Paket Nyasar dan Hilang, SiCepat Ekspres Belum Mengembalikan Dana

Saya adalah salah satu seller di Shopee. Tanggal 21 Oktober 2019 ada orderan dengan nomor pesanan Shopee: 19102120345DSWP, pengiriman SiCepat Ekspres dengan nomor resi pengiriman: 000258623745. Tanggal 22 Oktober 2019 paket saya di-pick up oleh kurir SiCepat Ekspres yang bernama Arimardiano. Biasanya setelah di-pick up kurir, malamnya status pengiriman akan otomatis berubah di aplikasi Shopee.

Tanggal 23 Oktober 2019 status pengiriman belum juga berubah/tidak ada update. Setelah saya hubungi kurir SiCepat Ekspres (Arimardiano) dinyatakan bahwa temannya salah input dan salah tempel paket. Sehingga paket yang seharusnya dikirim ke Cikarang barat malah nyasar ke Cirebon. Disarankan oleh Arimardiano untuk menghubungi atasannya yang bernama Risman di 0856401389**.

Tanggal 24 Oktober 2019 saya menghubungi Risman dan menceritakan kejadiannya. Risman membenarkan bahwa paketnya nyasar ke Cirebon, dan sudah di info ke SiCepat Pusat agar proses Pengembalian/Refund. Permasalahannya transaksi di Shopee saya jadi “nyangkut”. Pembeli tidak mendapat barang, komplain ke saya, uang juga tidak bisa kembali ke pembeli karena status pengiriman tidak update. Status pesanan di Shopee saya juga terancam dibatalkan otomatis oleh sistem Shopee, dikarenakan tidak ada update pengiriman, jadi dianggap belum mengirim.

Saya minta Risman untuk meneruskan paket dari Cirebon ke Cikarang, dan segera update status pengiriman. Berdasarkan pengalaman saya mengirim paket, biasanya ekspedisi lain akan melakukan hal ini. Namun tidak oleh Risman dari Tanggal. Solusi dan prosedur yang diambil adalah proses refund atau pengembalian paket yang telah nyasar ke Cirebon dan menawarkan saya untuk kirim 1 paket lagi dengan nomor resi yang sama agar pesanan saya tidak dibatalkan oleh pihak Shopee dan status pengiriman jadi ter-update. Jadinya paket yang saya kirim jadi 2 atau double.

Saya menyetujui untuk kirim 1 paket lagi pada tanggal 24 Oktober 2019 malam. dan keesokannya saya lihat status pengiriman yang “nyangkut” sudah ter-update. Tanggal 25 Oktober 2019 paket sudah diterima pembeli. Permasalahan di Shopee sudah selesai, saya hanya tinggal menunggu paket yang nyasar ke Cirebon dikembalikan atau refund uang ganti rugi.

7 November 2019, setelah ditunggu lama yaitu 2 minggu, paket yang nyasar tidak dikembalikan ke saya, dan dari Risman tidak ada kabar. Kembali saya menghubungi Risman dari SiCepat, dan katanya akan dilakukan proses refund uang, bukan retur paket lagi.

11 November 2019 kembali saya menanyakan mengenai uang refund yang dijanjikan. Jawaban Risman adalah menyuruh saya menunggu karena sudah dibuatkan tiket laporannya, nanti Pusat yang klaim. Di sini sebenarnya saya sudah merasa agak aneh, yang salah adalah karyawan cabang SiCepat Sawah Besar, salah input dan salah tempel paket, kok malah minta refund ke pusat?

18 November 2019 kembali saya menanyakan perihal refund, jawaban yang saya dapat adalah “di tunggu saja kak, saya juga kurang tau berapa lama”. Sangat tidak bertanggung jawab sekali jawabannya, langsung saya telepon meminta kejelasan. Saya menanyakan kenapa refund klaim ke pusat, sedangkan yang salah mereka karyawan di cabang. Seharusnya yang ganti rugi adalah langsung dari kantong mereka sendiri. Seperti ekspedisi lain saya pernah kejadian serupa, melakukan penggantian dari kantong pribadi, karena yang salah bukan pusat. Seharusnya sadar diri, juga bisa bertanggung jawab jika melakukan kesalahan. Dijawab oleh Risman prosedur atau SOP mereka memang seperti itu.

