Saldo Penjual di Shopee Minus

Dear Shopee,

Sebenarnya kejadian ini terjadi ketika promo Shopee 11.11. Awal mulanya penghasilan dan saldo aman, tidak ada masalah. Namun pada saat Hari H terjadi kejanggalan, awalnya penghasilan minus, tapi lama kelamaan mulai merambat ke saldo penjual.

Pertamanya saya komplain ke pihak Shopee pada tanggal 11 November 2019 ke bagian marketing Shopee yang ada di kontak saya. Dia janji untuk mem-,follow up, maka saya bersabar menunggu. Namun setelah lewat 2 hari belum ada jawaban, maka saya telepon ke CS Shopee. CS Shopee janji untuk menyelesaikan masalah. Namun setelah saya tunggu selama 2 hari lagi, masih belum beres juga. Saya telepon terus setiap harinya, dan sampai saat ini belum ada kejelasan.

Masalah ini terjadi karena ada ongkos kirim yang tidak wajar dari pihak ekspedisi. Saya sudah telepon pihak ekspedisi, tapi dia lempar tanggung jawab ke Shopee. Saya telepon lagi Shopee, tapi tidak ada jawaban, juga belum pasti masalah ini selesai.

Saya sebagai pihak penjual sungguh sangat dirugikan dengan kebijakan seperti ini. Kesalahan di pihak Shopee, kenapa harus dibebankan kepada pihak penjual? Semoga dengan surat ini dapat menjadi acuan untuk Shopee agar tidak terjadi lagi pada penjual lain.

Sekian dan terima kasih.

Tomy Hidayat
Bandung, Jawa Barat


Catatan redaksi, diperbarui 20/11/2019, 13:52 WIB. Penulis menyatakan masalah di atas telah diselesaikan dengan baik oleh pihak terkait:

Terimakasih media konsumen,
Shopee telah menghubungi saya dan berjanji akan diselesaikan paling lambat esok hari.

Semoga permasalahan ini cepat selesai dan tidak merugikan penjual lain di kemudian hari terimakasih media konsumen telah membantu permasalahan kami.

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan pendapat anda!



Bagaimana Reaksi Anda?
  • Suka
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Lucu
  • Kecewa
Berikan penilaian mengenai Jualan di Shopee:

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan
Loading...

21 komentar untuk “Saldo Penjual di Shopee Minus

  • 20 November 2019 - (10:39 WIB)
    Waduh itu serius gan jadi minus hampir 900 JUTA?! 😱 Emang saldo yg benar seharusnya berapa? 🤔
    • 20 November 2019 - (15:12 WIB)
      Saya juga mengalami hal serupa. Sekarang soldo saya minus 80jt. Saldo saya kurang lebih 15jt. Yg tertarik di satu transaksi (eror) 95jt . Mohon segera ada solusinya. Unt saya uang segitu sangat berarti unt modal bisnis dan hidup. Mohon shopee unt segera menyelesikan kasus kasus seperti ini dgn cepat. Sangat merugikan seller.
    • 20 November 2019 - (15:15 WIB)
      Nantinya sampai kapan? Merugikan sekali ini, saldo kami tertahan. Transaksi selanjutnya juga sama tertahan
  • 20 November 2019 - (15:35 WIB)
    Beginilah ketika maksud hati mau ikut2an gelombang high tech, bikin online marketplace, tapi gak mau keluar modal buat merekrut programmer2 yang handal, carinya yang murah meriah.
    Akibatnya bikin sistem error2 melulu, merugikan nama baik perusahaan, merugikan konsumen (bikin beban pikiran karena kena imbas error), bahkan kalau aspek security-nya yang bermasalah akhirnya konsumen juga yang kena (karena perusahaan berusaha mati2an jangan sampe rugi/kehilangan duit, jadi biarlah konsumen yang kerepotan diblokir atau di-tunda2 pencairan dananya demi modal sesaat).
  • 20 November 2019 - (22:36 WIB)
    No transaksi di shopee 19111211502ADV6
    Resi ninja SHP2499225598
    Saldo saya juga sama minus 95jt dan hilang sekitar 2jt saldo awal dan uang pencairan ke shopee motong minus smpe saat ini ad 3jt. Dr tgl 15 nov Sampai sekarang belum ad pengembalian. Disuruh menunggu saja. Itu karena ongkir dari ninja 1kg barang dari bandung ke jkrta 95jt/kg. Entah apa kesalahan ninja salah input ongkir entah apa emg ada kenakalan atau kejahatan cyber IT hacker pencurian uang yg masuk ke sistem ninja sehingga ongkir tidak wajar. Karena sistem shopee tidak ad filter yg membolehkan ninja motong ongkir dari saldo penjual nah ini yg salah!
    sistem shopee salah memberi acc tidak ad filter saat pemotongan ongkir dr kurir.. kan bisa saja ad kurir yg membobol atau pencurian uang dgn salah menuliskan ongkir jd 95jt jd motong saldo penjual. kurir ninja lepas tangan kabur lempar keshopee. Shopee juga terus nunggu2 ninja tanggung jawab tp krn ninja gak tanggung jawab ya shopee juga gak akan bayar2 ke saldo penjual.. kecuali emg shopee mau ganti rugi atas kesalahan sistem mereka..
    tolongshopee tanggung jawab untuk gantikan saldo saya minus 95jt dikembalikan kesaldo awal 95jt.
      • 21 November 2019 - (06:47 WIB)
        Kalau sy disuruh nunggu 3 hr tp skrg ud lewat 3hr blm ad kabar, cm jawaban dr mentor shopee nya disuruh nunggu. Apakah kita mw ramai2 protes kekantor shopee jika dlm 1 minggu tidak ad pengembalian saldo?? Kalau ad yg mau datang kekantornya info saya ya lihat ig @produsen_gulaaren

