Apakah Tagihan Telkom IndiHome untuk Bulan yang Diblokir Harus Dibayar?

Saya pelanggan IndiHome Telkom yang taat bayar. Setiap bulan sebelum tanggal 20 saya selalu membayar tagihan atas layanan fasilitas yang diberikan oleh Telkom. Karena kalau tidak bayar pasti terblokir dan tidak bisa nikmati layanan dimaksud pasca tanggal 20 dst.

Singkat cerita, saya melewati tanggal 20 Desember belum bayar dan terblokir alias tidak menikmati layanan dari tanggal 21 Desember hingga surat ini saya tulis 17 Januari. Tapi herannya kok tagihan muncul 2 bulan (Des & Januari)?

Apa ini cara membodohi konsumen?! Karena menurut saya, kewajiban apa yang harus saya penuhi sementara hak (di bulan Desember) tidak saya dapatkan? Jelas ini tak masuk logika akal sehat.

Mohon pencerahan, terima kasih.

Machfudz
Palu, Sulawesi Tengah

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Telkom Indihome:
[Total:86    Rata-Rata: 2.2/5]
Tanggapan PT Telkom Witel Sulteng atas Surat Bapak Machfudz

Terima kasih kepada mediakonsumen.com yang telah menayangkan surat keluhan pembaca Bapak Machfudz pada tanggal 19 Januari 2020 terkait keluhan “Apakah...
Baca Selengkapnya

Loading...

28 komentar untuk “Apakah Tagihan Telkom IndiHome untuk Bulan yang Diblokir Harus Dibayar?

  • 19 Januari 2020 - (14:50 WIB)
    Permalink

    produk berlangganan itu biasanya selalu ada biaya beban bulanan atau abonemen.
    mau dipakai atau nggak dipakai sama sekali, setiap bulan pasti ada tagihannya.
    tagihan akan terus muncul setiap bulan, sampai ada permintaan berhenti berlangganan dari konsumen.

    harusnya kalau sudah tahu terblokir karena telat bayar, segera diurus supaya dapat segera memanfaat kembali layanannya.

    • 25 Januari 2020 - (10:51 WIB)
      Permalink

      Kalau pernah coba sistem abodemen provider lain pasti anda paham . Mana ada fasilitas yg diputus koneksinya gak bisa dinikmati tapi harus bayar itu namanya pemaksaan penipuan paham ??

  • 19 Januari 2020 - (19:28 WIB)
    Permalink

    Anda seharusnya pahami dulu sistem tagihan Indihome.
    Indihome itu pasca bayar, bulan desember anda tidak bayar otomatis ada tagihan desember (pemakaian november(tgl 1-30)), kemudian sekarang bulan januari tagihannya untuk pemakaian desember(tgl 1-31). jadi anda harus bayar tagihan desember dan januari, tagihan tersebut sudah betul.
    Indihome meski terblokir tagihan jalan terus, jika anda tidak ingin ada tagihan minta putus saja di plasa telkom terdekat. Jika tidak diputus bulan depan akan keluar tagihan lagi.
    Menurut saya Telkom tidak membodohi anda, dan surat tersebut masuk logika akal sehat.

    • 25 Januari 2020 - (10:49 WIB)
      Permalink

      Gimana mau bersaing dgn provider swasta sistem nya picik dan jelas merugikan prnh pakai layanan lain ?? Sy prnh pakai 2 provider swasta yang berbeda dan semuanya fine” aja ketika berhenti berlangganan klo ini memaksakan dgn cara picik

  • 19 Januari 2020 - (20:37 WIB)
    Permalink

    Saya pasang indihome 20 mbps yang 330 rb dari bulan oktober sampai desember saya taat bayar kemaren tanggal 3 januari saya copot karena pindah rumah tapi saya bayar jadi bulan desember sama januari total pencopotan wifi sampe sekitar 800 rb lucunya kenapa alat alat di masukan sewa ya

    • 21 Januari 2020 - (10:37 WIB)
      Permalink

      Tapi aku ngga ko ka.
      Bulan nov tagihannya aku bayar tanggal 3 des sambil putus koneksi ke kantornya dan bawa modem , remote dll nya
      Aku cuma bayar tagihan nov dan 3hari di bulan desember aja. Ngga bayar apa apa lagi

      • 21 Januari 2020 - (19:13 WIB)
        Permalink

        Ia di sini sy jg mu nanya gimana cara menghanti password WiFi tiap harinya,kemaren bisa tp sekarang g BS.mohon