Saya juga menanyakan kenapa mau klaim refund tapi sampai sekarang tidak meminta bukti invoice nilai nominal pesanan. Aneh sekali mau refund tapi tidak meminta bukti invoice nominal pesanan. Dijawab akan proses refund oleh pusat langsung ke Shopee. Lebih aneh lagi saya pikir, pesanan di Shopee sudah selesai, karena saya kirim paket yang ke-2 sudah sampai ke pembeli. Jadi bagaimana caranya pesanan yang sudah selesai di sistem Shopee akan diproses refund lagi lewat Shopee?

Tanggal 19 November 2019, karena tidak ada perkembangan mengenai proses refundnya
saya memutuskan untuk menghubungi Call Center SiCepat di 021 5020 0050 dan disuruh untuk email ke customer.care@sicepat.com melampirkan invoice transaksi tersebut melalui email, yang padahal sudah kami kirimkan pada kurir di sini. Setelah saya kirimkan email tersebut namun tidak ada balasan sama sekali (bahkan sampai saat saya menulis surat/artikel ini belum ada balasan).

Tanggal 23 November 2019 saya kembali menghubungi Call Center SiCepat Ekspres. Namun masih disuruh tunggu kembali untuk proses refund tersebut, tidak ada kejelasan hanya disuruh menunggu. Sampai sekarang saya menulis surat ini, sudah sebulan, tidak ada refund dari SiCepat Cabang Sawah Besar maupun dari SiCepat Pusat.

Andry
Jakarta Pusat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan pendapat anda!



Bagaimana Reaksi Anda?
  • Suka
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Lucu
  • Kecewa
Berikan penilaian mengenai SiCepat Ekspres:
Loading...

2 komentar untuk “Paket Nyasar dan Hilang, SiCepat Ekspres Belum Mengembalikan Dana

  • 1 Desember 2019 - (16:28 WIB)
    Seharusnya barang tidak dikirim ulang sehingga proses penyelesaian hanya fokus pada paket yang nyasar / salah kirim oleh ekspedisi. Mengirim ulang pesanan pembeli memang tindakan yang sangat baik, patut diapresiasi, tetapi penyelesaian atas paket yang nyasar menjadi diluar sistem Shopee.

    Jika paket yang nyasar tidak dikirim ulang, proses penyelesaian akan melibatkan Shopee karena nomor resi sudah masuk di sistem Shopee. Kemungkinan Shopee akan melakukan investigasi atas kasus tersebut. Memang akan memakan waktu yang lama, tetapi karena kesalahan bukan pada penjual, pembeli akan bisa memaklumi, dan pembeli juga pasti akan mengajukan komplain kepada Shopee atas paket yang nyasar.

    Oleh karena penjual telah mengirim ulang paket yang nyasar maka penyelesaiannya hanya antara penjual dan ekspedisi saja. Semoga proses return atau refund oleh pihak ekspedisi cepat selesai.

  • 1 Desember 2019 - (18:00 WIB)
    Setuju dengan komen yang di atas saya.
    Yang saya rada mikir, kelihatannya barang yang dipertransaksikan tidak berharga terlalu mahal? Karena simpel saja langsung bikin transaksi yang kedua sementara yang pertama masih nyangkut.
    Bayangan saya sih mungkin misalnya saja casing HP yang murmer. Gak kebayang kalau misalnya saja casing HP ratusan ribu, atau HP/laptop harga jutaan atau bahkan belasan hehehe.

 Apa Komentar Anda mengenai SiCepat Ekspres?

Ada 2 komentar sampai saat ini..

Paket Nyasar dan Hilang, SiCepat Ekspres Belum Mengembalikan Dana

oleh Andry Andry dibaca dalam: 3 min
2