Kado Ulang Tahun ke-8 Lazada Isinya TV Coocaa Cacat

Jauh hari sebelum perhelatan ulang tahun ke-8 Lazada, saya berniat untuk membelikan televisi kepada orang tua, yang mana saat ini televisinya sudah banyak keluhan, salah satunya kualitas gambar yang kurang jelas, karena sudah cukup lama.

Secara tak sengaja, saat membuka laman facebook, muncul iklan Coocaa Indonesia dengan promo TV Coocaa pada Lazada Birthday Flash Sale, dengan potongan harga up to 70% off. Seketika iklan tersebut mengingatkan saya untuk memberikan hadiah kepada orang tua.

Pada tanggal 27 Maret 2020 dan jam yang di tentukan akhirnya saya berhasil membeli unit TV yang terdapat dalam promo tersebut, dengan nomor order : 391637380172788 – COOCAA LED TV 40 inch – Full HD Panel – Slim – USB/HDMI (Model : 40D5A), metode pembayaran COD.

Jumat sore, di tanggal 4 April, kurir JNE datang mengirimkan pesanan, berhubung saya tidak sedang di rumah, saya titipkan uang COD tersebut ke adik dan meminta sebelum uang di berikan, lakukan pengecekan bersama kurir terlebih dahulu barangnya. Khawatir barang diterima tidak dalam kondisi baik.

Barang diterima dengan kardus pabrikan yang dilapis plastik bubble, tanpa palet kayu. Saat dibuka unit diterima dalam kondisi retak seperempatnya. Seketika adik saya hubungi saya mengenai hal tersebut. Saya minta kurir bawa kembali, dan meminta untuk penggantian unit yang baru yang tidak rusak, dan meminta untuk pengiriman selanjutnya dikemas dengan palet kayu untuk mengantisipasi kejadian yang sama. Status order saya: Pengiriman Paket Gagal karena pelanggan menolak di tempat. Tanpa ada keterangan tambahan bahwa barang yang dikirim tersebut retak/rusak. Seharusnya pihak JNE menambahkan keterangan tersebut, supaya tidak ada kesalahpahaman.

Pada hari yang sama di malam hari, saya chat “LazMall Coocaa” menyampakan keluhan di atas, namun terdapat autoreplay bahwa CS beroperasi Senin-Jumat dari jam 9.00-18.00. Sehingga baru senin, 6 April pagi chat saya di respon, dan disarankan untuk menghubungi layanan konsumen Lazada.

Selasa 7 April, saya baru mencoba untuk menghubungi layanan konsumen Lazada via chat dan email di layani Agen TPJ Rudy Yansyah, saya sampaikan keluhan di atas, dan menanyakan kapan dikirim lagi penggantinya. Agen menginformasikan untuk permasalahan produk dikembalikan ke penjual oleh kurir karena pelanggan menolak, sudah tidak dapat dilakukan pengiriman ulang kembali. Saya tanya alasannya kenapa? Semula agent menyampaikan barang sudah tidak tersedia/kosong. Saya cek di etalase LazMall Coocaa, barang masih tersedia hanya harganya sudah normal (bukan harga flash sale).

Lalu agen menyarankan untuk melakukan pemesanan produk kembali jika masih menginginkan produknya dan tentunya dengan harga yang tersedia di aplikasi Lazada saat ini. Apakah yang dijual di Lazada Birthday Flash Sale barang-barang cacat? Sehingga pelanggan harus terima apa adanya.

Rabu 8 April, status orderan saya dibatalkan dengan keterangan “Hilang dalam Pengiriman”, sungguh aneh.

Saya sangat kecewa dengan cara Lazada dalam menyelesaikan masalah, yang mengabaikan kepuasan pelanggan. Juga untuk LazMall Coocaa dan JNE semoga bisa berbenah lagi. Saya tidak tahu pasti masalahnya ada di mana, satu yang pasti saya pelanggan yang kecewa atas kejadian ini.

Terakhir, selamat ulang tahun Lazada, semoga tidak meng”ulang” kesalahan yang sama di tahun-tahun selanjutnya.

