Internet IndiHome Mati, Teknisi dan Plasa Telkom Saling Lempar Tanggung Jawab

Nomor IndiHome saya: 152303341849. Pada hari Jumat, 29 November 2019 sekitar pukul 17.00, tiba-tiba koneksi internet terputus. Lalu saya coba restart beberapa kali, tetap saja tidak bisa. FYI, lampu yang menyala pada modem hanya Power, PON, LAN4, WLAN. Sedangkan lampu internet mati tidak jelas kenapa sebabnya. Namun anehnya, UseeTV-nya tidak kenapa-kenapa, masih bisa lancar seperti biasa.

Lalu pada 29 November malam sekitar jam 22.00, saya telepon 147 untuk menyampaikan keluhan saya. Namun setelah coba di-reset dari pusat tetap saja gak bisa. Setiap hari akhirnya saya telepon untuk follow up, karena tentu internet sangat berguna bagi pekerjaan saya.

Singkat cerita, pada hari Selasa, 03 Desember pukul 08.00, ada telepon masuk ke HP saya dan mengaku sebagai teknisi dari IndiHome. Dia bilang user IndiHome saya tercabut aksesnya. Padahal saya tidak pernah terlambat untuk bayar, dan ini sungguh mengecewakan saya. Ybs menyarankan saya untuk segera ke Plasa Telkom agar segera di-reset dan internetnya bisa kembali, karena banyak kasus juga dari IndiHome yang tiba-tiba user aksesnya tercabut. Karena dengan teknisi datang ke tempat tidak membantu juga menurut penuturan ybs.

Kemudian pada hari yang sama 03 Desember saya pergi ke Plasa Telkom di Jl. Dinoyo Surabaya. Lalu, ditanya permasalahannya apa. Lucunya lagi CS yang layani saya tidak bisa menjawab permasalahan saya, sampai perlu tanya ke bosnya lah, tanya ke rekan lah. Ybs menyimpulkan ada kesalahan sistem yang menyebabkan user saya tercabut. Di sana saya hanya diminta foto KTP saja dan nomor HP yang aktif untuk kepentingan laporan. CS tersebut menyampaikan bahwa nanti akan ada teknisi datang paling lambat 3×24 jam. Tentu saya ngomel, ini sudah nunggu dari tanggal 29 november tidak ada kejelasan, ke Plasa Telkom zonk, dikirain di Plasa Telkom, sistem di-reset, selesai. Ternyata harus tunggu lagi teknisi datang, katanya untuk di-reset/atur ulang oleh teknisi.

Pada Rabu 04 Desember 2019, saya menerima telepon lagi dari teknisi yang sama, dan berkata “Loh internetnya masih belum bisa Bu? Ibu sudah ke Plasa Telkom kan?”. Saya bilang iya kemarin sudah ke sana. Dan teknisi berkata harusnya di Plasa Telkom aja udah langsung bisa tanpa teknisi datang. Lah kok jadi saling lempar tanggung jawab? Kalau masih seperti ini terus, mending saya ganti ke provider internet yang lain saja, daripada terus digantung tanpa ada kejelasan.

Jeffrine Fedora Manoarfa
Surabaya, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Telkom IndiHome:
[Total:80    Rata-Rata: 2.1/5]
Tanggapan PT Telkom atas Surat Pembaca Ibu Jeffrin Fedora Manoarfa

Kepada Yth. Redaksi Surat Pembaca MEDIA KONSUMEN, Menanggapi Surat Pembaca dari Ibu Jeffrin Fedora Manoarfa di Media Konsumen (4/12) berjudul:...
Baca Selengkapnya

Loading...

12 komentar untuk “Internet IndiHome Mati, Teknisi dan Plasa Telkom Saling Lempar Tanggung Jawab

  • 4 Desember 2019 - (19:27 WIB)
    Permalink

    Hahaha, seperti biasanya, kanal2 resmi baik 147, plasa, teknisi, & bahkan Twitter saling tidak sinkron & bahkan terkesan asmuni (asal bunyi) serta adu copas template.
    Padahal id pelanggan sudah jelas, keluhan juga sudah jelas. Yang gak jelas memang solusinya.

    Paling tidak saya pake internet dari toko sebelah, di samping amat sangat juarang sekali gangguan, sekalinya ada gangguan semua kanal CS kompak. & bahkan sebelum saya komplen pun saya sudah dikirimi e-mail duluan, menyatakan bahwa ada gangguan beserta estimasi waktu penyelesaiannya (hitungan jam ya, bukan hitungan hari…). & selalu problem terselesaikan sebelum waktu estimasi tersebut terlampaui.