        Kedepannya tidak ush pakai ninja lagi.. karena yg menyebabkan minus itu kan potongan kurir otomatis ke sistem shopee yg motong saldo penjual jika ada kekurangan yg dibayarkan pembeli.. nahhh artinya shopee ngasih peluang ke ninja untuk berbuat nakal kan? Berat 1kg dibuat ongkir 95jt jd otomatis saldo kita motong buat gantiin ongkirnya ninja yg 95jt itu jelas kebocoran sistem shopee

    • 21 November 2019 - (08:13 WIB)
      Ayo kita bikin komunitas atau grup yg terkena imbas minus saldo supaya bisa komplain sama2 diganti sama shopee?? Mau kah? Klo sudah viral.masuk media.polisi dan peraturan pemerintah yg mengatur uang elektronik akan turun tangan
  • 21 November 2019 - (02:49 WIB)
    Pakai silambat ya? Syaa pernah tuh..dah emang dilempar ke silambatnya ama shopee..untung aja dibaliin ama silambat.

    Skrg saya dah jera pakai silambat.
    Skrg Cuman pakai JNT dan JNE aja karena owner franchisenya kebetulan 1 orang, klo ada apa2 gampang, dan ga pernah salah ongkir juga..klo ongkir kurang krn salah berat, langsung konfirm dulu mau lanjut atau batal shipment.

  • 21 November 2019 - (07:01 WIB)
    Sudah terselesaikan ya pak tomi masalahnya? Punya saya belum, sepertinya saya juga perlu menulis berita seperti ini. Baiklah

    Transaksi
    19111116508NK8C memiliki rincian pembayaran yg aneh. Ongkos kirim yg dibebankan -95.845.500 . Sampai akhirnya pesanan diterima oleh customer, saldo seller saya menjadi minus puluhan juta. Saya sdh lapor ke CS pada tanggal 16 November 2019 dan diminta menunggu 1-3hari unt penanganan. Sampai hari ini, 21 November 2019 saldo saya belum juga kembali ke yang seharusnya. Saya sudah menghubungi kembali shopee via chat, email dan telepon, semuanya sama meminta untuk menunggu.

    Saya sangat kecewa karena masalah ini restock barang saya terhambat. Semoga dengan tulisan ini shopee bisa segera menyelesaikan masalah saya dan teman teman lainnya juga. Semoga tidak ada lagi pihak pihak yg dirugikan oleh siapapun dimanapun. Aamiin YRA

    • 21 November 2019 - (08:20 WIB)
      Sama sy juga sudah lewat 3 hari tp blm ad tindakan dan masih disuruh nunggu.. krn shopee juga nunggu dr ninja permasalahannya.. nah gmn klo ninja ga jawab2 ampe kiamat uang kita gak akan digantiin.
      Kayaknya selain harus buat surat pembaca dimedia konsumen, kita harus bikin grup siapa aj yg terkena minus.. lalu kita komplain bareng2 kekantor shopee dijakarta saya punya alamatnya. Dan sy juga rencana mau protes kekantor shopee minggu depan. Tp klo suaralebih dari 1 orang lebih cepat ditanggapi.
      • 21 November 2019 - (08:38 WIB)
        Td pagi saya kontak cs kmbali, kalau blm juga dikembalikan saldo nya saya bilang akan up ke media. Kemudian di janjikan akan diprioritaskan.