    • 25 Januari 2020 - (10:30 WIB)
      Permalink

      Bagian suruh pasang nya kita di uber” sales tanpa ada penjelasan bagaimana kedepannya, sekarang bagian mau berhenti dipersulit setengah mati jauh dengan pesaing dari swasta nya lebih mudah lebih simple dan masuk akal. Kapok pake indihome

  • 19 Januari 2020 - (22:25 WIB)
    Permalink

    Kalau anda merasa di rugikan, pindah saja ke provider yang lain, sama provider swasta lebih bagus…

  • 19 Januari 2020 - (23:32 WIB)
    Permalink

    Saya rasa disini cukup jelas. Bahwa telkom tidak melakukan pembodohan, hanya saja memang anda sebagai konsumen tidak paham secara betul bagaimana sistem berlangganan di indihome. Apabila anda tidak ingin menggunakan layanan, harusnya anda pergi ke plasa telkom atau mengurus melalui 147 / twitternya di @TelkomCare. Mengenai beban biaya, sepertinya sudah jelas sebagaimana tanggapan yang ada di atas. Anda harus lebih cerdas ketika menjadi konsumen

  • 20 Januari 2020 - (00:05 WIB)
    Permalink

    Saya kurang paham disini Telkom & Telkomsel apakah sama atau tidak tapi dalam hal ini saya pengguna pascabayar telkomsel, saya seharusnya pembayaran tgl 10 setiap bulannya , nah pd bulan nov’19 saya mendapatkan tagihan krn blm membayar penggunaaan periode okt – nov’19 pada bulan nov itu nomer saya sdh diblokir oleh pihak telkomsel otomatis saya tdk bisa menggunakan data seluler , tlp ataupun sms tapi sampai saat ini januari saya terus mendapat tagihan untuk bulan nov , des , jan pdhl saat itu saya sdh sama skali tdk bisa menggunakan no hp saya.

  • 20 Januari 2020 - (00:46 WIB)
    Permalink

    Ada y aneh sama komentar tggpan.
    Ada y blg tdk ada y d rugikan, masuk akal. Dll.

    Klo anda pergi kewarung , pemilik warung menyodokan kue dalam piring sebanyak 6 buah unt anda.
    Sementara anda ambil dan makan 1 saja, terus pemilik warung lgsung mengambil 5 kue y tidak anda makan . Karena anda belum bayar 1 bh kue y anda makan tadi.
    Berapa kue y harusnya anda bayar?
    1 buah, atau 6 buah?.

    Masuk akal tidak, klo pemilik warung langsung meminta anda hrs bayar 6 buah kue karena sudah d sodorkan buat anda?.

    • 20 Januari 2020 - (01:48 WIB)
      Permalink

      Sdh hampir 6 bln tagihan jebol krn tb2 ada saluran dluar paket nba n bola yg tdk prnh sy liat. Sy pikir dr TV bs delete eh ternyata ga bs. Pertama sy ngadu ke cs ga dksh tw hrs ditutup itu yg dluar paket. Cs blg tunggu klo bln dpn msh jebol br ditutup dluar pkt. Itu perampokan terselubung. Hrsnya cs IndiHome lsg bantu proses buat tutup tu yg dluar paket… Dsr brengsek. Bln selanjutnya skalian byr tagihan sy k cs no 2 n baru diproses tutup yg dluar paket. Yg bikin kgt byk sekali ya perampokan terselubung itu IndiHome salah satunya abodemen tlp rmh yg jls ga prnh dipake. Jumat kmrn skalian lapor krn eror TV n youtube sama sekali ga bs dipake dr TV yg bikin rugi bgt donk… Hrs byr tp ga kepake. Cs no 3 ga sinkron jwbn dgn cs 1 n 2.jls sy emosi merasa ditipu mentah2 n dipermainkan sm cs IndiHome yg sm sekali tdk profesional n kliatan cari untung dgn penipuan konsumen n perampokan terselubung dgn mengambil secara paksa konsumen hrs byr tagihan dluar paket. Bsk sy mw kplasa sekalian byr tagihan yg jebol n ketemu cs no 4….berharap bs lsg diproses mw tutup TV n yg dluar paket

    • 20 Januari 2020 - (01:50 WIB)
      Permalink

      Statement anda bisa dengan mudah dikembalikan.

      Ada orang yg udah langganan sama sebuah warung buat tiap hari menyediakan 6 buah kue. Warung kemudian memenuhi permintaan tersebut dan di sediakanlah kue itu tiap hari untuk orang tersebut.
      Meskipun orang tersebut cuma makan 1 kue tiap hari, dia harus tetap membayar 6 kue yang udah diminta di awal tadi. Agar tak disuruh bayar lagi, maka si orang tersebut juga berhak untuk memutus/menghentikan permintaan kue nya setiap hari ke warung tersebut.

