Pihak J&T dan Shopee Tidak Mau Bertanggung Jawab Atas Kerusakan Paket

Sebagai seller di Shopee, saya ingin menyampaikan keluhan terkait kerusakan paket dengan No. Resi: JP5526362273 dan JP4305809725.

Kepada Pihak J&T:

Paket tersebut packing menggunakan box, bubble wrap, dan sticker fragile + unboxing. (Kondisi paket / produk masih baru, bersegel, dan box masih bagus dari distributor) Pada saat penerimaan paket / video unboxing oleh pembeli, kondisi bubble wrap melar dan box paket rusak / sobek / penyok dan produk tidak berfungsi dengan baik.

Kejadian tersebut pihak J&T menyalahkan pengirim jika packing kurang sesuai standar. Sebenarnya siapakah yang menjadi pemilik jasa pengiriman tersebut? Apakah saya? Sebagai pemilik / penyedia jasa pengiriman seharusnya melakukan penanganan paket dengan baik / tidak semena-mena (bukan dilempar-lempar, ditindih, dsb). Chat CS J&T tidak menunjukkan rasa penyesalan / bersalah tapi arogan. Bagaimana pertanggungjawabannya?

  • No. Resi: JP4305809725 (Pengiriman ke Kalimantan) Paket tersebut packing menggunakan box, sticker fragile + unboxing. Paket ini tidak diajukan komplain oleh pembeli tetapi penilaian / tuduhan pembeli cukup mempengaruhi rating toko saya yang disebabkan penanganan paket yang buruk oleh pihak J&T. Saya stok banyak toples (kualitas tebal) dari luar kota tapi tidak ada kendala rusak seperti kondisi ulasan / retak. (Paling buruk penyok sedikit)

Kesimpulan: Kedua bukti tersebut sangat jelas jika penanganan paket J&T dari Jambi ke Kalimantan tidak baik / semena-mena (dilempar, ditindih, dsb)

Bagaimana pertanggungjawabannya, wahai J&T?

Untuk Pihak Shopee:

Pihak Anda bertindak tidak adil dan profesional dalam mengambil keputusan. Bukti-buktinya yang dikirim sangat jelas tetapi pihak Anda ingin segera menutupi kasus tersebut. Selain itu pada saat saya ingin menambahkan bukti tetapi sistem Anda cacat. (Cek Video Bukti) Akhirnya kasus ditutup, saya tidak bisa melanjutkan komplain lagi.

Jawaban andalan Chat CS Shopee: Bersihkan cache, update terbaru, dsb. (Tidak berpengaruh) 🤦🏻‍♂️

Video Bukti: https://photos.app.goo.gl/5Wtw9rQz3SR6E5u89

Paulus Susanto
Jambi


Catatan redaksi (diperbarui 25/4/2024): Penulis menyatakan masalah di atas telah diselesaikan dengan baik oleh pihak-pihak terkait.

 

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

8 komentar untuk “Pihak J&T dan Shopee Tidak Mau Bertanggung Jawab Atas Kerusakan Paket

  • 15 April 2024 - (16:55 WIB)
    Permalink

    shopee.. aplikasi yang bakalan saya uninstall setelah kasus pengembalian dana selesai dan pengiriman pembelian selesai

  • 15 April 2024 - (20:27 WIB)
    Permalink

    Tanda fragile hanya formalitas dilapangan ya tetep ditumpuk dan dilempar kurir Reg seperti itu

  • 16 April 2024 - (03:58 WIB)
    Permalink

    Ya kl harus mulus sampai buyer ya tdk bakalan bisa, jasa kirim apapaun ya tdk bisa, mungkin kl packing kayu dan kirim pake reguler bisa sedikit aman. Apa kl sdh diberi striker fragile dan peringatan spt itu paket akan di istimewakan, dikirim khusus kl perlu kirimnya diberi bantal biar tdk rusak? Ya tdk kan, pasti dicampur dgn paket lainnya. Kl barang mudah pecah harusnya barangnya yg diberi bubble bukan packingannya, pengalaman saya spt itu, meski packing rusak, penyok dll, barang tetap aman.

