Tidak Bisa Pasang Indihome karena ODP Penuh, Untuk Pasang Harus Ajak 15 Orang

Yth. Telkom Indonesia,

Saya sudah mengajukan pemasangan Indihome melalui salah satu sales Indihome yang menawarkan promo internet Indihome dan telah melakukan cek ketersediaan jaringan terlebih dahulu, yang hasilnya menunjukan bahwa lokasi rumah saya sudah ter-cover oleh layanan Indihome.

Beberapa hari kemudian saya mendapatkan info layanan Indihome tidak dapat dipasang karena ODP (Optical Distribution Point) penuh dan padahal jarak rumah dari ODP terdekat tidak lebih dari 50 meter. Saya sudah mencoba berbagai cara untuk bisa segera mendapatkan akses internet Indihome di rumah, karena kebutuhan WFH yang sangat memerlukan akses internet yang stabil. Namun hasilnya saya hanya di suruh menunggu dan menunggu tanpa ada kepastian yang jelas.

Lalu saya juga mendapatkan info bahwa untuk dapat menikmati layanan Indihome saya diharuskan mengajak minimal 15 orang agar ODP atau line baru bisa terpasang, apakah menurut pihak Indihome hal semacam ini layak di bebankan kepada customer sebagai pengguna?? Apa kelebihannya yang didapat customer setelah mendapatkan 15 orang untuk hal tersebut, apakah hanya agar bisa dipasangkan ODP atau line baru? Lalu apakah regulasi tugas marketing sudah di alih fungsikan kepada customer sekarang?? Mohon bantuannya agar fasilitas Indihome dapat dinikmati di perumahan saya.

Terima kasih.

Mario Saragi
Jl. Perum Kemang, Tangerang Selatan

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Pasang Baru Indihome:
[Total:71    Rata-Rata: 3.5/5]
Tanggapan PT Telkom Regional II untuk Bapak Mario Saragi

Kepada Yth Redaksi mediakonsumen.com, Terima kasih kepada mediakonsumen.com yang telah menayangkan surat keluhan pembaca Bapak Mario Saragi pada tanggal 13...
Baca Selengkapnya

Loading...

22 komentar untuk “Tidak Bisa Pasang Indihome karena ODP Penuh, Untuk Pasang Harus Ajak 15 Orang

  • 13 April 2020 - (20:18 WIB)
    Permalink

    Kadang saya juga bingung memang … Kenapa pengen pasang saja harus mengajak beberapa orang supaya dipasang ODP baru … Serumit apakah ODP Itu atau semahal apakah biayanya … Sehingga kalau ada pelanggan baru yang belum memenuhi kuota jumlah minimal ODP … Konsumen dibiarkan cuma menunggu … Apakah karena permasalahan tiang kabel juga? Jadi ada hitung2an untung rugi … Biaya insfrastruktur sama pendapatan dari konsumen ..? Dan satu hal lagi konsumen disuruh cari pelanggan lain itu memang sebenarnya bukan tugasnya… Jangan bebankan tugas marketing dibebankan kepada konsumen

    • 14 April 2020 - (08:47 WIB)
      Permalink

      Susah dijelaskan dgn kata2…..

      udah sistem lama…. susah diubah

      harus ada pemimpin revolusioner sepertinya baru bisa ada perubahan….

      • 14 April 2020 - (18:25 WIB)
        Permalink

        Ada banyak pengguna internet yg blm paham soal jenis-jenis layanan berlangganan internet, terutama dr Telkom. Kalau Indihome itu istilahnya Up To. Artinya pelanggan harus bersamaan minimal 8 untuk bisa menikmati akses internet 8MBps 1:8. Jika mau sendiri tanpa harus cari “teman” maka ambil paket Astinet Dedicated 1:1. Cuma, tarifnya jauh lebih mahal. Kalau Indihome 500rb/bulan, Astinet bisa 5MBps bisa 2 jutaan atau lebih. Silakan dicoba.

