Tokopedia Plin-Plan, Mengubah Kebijakan Refund Sepihak di Tengah Pandemi Covid19

Saya adalah pelanggan lama Tokopedia dan sampai sekarang masih rutin membayar tagihan bulanan melalui platform tersebut, bahkan hingga bulan ini. Namun untuk pertama kalinya saya sangat kecewa dengan kebijakan refund maskapai penerbangan yang diubah saat proses sedang berlangsung.

Pada tanggal 18 Februari 2020, saya membeli 5 tiket penerbangan dari Jakarta ke Surabaya untuk tanggal 3 April 2020, menggunakan maskapai Citilink, dengan kode invoice Q5X-XWX5Z-66G0 dan total pembayaran Rp2.399.460. Saat itu pandemi Covid19 belum mewabah di Indonesia.

Namun memasuki pertengahan bulan Maret 2020, pemerintah mulai menghimbau tidak bepergian dan melakukan social distancing. Jakarta juga masuk sebagai zona merah dan jika tetap memaksa bepergian, maka kami serombongan akan menjadi ODP di kota tujuan. Saya pun selalu memantau perkembangan situasi yang ada dan pada akhirnya kami mantap memutuskan untuk membatalkan perjalanan. Apalagi saat itu beberapa penyedia transportasi mengumumkan akan memberikan pengembalian secara penuh, termasuk Tokopedia.

Akhirnya pada tanggal 26 Maret 2020 saya melakukan pembatalan perjalanan, mengingat pembatalan yang dijanjikan adalah dana akan dikembalikan penuh. Saat melakukan proses pembatalan, saya sempat kaget dengan estimasi yang muncul hanya Rp1.722.415. Karena ragu, saya pun menghubungi TokopediaCare melalui Twitter. CS menjamin dan menenangkan bahwa saya tidak perlu khawatir karena dana akan dikembalikan secara penuh sesuai pengumuman yang diberikan. Saya pun akhirnya mengajukan pembatalan.

Tanggal 6 April 2020 saya baru menyadari bahwa dana saya sudah di-refund tanggal 3 April 2020. Namun saya sangat terkejut dengan nominal yang dikembalikan, yaitu hanya Rp1.687.457. Saya lebih terkejut lagi ternyata ada perubahan kebijakan refund untuk penerbangan maskapai Citilink pada tanggal 28 Maret 2020. Saya pun kecewa merasa ditipu dan menghubungi kembali TokopediaCare.

Namun jawaban CS seolah lepas tangan dari jawaban sebelumnya, karena saya menggunakan kode promo dan dikurangi biaya administrasi. Padahal saya sudah mengajukan sebelum perubahan kebijakan itu berlaku, yaitu 26 Maret 2020. Bahkan jika dihitung kembali, dikurangi biaya administrasi Rp35.460 sesuai yang tertera di invoice dan kode promo yang saya gunakan, nominalnya masih jauh dari angka yang dikembalikan.

Saya tidak terima dengan jawaban tersebut dan CS terkesan template menginfokan bahwa perhitungannya sudah sesuai dengan ketentuan yang ada. Bahkan jika dihitung manual, harga total tiket dikurangi kode promo dan biaya administrasi pun nominalnya masih di atas 2 juta.

Keluhan saya dari 6 April 2020 hingga sekarang 21 April 2020 masih menggantung dan berlarut-larut tidak ada kejelasan lagi. Saya akan menuntut dan mengejar terus Tokopedia mengembalikan dana secara penuh sesuai kebijakan yang mereka umumkan pada tanggal refund 26 Maret 2020 dan didukung statement CS pada saat proses pembatalan saya lakukan.

Saya juga merasa dipermalukan karena sudah terlanjur memberitahukan ke rekan-rekan bahwa dana akan dikembalikan penuh sesuai janji dari Tokopedia. Jika masih tidak ada hasil, saya akan mengejar dengan jalur lain.

Terima kasih.

Zulfa Riza Yogatama
Bandung, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Tokopedia:
[Total:15    Rata-Rata: 1.6/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan
Loading...

4 komentar untuk “Tokopedia Plin-Plan, Mengubah Kebijakan Refund Sepihak di Tengah Pandemi Covid19

  • 22 April 2020 - (08:44 WIB)
    Permalink

    Jangan beli lagi di Tokopedia. Mereka mengambil keuntungan dari situasi seperti ini. Kasihan anda telah dirugikan setengah dari harga.
    Kedepan lebih baik beli secara manual langsung di agen. Lebih gampang refindnya karena gak melalui sistim online

    • 30 Mei 2020 - (13:22 WIB)
      Permalink

      saya juga sangat kecewa sama tokopedia, saya sudah mengajukan refund hampir 90 hari terkait corona ini, dan saya sudah bolak balik mengirim email pada tokopedia care tapi respond mereka hanya mengatakan akan memberitahui saya info lebih lanjut, dan saya baru menerima email hari ini dari tokopedia kalau mereka akan menutup laporan dan menganggap saya sudah menemukan solusinya yang mana saya masih menunggu jawaban dari mereka, sampai saat ini masih belum ada kejelasan dari mereka mengenai prngembalian dana saya, benar2 pelayanan yang sangat buruk dan mengecewakan

  • 22 April 2020 - (12:43 WIB)
    Permalink

    Saya sudah uninstall Toped meski mereka pakai brand ambassador boyband Korea yang paling terkenal itu. Simpel saja alasannya, satu lokasi nggak bisa dapat promo tertentu meski beda akun. Gawat dong kalau satu kost banyak yang pakai Tokopedia, bisa-bisa ketinggalan promo. Juga mereka pakai OVO sementara layanan OVO buruk sekali sepengetahuan saya (berdasarkan pengalaman pribadi). Bye forever dah Toped!

  • 23 April 2020 - (00:38 WIB)
    Permalink

    sama boss, gue di infoin kalau untuk penerbangan sampai bulan mei akan dikembalikan full, tapi begitu dana di refund kepotong, dan di komplain ke CS nya, CS nya bilang tiket saya untuk tgl 1 juni, padahal jelas2 tiket untuk tgl 21 Mei.

 Apa Komentar Anda mengenai Tokopedia?

Ada 4 komentar sampai saat ini..

Tokopedia Plin-Plan, Mengubah Kebijakan Refund Sepihak di Tengah Pande…

oleh Zulfa Riza Yogatama dibaca dalam: 2 min
4