem ambur radul. Sdh 2 minggu uang saya tidak di kembalikan. Beda sama tokopedia. Transaksi gagal / resolusi dana langsung kembali cuma hitungan detik / menit. Tanpa repot hubungi cs. Saya ikhlas kan uang saya lebih baik saya hapus aplikasi shopee dari pada hp saya.

  • 20 Juli 2020 - (11:45 WIB)
    Permalink

    Untuk yg bermasalah dg pengembalian Dana di Shoppe ,kira2 uangnya pada balik ngga…
    Saat ini saya mengalami masalah yg sama, padahal pembatalan instant karena salah alamat cm beda 3 menit dari waktu transfer, seharusnya kan uang cepet masuk k shoppepay… Padahal dah bertahun tahun jd pelanggan setia baru x ini kecewa…

  • 24 September 2020 - (12:39 WIB)
    Permalink

    Saya beli laptop 7 juta ketika pembatalan uang tidak dibalikin sama shopee ke rekening, padahal katanya kalau belum verifikasi akun, dana akan dikembalikan dalam 3 hari kerja, ini sudah hari keempat, uang masih belum masuk ke rekening. dan ketika email ke shopee, mereka balasnya minta waktu 5 hari kerja, tapi terhitung dari hari ini, gk tahu uang saya masih bisa balik atau tidak. *sigh

  • 27 Oktober 2020 - (15:03 WIB)
    Permalink

    saya juga nih melakukan pembatalan karena penjualnya kayak mau nipu gitu jadi ku batalin pesanannya. karena dananya lebih dari batas maks shopeepay jadinya dana bakal dibalikin ke rekening. dari tgl 24/10/2020 sampai sekarang (27/10/2020) dananya belum masuk ke rekening padahal sudah chat cs, email juga. jawabannya cuma suruh nunggu 1 hari kalender trs suruh verifikasi shopeepay kan ga jelas, udah jelas dana maks ngapain suruh verifikasi shopeepay? toh shopeepay saya juga udah diverikasi lama. dana saya puluhan juta ga balik2 klo ini sampe ga balik parah banget sih

  • 1 Januari 2021 - (19:09 WIB)
    Permalink

    Mohon tanya apakah pengembalain dana kalaian semua akhirnya di kembalaikan pihak shopee apa tidak ?

    Soalnya saya sedang mengalami pengembalaian dana yang terlihat sangat bertele tele. Di suruh menunggu menunggu terus, dan entah samapai kapan.

    • 6 Januari 2021 - (19:03 WIB)
      Permalink

      Saya juga sekarang sedang berada diposisi yang sama, 8 hari yang lalu saya ke bank untuk top-up saldo shoppee pay saya sebesar 2,8 juta tapi setelah saya cek dan saya tunggu 1×24 jam saldonya tidak kunjung masuk akhirnya saya menghubungi agen shoppee dan mencoba menjelaskan kendala yang saya alami, saya juga disuruh mengirim bukti transfer dan nomor rekening saya setelah itu saya disuruh menunggu 1-3 hari. Dan 2 hari kemudian saya mendapatkan email kalau dana saya akan direfund ke rekening saya dalam 1-3 hari lagi. Saya sudah mulai lelah dan kecewa karena proses yang terlalu bertele-tele dan terlalu banyak menunggu. Semoga hari ini saldo bisa saya berhubung saldo itu saya akan gunakan untuk bayar tagihan Spay latter saya yg cuma diberi batas sampai besok atau akun shoppee saya dibekukan! Menurut saya disini saya sangat dirugikan terlebih lagi pihak shoppee tdak mau bertanggung jawab atas dana yg belum kunjung dikembalikan

 Apa Komentar Anda mengenai Shopee?

Ada 30 komentar sampai saat ini..

Pengembalian Dana Shopee yang Tak Kunjung Diterima

oleh Indah khusnia dibaca dalam: <1 menit
30