        Dari keterangan pembuat artikel ini, masalah beliau sudh selesai ditangani. Saya sedang memverifikasi akun. Kalau sudh terverifikasi saya jg akan membuat artikel masalah saya.

        Kak hani, coba dulu melakukan hal yg sama sebelum langsung ke kantor shopee. Semoga kita segera dpt menerima saldo seller yg semestinya kembali ya. Aamiin

        • 21 November 2019 - (11:19 WIB)
          pakai kurir apa kok bisa minus gitu? cara cek saldo yg terkena minus gimana? Sy mau audit juga transaksi di akun saya
          • 21 November 2019 - (11:32 WIB)
            Ninja ekspess. Bisa kontak saya ig saya kirim rincian transaksi bermasalahny
        • 21 November 2019 - (13:16 WIB)
          Iya ka juli, td siang jm 12 alhmdulillah ada jawaban dari CS shopee setelah sy berulang2 tiap hr email mereka. Mereka bilang ada kesalahan input dari ninja untuk ongkos kirim yg dibebankan kepenjual, jd tunggu 2-5hr diluar hr kerja untuk pengembalian saldo shopee. semoga apa yg ditunggu benar dikembalikan ya.. amiin
          Jadi pelajaran jangan sembarangan pakai kurir. Sama jgn kelupaan nyimpan saldo diakun marketplace manapun harus lgs tarik. Karena mereka bukan lembaga bank tidak dibawah naungan pemerintah apalgi.
  • 22 November 2019 - (11:56 WIB)
    Kalo dari pengalaman saya dulu, settingan ongkir ditanggung penjual terceklis sendiri, padahal ga saya ceklis, alhasil minus
  • 22 November 2019 - (13:56 WIB)
    saya sudah di janjikan sebelumnya dari pihak shopee masalah ini akan clear pada hari selasa saya di telpon esok hari nya akan beres eh…. ternyata cuman Prank parah nih shopee .
    jika masalah ini tidak beres senin sekarang saya akan datangi kantor shopee meminta tanggung jawab atas permasalahan ini dan saya akan lapor ke pihak berwajib karna ini sangat merugikan penjual umkm kecil seperti saya .
    • 22 November 2019 - (15:03 WIB)
      Jangan sekali-kali percaya dengan *janji*, apalagi kalau sudah menyangkut pemberitaan secara publik. Karena pihak yang menerima komplen pasti sangat menginginkan agar komplen yang sudah dibuat & diketahui publik diralat/ditarik kembali/dipandang sudah terselesaikan.
      Di samping itu, pihak yang “berjanji” ataupun yang melakukan tanggapan/reply/komen “sudah terselesaikan” bisa jadi adalah bagian humas/PR, sementara yang melakukan aksi nyata belum tentu ybs (baca: bagian lain, yang belum tentu sudah bekerja/melaksanakan apa yang ditugaskan, catatan: ini asumsinya memang tanggapan tersebut sungguh2 ya, bukan cuma sekedar kata2 belaka).
      • 22 November 2019 - (15:18 WIB)
        padahal saya sudah kasih tanggapan positif terkait masalah ini , malahan tadinya saya minta media konsumen untuk menghapus postingan ini jika masalah ini selesai .
        alhasil saya hanya di bohongi saya ga ngerti kenapa masalah ini bisa berlarut sekaliber ecommerce terbesar shopee menghandle masalah ini begitu lama .
        dan saya tidak paham banyak bagian yg menjanjikan masalah ini selesai dengan estimasi waktu yg di berikan tapi kenyataannya saya masih di bohongi .
        ahh sudahlah memang masalah ini harus di viralkan terlebih dahulu agar dapat perhatian lebih kayanya .

 Apa Komentar Anda mengenai Jualan di Shopee?

Ada 21 komentar sampai saat ini..

Saldo Penjual di Shopee Minus

oleh lets_store dibaca dalam: 1 min
21