Irpan Adparudin
Karang Tengah, Tangerang
Banten

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Sebagai sesama konsumen,ijinkan saya ikut berkomentar.
    1. Judul surat pembaca ini tidak sesuai dengan kronologi
    Anda menuliskan "Hadiah" seolah ini adalah giveaway/pemberian semacam kuis, padahal dari kronologi yang anda jelaskan ini adalah event promo yang mana anda membeli produk dengan diskon.
    2. Tidak ada kesalahan dalam prosedur jual-beli yang berlaku di Lazada
    Dari kronologi yang anda jelaskan, anda mengikuti event promo ulang tahun yang mana beberapa produk diberikan diskon spesial untuk bisa dibeli dengan harga lebih murah. Prosedur pengirimannya, setelah barang sampai anda meminta pengecekan dan tidak menerima produk karena terjadi kerusakan. Dalam hal ini pihak JNE sudah benar melaporkan bahwa produk gagal dikirim karena "pelanggan menolak di tempat" sehingga produk dikembalikan ke penjual. Tidak ada yang salah dalam prosedur ini, dan anda tidak bisa komplain karena memang anda belum membayar dengan kata lain belum terjadi transaksi. Perihal klaim barang rusak menjadi tanggung jawab antara penjual dan ekspedisi, anda sebagai pembeli (yang belum keluar dana) BELUM bisa ikut campur.
    3. Kecuali jika (saran dari saya) anda memanfaatkan fitur garansi dan asuransi
    Pada halaman produk lazada terdapat fitur garansi 14 hari pengembalian dan tersedia asuransi pada saat pemilihan pengiriman. Untuk kedepannya sebaiknya anda memanfaatkan fitur ini meskipun COD anda bayar saja tanpa perlu membuka kemasan, pada saat anda membuka kemasan, rekam/video/unboxing untuk jaga2 jika terjadi kerusakan. Kemudia jika terjadi kerusakan anda bisa memanfaatkan fitur garansi pengembalian sebelum 14 hari setelah penerimaan produk. Dengan berbekal barang bukti berupa rekaman unboxing, dengan begitu pasti akan disetujui oleh pihak lazada untuk dibantu follow-up ke penjual.

    Kalau anda belum keluar duit sepeserpun karena menolak penerimaan barang, tentu komplain anda tidak akan diterima karena anda tidak punya hak dan andil apa-apa terhadap barang tersebut. Karena ini adalah promo yang tidak beda dengan flash sale/promo mingguan lainnya. (Bukan hadiah giveaway sebagaimana judulnya).

    Sebenarnya saya juga menyayangkan kenapa produk elektronik tidak diberi packing kayu, tapi biasanya dari JNE udah otomatis memberi packing kayu kalau di pengirimannya menggunakan asuransi.

    Saya tidak membela siapa-siapa baik penjual maupun pembeli, semoga kedepannya pelayanan penjual lebih baik dan pembeli bisa menggunakan fitur yang tersedia. Jangan kalap karena promo semata.

  • Hati-Hati Belanja Elektronik di Lazada dengan Harga yang Miring,
    "SUDAH BANYAK YANG TERTIPU, UANGNYA HILANG !!!"

    Konsumen tidak bisa melakukan complain apapun ke Lazada karena perusahaan besar dan tidak jelas kantornya dimana.
    Telp ke CS Lazada/Live Chat juga tidak bisa menyelesaikan masalah, Hanya formalitas mereka saja.

    Tujuan LAZADA harusnya sebagai perantara yang dapat dipercaya sebagai media pembeli dan penjual, Tapi menurut saya sistem di Lazada seperti bekerja sama dengan penjual yg berkedok Elektronik (nilai uangnya lebih besar), Untuk bersama-sama menipu pembeli.

    Tidak Habis Berpikir kenapa uang bisa di berikan ke pihak penipu, apabila pengembalian dana butuh proses 2 -5 hr kerja (Apalagi Nama penipu penerima uang jelas sudah tidak sama)
    Kenapa tidak di kembalikan ke data pemilik rekening asli yg sdh tertulis jelas di Lazada.

    Ini yg belum saya Pahami:
    (Apakah Lazada jg terlibat menipu kita sebagai pembeli dgn alasan kesalahan ada di pembeli ???), karena saya jumlahkan di Surat pembaca ini Nilainya sudah sangat besar untuk Kas Lazada.
    Mohon Jawaban dan Tangapan dari Lazada andai saya Salah atas Tulisan ini.

    Saya pribadi dengan no pembelian: 396429444795288 Sampai saat ini uang juga belum di kembalikan.

    Telepon CS Lazada tidak dpt menyelesaikan masalah, karena alasan sdh by sistem. (Uang di transferkan ke penjual karena data kita sdh di bajak).

    Kesimpulan saya:
    Beli barang Online di Sistem yang bisa di percaya saja, Jangan di tempat yang mudah di Bobol Sistem Data Konsumen.

    Saya juga akan suarakan kepada semua media,.. supaya tidak ada lagi yg Tertipu !!!