Transaksi Terindikasi Penipuan, BukaDompet di Bukalapak Dibekukan

Assalamualaikum wr. wb.,

Sebelumnya saya ingin mengucapkan terima kasih terhadap mediakonsumen.com yang telah menjadi fasilitas terhadap keluhan saya. Saya ingin menyampaikan keluhan terhadap Bukalapak perihal pembekuan BukaDompet saya yang hingga saat ini belum ada kejelasan.

Kronologi awal terjadi pada tanggal 2 September 2019, saya melakukan transaksi pembelian hp Samsung Note 8 di Bukalapak. Pada pukul 13.13 WIB status pembayaran saya telah dibayar, setelah sesaat sebelumnya saya melunasi tagihan transaksi tersebut dengan nomor transaksi 192374081150. Namun hal mencurigakan terjadi, yaitu saat ada seseorang menelepon saya dan dia mengatakan bahwa dia merupakan pegawai dari Bukalapak. Dia mengetahui identitas saya dan transaksi yang saya lakukan di Bukalapak terkait pembelian hp Samsung Note 8 yang tadi saya ceritakan.

Jelas ini penipuan, karena dia mengatakan bahwa sistem Bukalapak sedang bermasalah, dan singkat cerita dia meminta saya mengirimkan uang di luar tagihan Bukalapak. Karena sehari sebelumnya yaitu pada tanggal 1 September 2019 saya mengalami tindak penipuan dengan modus yang sama hingga merugikan saya sampai 13 juta lebih (terkait hal ini sudah saya sampaikan ke pihak Bukalapak juga, dan memang naas uang saya tidak bisa kembali setelah ada kejelasan dari Bukalapak).

Tentu setelah saya mendapat pengalaman sehari sebelumnya terkait modus penipuan, maka saya tahu persis bahwa transaksi ini juga bermasalah. Dan yang patut dicurigai adalah pelapak, karena seperti yang saya jelaskan sebelumnya, yang menelepon saya mengetahui identitas dan transaksi yang saya lakukan. Untuk itu saya berinisiatif melakukan pembatalan transaksi dan juga melaporkan pelapak tersebut di kolom alasan pembatalan transaksi.

Setelah transaksi batal, maka uang saya kembali ke BukaDompet saya. Namun hal yang tidak menguntungkan kembali terjadi. BukaDompet saya dibekukan, sehingga saya tidak bisa mencairkan uang saya. Saya telah melakukan penggatian password sampai melakukan reset password untuk akun Bukalapak saya. Saya juga dua kali mengirimkan email ke pihak Bukalapak terkait hal ini, namun hingga saat ini belum ada jawaban dan kepastian untuk permasalahan saya.

Saya berharap segera mendapat kepastian dari pihak Bukalapak terkait keluhan saya.

Terima kasih.

Heri Irwanda
Banda Aceh, NAD

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan pendapat anda!



Bagaimana Reaksi Anda?
  • Suka
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Lucu
  • Kecewa
Berikan penilaian mengenai Bukalapak:
[Penilaian Rata-rata: 3]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan
Loading...

2 komentar untuk “Transaksi Terindikasi Penipuan, BukaDompet di Bukalapak Dibekukan

  • 7 September 2019 - (12:05 WIB)
    Ini sistem BL rawan hacking, tapi begitu ada yang lapor, malah yang lapor ikut kena kesulitan dana hasil refund malah terkunci.

    Dengan kata lain: BL mendorong supaya tidak ada yang lapor, begitu nampaknya. Karena pelapor bukannya dikasih reward, malah dikasih kesulitan tambahan.

    Entar pasti demi membuka kunci dompet yang lapor diminta ngasih KTP & KTP seller/buyer ybs. Ngumpulin KTP ni ye…

  • 7 September 2019 - (13:04 WIB)
    Hmmm.. Masa baru sehari kena tipu 13 juta besoknya langsung transaksi lagi? Apa gak kapok n trauma? 🤔

 Apa Komentar Anda mengenai Bukalapak?

Ada 2 komentar sampai saat ini..

Transaksi Terindikasi Penipuan, BukaDompet di Bukalapak Dibekukan

Heri Irwanda 1 menit
2