    • 14 April 2020 - (08:54 WIB)
      Permalink

      indihome adalah produk layanan jasa internet dr pt telkom yg memakai jaringan fisik alias fiber optik, nah jika di lingkungan kakak sdh penuh ngak ada sambungan kosong maka pt telkom harus membuka jaringan baru yg termasuk investasi usaha di mana dalam FS (feasible study) nya mungkin dipesyaratkan minimal harus ada 15 pelanggan kalo mau buka jaringan baru. pilihannya mau menunggu pelanggan lain sampe mencapai kuota atau biar cepat kakak pro aktif ngajak yg lain spy segera mencapai 15 pelanggan baru atau cari penyedia jasa lain yg berbasis nirkabel (radio frekuensi)…

    • 14 April 2020 - (19:03 WIB)
      Permalink

      Pasang aj ke firs* med**, ,kemarin sy hbs pasang dan stabil ga perlu cari orang dan kecepatanya ud saya bandingkan sama ind*hom* lebih baik firs* med**…

      • 15 April 2020 - (04:43 WIB)
        Permalink

        Hallo telkom indihome….. saya kapan pemasangannya…? saya sdh lama menunggu pemasangan baru sejak pertanggal 06-02-2020 saya sdh membayar melalui FINPAY Dengan total tagihan sebesar Rp 302.500
        Transaksi :82560136
        Pelangan :021113701123
        Nama :SONNY
        Saya sdh melakukan pembayaran dan sampai sekarang belom datang pasang.
        Saya merasa di rugikan karna uang pemasangan saya belom di kembalikan.

    • 15 April 2020 - (04:48 WIB)
      Permalink

      Klo menurut saya sih… provider internet yg lain banyak.. coba cari info dlu… yg laen bagus juga koq dan murah.. yg penting sudah FO .

  • 13 April 2020 - (23:24 WIB)
    Permalink

    Rumit kakak, namanya juga jaringan berbasis kabel FO, tentu punya kapasitas tersendiri untuk membagi nya ke tiap2 rumah pelanggan, apalagi kalo penduduk di daerah nya banyak pasti tidak 100% bisa mencover seluruh penduduk yg ada di daerah tsb. Kalo di paksakan nanti dampak buruk nya akan menjadi beban ke pelanggan, lebih baik bersabar aja ya kakak indihome pasti akan melakukan yg terbaik buat masyarakat indonesia 😉

    • 14 April 2020 - (08:49 WIB)
      Permalink

      Kalau niat pasti bisa…. prioritas customer…. bgmn mau maju…

      ada customer mau bayar langganan tapi gk bisa…

      internet indonesia masi jauh tertinggal di bandingkan negara lain

  • 14 April 2020 - (01:14 WIB)
    Permalink

    Mengenai ODP ini sy juga pernah dapet kasus seperti ini namun agak berbeda cerita, sy registrasi pemasangan lewat aplikasi myindihome dan telah memenuhi syarat dalam aplikasi dan sudah lunas, sy di tlpn pemasangan max 3-4 hari namun 2 minggu tidak ada pemasangan sama sekali, dan di cancel karena ODP penuh sy cek kabel di ODP dekat rumah sepertinya tidak, ada hal yg sangat aneh, sy mencoba kembali daftra ke sales dekat rumah tanpa harus lewat aplikasi tidak sampek 3 hari indihome di pasang, apa yang mereka mau? sampek skrng sy tidak tau alasanya, padahal di ODP dekat rumah masih banyak yg kosong, dan setau saya ODP mungkin tidak mahal Namun ada alat FO pemancar dari server tersebut perbijinya yg mahal, kenapa mreka tidak terbuka dengan kapasitas ODP? dan sales indihome ada dimana2 apakah ada keuntungan dari sistem pemasangan yang berbelit2?

    • 14 April 2020 - (05:59 WIB)
      Permalink

      Itulah kenapa terkadang saya lebih cocok pasang di pegawai indihome atau provider yg lain (bukan melalui aplikasi) karena bukan cuma indihome saja provider yg lain oun juga begitu harus 15 orang ketika ingin melakukan pemasangan jaringan baru..

      Karena terkait dengan kerjasama dan biasa dengan mandor dan biaya pemasangan itu sendiri yg tidak di tanggung oleh pihak provider penyedia jasa internet.

      Fyi : saya menambah kabel sendiri sejauh 100 meter dikarenakan rumah saya ( pinghir jalan raya) tidak tercover jaringan padahal kota besar

  • 14 April 2020 - (07:55 WIB)
    Permalink

    banyak cerita seperti anda. bisa diambil kesimpulan bahwa jika kita ingin pasang indihome, maka harus lewat SALES jika ingin cepat. baik itu lewat sales2 yg keliling, ataupun sales2 yg ada di google/online. sales online biasanya cirinya daftarnya dialihkan lewat whatsapp, bukan daftar lewat situs resmi. jika kita daftar lewat jalur RESMI seperti situs resmi indihome atau aplikasi myindihome, kemungkinan besar akan dipersulit. itu kesimpulan dari banyak cerita2 yg selama ini saya dengar/baca. jika telkom keberatan dengan kesimpulan ini, coba cek langsung ke lapangan.