    Jadi rasanya sudah bener kalau berniat pindah ke lain hati.
    Salam dari mantan pelanggan speedy.

    • 4 Desember 2019 - (21:41 WIB)
      Permalink

      betul sekali, jawaban dari semuanya tidak ada yang sama dan saling lempar, akhirnya pelanggan yang kebingungan. Tidak ada pilihan lain selain ini 🙂

  • 4 Desember 2019 - (21:39 WIB)
    Permalink

    Update 04 Desember pukul 17:50

    Barusan saya mendapat telfon dari 147 yang permohonan maafnya, karena ada error dari sistem Indihome yang menyebabkan akun user saya terhapus. Sehingga saya disuruh untuk menunggu, sembari akan selalu di update by phone. Saat ini menurut ybs, kasus ini sudah diserahkan pada pihak Back-End dan sedang diatasi permasalahannya. Tidak ada kepastian kapan akan selesai, namun ybs menjanjikan secepatnya akan selesai dan seharusnya memang tidak perlu teknisi datang , cukup reset di sistem saja. Namun, apabila memang reset di sistem tidak memungkinkan juga, maka teknisi akan datang

    • 4 Desember 2019 - (23:32 WIB)
      Permalink

      Ngeri bener: “error sistem yang menyebabkan akun user terhapus”…
      & lebih ngeri lagi: kok bisa ada kejadian error macam begini (akun user *terhapus*)??? Bandingkan dengan di komputer atau di smartphone, mana bisa tidak ada hujan tidak ada angin ada file yang terhapus. Biasanya file “terhapus” kalau user memakai software cleaner yang kurang canggih kualitasnya.
      Apa begini yang terjadi (ngeri bener2 dong)?

      Nah, kalau bukan begini yang terjadi, berarti ada kejadian lain yang terjadi yang “ditutup-tutupi” dengan pake alasan “error sistem (yang menyebabkan akun user terhapus).”

      Yang kedua, berarti bener apa kata si teknisi, & ngasal aja tuh petugas yang nyuruh nunggu teknisi?
      Bukti bahwa orang di lapangan (baca: teknisi) (yang kemungkinan gaji bulanannya lebih rendah dibanding yang duduk di ruangan ber-AC) belum tentu lebih “tidak ngerti” dibanding dengan orang kantoran.

  • 5 Desember 2019 - (09:00 WIB)
    Permalink

    sepertinya kasusnya juga kena dikantor saya kemarin.
    kebetulan kantor saya Deket dengan perbatasan Jakarta Tangerang, dan internet saya ngambil dr jalur jakarta, nah ada aturan dr jakarta kalau kabel ga boleh diatas jalanan harus dijalan, jadi langsung tuh di cabutin semua kabel jalanan termasuk kabel utama indihome.
    setelah dipindah ke kabel jalur Tangerang, beberapa kali bermasalah, dan sampai akhirnya setelah beberapa hari lampu internet mati.
    untungnya saya adalah, setelah saya komplain di myindihone, saya juga info ke teknisi lapangan yg biasa nanganin daerah situ supaya segera di atasi. dan akhirnya, ya ga lama bisa teratasi.

    • 5 Desember 2019 - (09:08 WIB)
      Permalink

      Saya juga sudah berkali kali meminta teknisi untuk datang kerumah tapi tidak pernah di indahkan.

  • 5 Desember 2019 - (11:05 WIB)
    Permalink

    Update 05 Desember 2019 pukul 09:30

    Barusan saya dihubungi oleh Ibu Ida dari Telkom, ybs menjelaskan bahwa saat ini indihome sedang ada migrasi database lama ke database baru, yang menyebabkan ada beberapa data “terhapus”. Unfortunately, punya saya ini adalah salah satu yg terhapus. Katanya ada beberapa customer yang complain seperti demikian. Sepertinya kurang koordinasi antara atasan, back-end dan front-end sehingga alasan mereka tidak pernah singkron. Baru melalui Bu Ida ini saya benar-benar paham mengapa kok user saya terhapus. Dan ada misscommunication antar semua pihak, terutama teknisi dan plasa telkom yang malah saling lempar tanggung jawab, yang seharusnya kurang dari 3 hari complain di Indihome kelar, lah ini hampir seminggu belum juga kelar. Kita lihat saja bagaimana respon mereka dalam masalah ini

    Update 5 Desember 2019 pukul 10.07
    Lampu internet menyala dan internet sudah bisa digunakan kembali

 Apa Komentar Anda mengenai Telkom IndiHome?

Ada 12 komentar sampai saat ini..

Internet IndiHome Mati, Teknisi dan Plasa Telkom Saling Lempar Tanggun…

oleh Alex Yamin dibaca dalam: 1 min
12