      Logic nya sih lebih pas seperti itu, mas. Mohon maaf 🙏

      • 20 Januari 2020 - (13:07 WIB)
        Permalink

        Saya pernah ngalamin dibulan ini Desember Uda blokir dapat tagihan 2 BLN dapat wa tuntutan dari lawyer Indihome tp saya byr yg saya pake aja,saya TDK mau byr BLN Januari ini termasuk pembodohan konsumen dengan alasan TDK masuk akal.

      • 21 Januari 2020 - (05:55 WIB)
        Permalink

        ITu klu warung nya nyediain kue tapi klu di warung nya ngga bikin gimana logika nya internet nya d blokir ngga bsa d pke karna telat bayar bln kmrin trus bln skrng tetap hrs byr gtu.walaupun internet nya terblokir.kue bln kemarin ada tp ngga d ambil d warung wajar hrs bayar tp kue bln skrng ngga ada d warung apa tetap hrs bayar logika dr mana dr hongkong ia

    • 20 Januari 2020 - (07:31 WIB)
      Permalink

      Model tagihan telkom adalah pakai dulu baru bayar…jadi kalau permisalannya seperti itu ya salah…

      Yang bener tu gini. Anda pergi kewarung , pemilik warung menyodokan kue dalam piring sebanyak 6 buah unt anda. Sementara anda ambil dan makan 1 saja dan anda pulang tanpa membayar.

      Hari berikurnya anda datang lagi dan anda ambil 2 kue dan setelah anda mau membayar ansa ditagih 3 kue. Seperti ini paham??

  • 20 Januari 2020 - (05:11 WIB)
    Permalink

    aku dah sering pindah kios dan jd indihomeku beberapa kali tak putus dan daftar lg. nah siapa bilang indihome pakai abonemen? saat pemutusan biaya yg di hitung plasa telkom adalah tagihan bilan kemarin+sampai hari pemutusan. jadi perhitunganya prorata per hari cm tagihan bulan kmarin tgl 1-30 muncul di bulan berikutnya. sistem baru ini emang ga adil sih dimana tgl 21 blm bayar ter isolir sementara, padahl masa isolir itu kita ga memmakai layanan indihome dan bulan berikutnya tetep kena tagihan penuh (tidak ada diskon sama sekali disaat tidak menggunakan layana mereka. apalagi saat mereka gangguan, tak ada kompensasi apa2.

    • 21 Januari 2020 - (15:52 WIB)
      Permalink

      mau tanya bang,klo setiap pindah kios gitu abang putus langganan jaringan dlu ga ke plaza telkom nya?

  • 20 Januari 2020 - (08:43 WIB)
    Permalink

    speedy sama indihome sama aja ya kirain udah beda. ternyata sama2 masih memuakkan dalam pelayanan gangguan service/pelayanan pelanggan.

    dulu pernah pakai speedy dimulai dari harga 110rb/bulan lalu naik perlahan sampai akhirnya hampir 300rb, lalu kami putus krn gangguan jaringan selama 3 bulan dan TIDAK ADA SATUPUN YG PEDULI DGN KELUHAN PELANGGAN. padahal setiap minggu kami telp speedy nya buat perbaikan tp NIHIL. lalu kami stop berlangganan.

    4 tahun kemudian muncul indihome, kami coba berlangganan kembali dengan harapan perbaikan manajemen dan sistem, tapi ternyata tetap saja memuakkan.

    dulu tagihan awal indihome perbulan adalah 360rb/bulan. lalu perlahan naik hingga akhirnya menjadi 660r/bulan.
    setelah kami melaporkan keluhan ternyata ada paket yang kami ambil TANPA SEPENGETAHUAN KAMI.

    Setelah kami sampaikan akan memutus layanan jika tidak bisa kembali ke tarif awal, akhirnya mereka mengembalikan tarif ke harga 380rb/bulan.

    sangat memuakkan. dan curang.
    tolong perbaiki sistemnya mas/pak yg berwenang di indihome/telkom.

  • 20 Januari 2020 - (15:11 WIB)
    Permalink

    Kebijakan isolir internet memang sangat merugikan konsumen, ibarat uda jatuh ketiban tangga, lewat tanggal 20 mendapat denda 5% & mendapat sanksi isolir koneksi internet (pelanggan useetv masih bisa digunakan).

    Harusnya di imbangi dengan sistem kompensasi isolir agar fair. Pastinya konsumen keberatan semisal kena isolir sebulan dikenakan tagihan full untuk layanan yang kagak bisa digunakan.