  • 14 April 2020 - (08:45 WIB)
    Permalink

    Semoga indihome lebih baik lg kedepannya…..

    saya juga alami dan tidak masuk logika… kenapa kita disuruh cari customer lg… emangnya kita karyawan indihome

    nama besar nama baik susah utk dipertahankan

    Ingat perusahaan negara…. jaga nama baik….

  • 14 April 2020 - (10:51 WIB)
    Permalink

    Mengenai pendaftaran dari myindihome lebih lama daripada lewat sales sebenarnya tidak 100% tepat.
    Dari sales lebih cepat karena kita bisa langsung komunikasi dengan pemegang ordernya. Kalau dr myindihome kita komunikasi sama call center yang kadang cuma baca record data dari pusat dan belum tau detail masalahnya. IMHO.

    Sejauh ini saya beberapa kali pasang melalui myindihome lancar dan tanpa kendala kecuali 1 karena ODP penuh, dan sudah ke sales lapanganpun dibilang memang penuh.

  • 14 April 2020 - (13:03 WIB)
    Permalink

    Teknisi datang bilangnya enggak ada jaringan….! Berani bayar langsung jaringan ada…. Wkwkwkwkw, namanya juga usaha….. Harus ada lendirnya..

  • 14 April 2020 - (15:33 WIB)
    Permalink

    Mengenai masalah jni sama dengan yg dialamj oleh saya, saya mengisi aplikasi tg 30 maret, tgl 31 saya masukan deposit. Tgl 2 april teknisi datang ingin oasang, tetapi tidak bisa yg dibilang odp penuh.. saya hanya disuruh tunggu informasi dari indihome pusat, beberapa kali saya hubungi hanya disuruh tunggu tidak ada kepastian..
    Kenapa tidak ada kepastian selalu terjadi ..

  • 14 April 2020 - (18:10 WIB)
    Permalink

    Sama di daerah saya juga begitu harus menunggu 15 orang dulu.. yg jadi pertanyaan cari 15 orang sendiri ini apa bisa? Seharusnya pihak dari telkom juga harus membantu mencarikan 15 orang tersebut.. tapi kalo mau bayar ke t*****i nya ya langsung di pasangkan langsung besok nya..

  • 14 April 2020 - (18:35 WIB)
    Permalink

    Kepada Seluruh Pembaca YTH,

    Update per hari ini saya ingin menyampaikan bahwa pihak Telkom telah menerima dengan baik surat terbuka saya ini dan segera melakukan tindakan untuk keluhan saya ini. Sehingga hari ini juga saya sudah mendapatkan jaringan internet seperti yang saya butuhkan.

    Saya ucapkan terima kasih untuk Pak Tisna, Pak Jaelani, berserta tim yang lain yang sudah membantu saya sehingga jaringan internet yang saya butuhkan bisa terealisasikan dengan baik. Walaupun harus melalui surat terbuka ini, saya tetap berterima kasih atas kesigapan pihak Telkom yang langsung menyelesaikan masalah ini.

    Mudah-mudahan kedepannya untuk kasus lain seperti ini bisa diselesaikan segera dan kepada masyarakat diharapkan tetap optimis untuk medapatkan jaringan internet yang dibutuhkan.

    Terima Kasih,

    • 15 April 2020 - (15:52 WIB)
      Permalink

      Begitu lah jika perusahaan dijalankan oleh vendor,, krn kebanyakan pekerja adlh outsorching yg bekerjasama dgn bumn, kebanyakan juga punya cara atau strategi utk memperluas campaign mereka, semua demi target…

  • 15 April 2020 - (18:57 WIB)
    Permalink

    Maka dari itu saya tidak memilih perusahaan plat merah tersebut utk jaringan internet saya, Saya memilih perusahaan jaringan internet swasta punya lippo group yaitu First Med…. ,lebih jelas transparan dan gak ribet.

  • 29 Mei 2020 - (15:58 WIB)
    Permalink

    saya mengalami hal yang sama, kemarin sudah bayar deposit . hari ini teksnisi datang dan bilang full slot. saya telp call center disuruh vote di web nya. semakin banyak vote untuk daerah tersebut semakin ditanggapi untuk pembukaan jaringan baru. saya sudah mengajukan refund untuk deposit saya. semoga refund nya bisa cepat selesai.

 Apa Komentar Anda mengenai Pasang Baru Indihome?

Ada 22 komentar sampai saat ini..

Tidak Bisa Pasang Indihome karena ODP Penuh, Untuk Pasang Harus Ajak 1…

oleh Mario Saragi dibaca dalam: 1 min
22