    • 16 April 2024 - (10:31 WIB)
      Permalink

      Packing jelas kurang aman. Paketan ngga fragile jualan sy aja dr Jakarta ke Jadetabek jauh lebih tebal dr punyamu. Bahkan mau yg via ojol sekalipun, packing sudah diantisipasi tahan jatuh dan anti air). Tapi wajar sy ngga pelit packing krn margin per produk bisa ratusan ribu. Produk yg ada dusnya masih sy kasih outer box lagi (memang beli/sediakan kotak dus berbagai ukuran, kadang bisa reuse box dr Blibli, dll.), lalu masih di wrap stretch film hitam 2-3 lapis tiap sisi dan lakban fragile unboxing plus kombinasi lakban khusus marketplace nya). Per produk biaya packing sy bisa 5-20rb sendiri (tapi yg penting aman dr bantingan dan tangan jahil, pdhl nama produk sy print dan bisa di search namanya dan tau harga jutaan, krn kurir jg mikir mo tuker isi ngga mgkn bisa bungkus seperti semula). Setahun belum tentu ada masuk komplain 1x, dan kalaupun ada, biasanya “mohon bantuan cek ekspedisi”). Stlh sy telusuri toko kamu, byk jual barang receh 10.000-40.000 juga, dan tidak disediakan link khusus utk checkout bubble+dus. Utk paket 1 yg toples 10.000, sy jg nyerah, bingung margin nya kalo dikirim, rugi iya. Toples kek gitu jg sy ada beli, dan penjualnya menerapkan minimum jumlah yg bisa dibeli, utk menekan biaya packing (dan itupun sy checkout bubble dr dia, beli toples aja ngga bakal diproses kirim), jd mgkn itu bisa kamu terapkan. Utk yg sparepart Kurumi, setelah bubble barangnya (bukan luarnya), cari box lagi yg ukuran lebih besar sedikit, dan celah/space antar box tidak lupa harus padat selipin bubble lagi atau kertas koran dsbnya. Jika ada rongga di box kita, pasti akan berubah bentuk parah sesampai di tujuan.
      Pengalaman belanja PO kopi toples kaca Nescafe Blend 37 100gr dr Batam, bubblenya setebal 3cm ada… Dilempar pun tuh toples ngga akan pecah, seaman itu.

  • 16 April 2024 - (10:22 WIB)
    Permalink

    Yg pake tulisan fragile bukan anda seorang. Bagaimana caranya mengirim paket tampa ditumpuk jika paket anda digabungkan dalam 1 mobil box besar.

    Apapun jasa kirim yg anda pake, pasti paket anda tetap ditumpuk kecuali anda memakai kiriman instan seperti gojek atau grab. Jadi klo paket anda mudah pecah, adalah kewajiban anda utk melindungi paket anda sendiri dengan bubble warp berlapis atau sekiranya bubble warp tidak cukup juga gunakan paking yg lain. Namun Sekiranya masih pecah berarti paket anda ga cocok untuk pengiriman jarak jauh

    Penuhi persyaratan yg diajukan oleh jasa kirim. Krn itu akan dijadikan alasan jasa kirim utk menyalahkan anda jika ada suatu masalah.

  • 16 April 2024 - (11:21 WIB)
    Permalink

    barang pecah belah, dibungkus bubble wrap 2 lapis tipis….
    seharusnya di dalam box itu dibungkus pula ama bubble wrap minimal 4 lapis

    bagian luar juga minim 4 lapis

    kalo cuma 2 lapis di luar doank, ya garansi pasti pecah mah itu

  • 17 April 2024 - (04:47 WIB)
    Permalink

    Karena kamu mau pendapat dari netizen media konsumen.
    Maka saya juga turut berpendapat.
    Ya benar, packinganmu kurang aman.
    Saya jualan handphone btw, sering kirim pakai J&T, bubble didalam 3 lapis, lapisin dus luar, dibubble lagi 3 lapis, jadi mau dilempar dari atas truknya mereka juga aman.
    Kalau sesuai yang di foto itu emang gak aman, saya mesti nilai sesuai foto.

    • 17 April 2024 - (07:10 WIB)
      Permalink

      Sy jualan skincare aja kirim ke Jateng, Jatim, DIY pasti nambahin bubble gak berani disamain dgn pengiriman Jabodetabek. Soalnya udh sering liat video kurir lempar2an paket di gudang. Apalagi pas dianter, kurir bs bawa sampe seratusan paket, digabung semua dlm karung, udh gak bs ada paket istimewa lg dah. Ada kurir yg pernah ngomong, di pengirim paketnya isinya kue, di kurir yg cm sekedar paket aja, gak mungkin dia jagain itu paket. Sebagai pengirim lbh baik kita antisipasi agar gak sampe merusak isi, tebelin bubble dlm dus, bukan di luar dus. Pengalaman sy, di luar dus bubble akan lbh mudah rusak karna tertekan paket lain dan dus itu sendiri. Sy jg sering terima returan paket COD, dusnya penyok tp dlmnya gak rusak karna bubblenya cukup tebal utk menahan benturan, dibantu dgn pengorbanan dusnya yg rela penyok demi melindungi isi.

 Apa Komentar Anda?

Ada 8 komentar sampai saat ini..

Pihak J&T dan Shopee Tidak Mau Bertanggung Jawab Atas Kerusakan P…

oleh Paulus Susanto dibaca dalam: 1 menit
8