Pembatalan Penerbangan Sriwijaya Air Tidak Jelas, Konsumen Harus Menanggung Biaya Pembatalan

Saya membeli tiket penerbangan untuk Makassar – Sorong SJ604 23 September 2019 pukul 04.35 WITA melalui tiket.com. Namun pada tanggal 18 Sept Pukul 16.10 WITA saya mendapat pemberitahuan dari Sriwijaya Air tentang pembatalan penerbangan. Saya sudah mencoba berkali-kali menelpon pihak Sriwijaya tapi customer service sangat sulit terhubung. Secara otomatis saya pun mencari alternatif penerbangan lain dan mengajukan refund melalui whatsapp CS tiket.com di hari yang sama pukul 17.00 WITA.

Tapi ternyata tanggal 19 September 2019 Pukul 06.40 WITA saya mendapat pemberitahuan lagi kalau ternyata penerbangan Makassar – Sorong SJ604 23 September pukul 04.35 WITA beroperasi kembali.
Dan sore harinya saya mendapat telepon dari CS tiket.com kalau ternyata refund saya dianggap “Pembatalan yang dilakukan oleh customer” sehingga refund tersebut mengikuti regulasi dari Sriwijaya Air di mana dikenakan biaya sebesar 25% dari harga basic tiket.

Saya pun mencoba kembali menghubungi pihak Sriwijaya Air tapi mereka tetap bersikeras kalau sudah sesuai ketentuan dan menyalahkan pihak tiket.com yang “mungkin” terlambat untuk memproses refund saya. Karena menurut pihak Sriwijaya jika dilakukan refund sebelum tanggal 19 Sept pukul 06.40 WITA maka uang bisa kembali 100% tanpa potongan apapun. Padahal saya sudah melakukan refund di hari yang sama melalui CS tiket.com ketika Sriwijaya Air melakukan pembatalan secara sepihak (Dari SMS yang dikirim tertulis pembatalan bukan perubahan jadwal).

Terlebih lagi saya sudah membeli tiket penerbangan baru (yang harganya sudah naik dibandingkan ketika waktu saya membeli tiket Sriwjaya pertama kali) ketika mendapat pemberitahuan pembatalan. Tentu sebagai penumpang pasti kita akan secara langsung mencari alternatif penerbangan lain ketika mendapat informasi seperti it,u apalagi waktu keberangkatan yang sudah dekat. Sebagai konsumen saya merasa sangat dirugikan oleh pihak Sriwijaya Air atas potongan refund yang dikenakan dan dengan “TERPAKSA” harus menerima karena saya juga lelah berdebat dengan pihak Sriwijaya maupun tiket.com.

Mana mungkin penerbangan profesional bisa dengan gampangnya melakukan pembatalan tanpa pertimbangan mendalam terlebih dahulu dan melanjutkan kembali penerbangan di esok harinya tanpa ada alasan yang jelas. Untuk itu saya meminta pihak Sriwijaya memberikan ganti rugi atas “KESALAHAN” yang telah mereka lakukan.

Hardy Limiyanto
Kabupaten Tolitoli, Sulawesi Tengah

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

Satu komentar untuk “Pembatalan Penerbangan Sriwijaya Air Tidak Jelas, Konsumen Harus Menanggung Biaya Pembatalan

  • 14 Mei 2021 - (00:06 WIB)
    Permalink

    Saya pernah punya pengalaman kurang menyenangkan dengan maksapai Sriwijaya Air yang melakukan pembatalan sepihak, waktu itu rute saya Silangit(DTB) – Jakarta(CGK) SJ 891 seharusnya penerbangan saya hari Senin siang dan informasi pembatalan baru masuk pada hari Minggu malam sementara saya sudah ada schedule meeting Senin sorenya jd dengan pontang panting menghubungi CS Sriwijaya untuk mengurus penggantian maskapai dan saya tidak mau dikenakan biaya tambahan apapun karena kesalahan pada pihak Sriwijaya yang terlalu mepet memberikan informasi pembatalan keberangkatannya. Keesokan harinya saya langsung ke Bandara Silangit dan minta agar penerbangan saya dialihkan ke Maskapai Citilink. Akhirnya saya bisa berangkat dengan Citilink di hari Senin itu juga. Pengalaman ini membuat saya kecewa dengan pelayanan CS Sriwijaya Air yang lambat memberitahukan informasi pembatalan penerbangan kepada calon penumpang (padahal status tiket saya masih confirmed saat saya check di situs Sriwijaya Air) ternyata menurut informasi yg saya terima memang untuk Rute Silangit(DTB) – Jakarta(CGK) SJ 891sering terjadi pembatalan mendadak sehingga membuat calon penumpang binggung dan kecewa.

 Apa Komentar Anda mengenai Sriwijaya Air?

Ada 1 komentar sampai saat ini..

Pembatalan Penerbangan Sriwijaya Air Tidak Jelas, Konsumen Harus Menan…

oleh Hardy Limiyanto dibaca dalam: 1 menit
1