    Uda rahasia umum Indihome melakukan beberapa cara untuk mengganggu kenyamanan pelanggannya seperti
    – Penerapan FUP
    – Tagihan membengkak (contoh temanku jadi korban wifi id seemless tanpa diketahui pemilik teregister 5 id 50rb/bln) pantau di apk my indihome.

    Terkadang lucu jawaban CS ketika ada perbedaan selisih 15rb yg kagak nampak dirincian, saya mendapat jawaban “untuk biaya pemeliharaan jaringan”

  • 20 Januari 2020 - (18:45 WIB)
    Permalink

    galih,…..
    Misal y anda contohin itu apa sudah benar? Ato anda sengaja menyamarkannya…

    Yg ada, kta prgi k warung mengambil 1 kue saja.
    esoknya kta dtg lgi, tpi tdk mengambil Satupun kuenya. Karena Kuenya sudah d blokir sama pemilik warung.
    Baru besoknya lagi pemilik warung meminta bayaran kue 3 buah .
    Kok bisa masuk akal?.
    Saya merasa aneh dg anda, jelas2 kuenya sudah gk dikasih tpi anda bisa ngambil 2 buah lagi !.
    Itu namanya “nyolong” mas.

    • 21 Januari 2020 - (00:27 WIB)
      Permalink

      Menyamarkan gimana?kan sudah dijelaskan, model tagihan telkom itu pakai dulu baru bayar. Jadi ya sama aja ambil dulu baru kita bayar. Jadi tagihan bulan desember itu untuk pemakaian november. Dan jika kita tidak membayarnya sampai tgl 21 desember maka akan terisolir. Jadi otomatis bulan desember kita udah pakai sampai tgl 21, ya otomatis januari kita harus bayar karena bulan desember kita masih pakai. Yang jadi masalah itu kenapa kita harus bayar full padahal boleh dibilang kita hanya pakai 2/3 bulan.

  • 20 Januari 2020 - (19:38 WIB)
    Permalink

    Saya jga mengalami hal seperti ini bulan januari 2020..
    Sya sudh mengirim email pemutusan intenet bulan desember 2019 kemarin via email …
    Tapi sya masi tetap masi ada tagihan sampai bulan januari 2020 skrg..
    Sementara waktu saya bikin pengajuan pemutusan internet ..
    Bahkan Jaringan internet sya lsg putus koneksinya..
    Tapi kog masi ada tagihan yah?
    Saya mau ajak2 teman2 yg sudh korban utk kumpul lsg komplen deh ke TElkom nya..
    Ini tidak bisa di biarkan

  • 21 Januari 2020 - (01:34 WIB)
    Permalink

    ouh, berarti anda kurang faham permainan telkom.
    Klo sampai februari anda belum bayar jga.
    Bulan januari anda akan d tagih lg.
    Bgtu jga klo smpai maret anda blum bayar jga bulan februari anda akan d tagih lg.
    Jdi klo smpai bulan maret anda belum jga byr,indihome akan menagih byran anda bulan nov, desember, jan, dan sekaligus bulan februari. Padahal pemblokiran internet anda sudah d lakukan 20 desember.
    Coba anda lihat2 lg keluhan konsumen.
    Sya tdk asal ngomong krn sya dan beberapa tetangga jga mengalami nasib y sama.
    Klo kita komplain jwban mereka adl “krn kmi tidak meminta pemutusan / pending sementara internet ketika kmi tidak memakai layanan indihome lgi”.
    Jdi, selama anda tdk mengajukan pemutusan / dipending sementara waktu, anda akan ditagih setiap bulannya.
    Mau anda pakai tidaknya internet, anda akan tetap diminta membayar tiap bulannya.
    Padahal, bagaimana kta pakai internet dia y jauh2 hari sudah di blokir oleh indihome.
    Anda masih bilang masuk akal_kah?.
    🤔🤔🤔

  • 18 Februari 2020 - (12:02 WIB)
    Permalink

    Sama dengan saya, 2 bulan saya tidak pakai karena terisolir sejak November tetap ada tagihan untuk Desember dan Januari. Padahal di 2 bulan itu tidak bisa menggunakan sama sekali.
    Di Provider sebelah, klo tidak di pakai karena di blokir ya tidak ada tagihan di bulan berikutntya kecuali kita bayar maka Fasilitas Internet akan kita dapatkan kembali akses nya.

 Apa Komentar Anda mengenai Telkom Indihome?

Ada 28 komentar sampai saat ini..

Apakah Tagihan Telkom IndiHome untuk Bulan yang Diblokir Harus Dibayar…

oleh machfudz dibaca dalam: <1 min
28