Transfer dari BCA ke BNI via Aplikasi DANA, Rekening Pengirim Terdebit, Uang Tidak Kunjung Diterima dan CS Tidak Solutif

Pada hari Minggu tanggal 9 Mei 2020, sekitar pukul 11.55 saya melakukan transfer ke rekening BNI saya via aplikasi DANA (platform uang digital dengan branding #GANTIDOMPET YANG AMAN GARANSI UANG KEMBALI).

 

Seperti biasa, OTP di-request dan saya input, namun proses verifikasi memakan waktu yang tidak singkat sehingga membuat saya agak mencurigai transaksi ini. Ketika selesai, muncul informasi Transaksi Pending (terlampir) di mana diinformasikan rincian transaksi dapat dilihat di History. Saya segera men-screenshot tampilan ini karena kemudian secara otomatis saya diarahkan ke halaman utama.

Tangkapan Layar setelah saya Transfer ke BNI via Dana

Kemudian, ketika dilihat di bagian history tidak ada transaksi Payment Pending/transaksi sedang berlangsung. Namun di bagian completed/berhasil pun tidak ada.

Tidak ada juga di daftar completedTidak ada transaksi di History

Saya berinisiatif mengecek saldo rekening BCA saya (yang menjadi akun debet untuk transfer via aplikasi Dana) dan menemukan nilai saldo saya sudah berkurang. Saya mengecek rekening BNI saya dan menemukan saldo tidak bertambah.

Mutasi debet dari rekening BCA saya

Setelahnya saya mencoba menghubungi pihak CS DANA via Whatsapp, namun CS sangat sangat tidak responsif. Permasalahan belum selesai, chatbot menyatakan room chat ditutup.

Kemudian saya chat ulang diinformasikan bahwa kalau akun tidak premium tidak bisa transfer ke Bank, padahal saya kirimkan tangkapan layar akun DANA saya rutin digunakan transfer ke BNI tanpa ada upgrade akun sampai dengan tanggal 29 April 2020 (terlampir).

CS yang membalas pun berganti-ganti sehingga ketika chat sudah berjalan, Anda sangat mungkin dibalas dengan pertanyaan ulang seperti “permasalahannya apa?” atau dijawab dengan “permasalahannya … (ini) ya?” padahal di atas Anda sudah menjelaskan kasus yang Anda hadapi.

Setiap kali mereka tanya ada yang bisa dibantu, dan ditanyakan status kasusnya, mereka akan menjawab seperti ini:

Terkait pertanyaan kamu, silakan tunggu via email ya. Tim kami sedang melakukan pengecekan dan selanjutnya akan menginformasikan dan menjawab pertanyaan kamu. Ada lagi yg bisa Saepul bantu selain keluhan kamu tersebut?

Terus menerus sampai akhirnya mereka akan mengakhiri chat room padahal permasalahan belum selesai seperti berikut:

Saya menghubungi CS via twitter dan email, namun tetap jawabannya : “sedang dilakukan pengecekan”, “silakan DM” tidak solutif, balasan dari pihak CS seperti diatur/ disetup layaknya chatbot. Seluruh dokumen pendukung telah saya berikan (selain informasi pribadi dan akun dana, dokumen yang diminta antara lain adalah tangkapan layar rekening penerima, e-KTP, selfie memegang e-KTP, status transaksi saat selesai transfer) namun dari CS tidak ada tanggapan pasti menjawab status kejelasan mengenai transaksi saya. Apakah benar pending atau bagaimana statusnya atau setidaknya tindakan apa yang akan dilakukan oleh Pihak DANA.

Malam hari, saya menghubungi CS Halo BCA dan menyatakan bahwa saldo saya benar sudah berpindah ke aplikasi DANA, sehingga permasalahan ada di pihak DANA sebagai penerima yang seharusnya memindahkan saldo tersebut ke rekening BNI. Uang customer sudah didebet dari rekeningnya, ditransfer ke rekening DANA, namun pihak DANA tidak meneruskan uang tersebut ke rekening Penerimanya. Entah kapan akan ditransfer. Ke saldo DANA pun tidak masuk.

Ketika saya baca di dalam Instagram mereka juga banyak yang mengeluhkan hal yang sama namun kini kolom komentar dibatasi sehingga terlihat sekali pihak DANA menghindari/membatasi komentar-komentar dari customernya yang mengalami hal serupa dan kecewa atas tanggapan pihak DANA yang kurang jelas. Komentar yang tersisa terlihat disisakan yang positif atau netral atau tidak berhubungan dengan komplain customer.

Di saat seperti ini terutama (saat pandemi), menahan uang masyarakat/customer Anda adalah tindakan yang tidak bijak, alangkah baiknya uang customer tersebut segera diurus dan ditransferkan ke penerima sesuai dengan peruntukannya dan jangan ditahan di pihak DANA sebagai penerima sementara. Untuk sebuah platform uang digital yang ternama, tindakan seperti ini sangat mengecewakan kami sebagai konsumen. Diharapkan tindak lanjut dari pihak DANA segera agar masalah ini segera selesai.

Sri Devi Fortuna
Setiabudi – Jakarta Selatan

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai DANA:
[Total:32    Rata-Rata: 2.8/5]
Tanggapan DANA atas Surat Ibu Sri Devi Fortuna

Menanggapi surat pembaca yang ditujukan kepada kami oleh Ibu Sri Devi Fortuna yang dimuat di mediakonsumen.com, pihak DANA telah melakukan...
Baca Selengkapnya

Loading...

2 komentar untuk “Transfer dari BCA ke BNI via Aplikasi DANA, Rekening Pengirim Terdebit, Uang Tidak Kunjung Diterima dan CS Tidak Solutif

    • 13 Mei 2020 - (09:31 WIB)
      Permalink

      Pernah mengalami kendala dgn aplikasi DANA ketika membeli token PLN, transaksi gagal, tapi dana sudah di debet dari limit kartu kredit. Aku hubungi CS via email, sampai tiap hari kirim email minta respon, jawaban hanya disuruh tunggu hingga max 14 hari kerja. Padahal biasanya kalo ada gagal transaksi, dana langsung dikembalikan. Kayanya semenjak ada pembatasan work from home jadi banyak CS yang tidak kerja maksimal. Mesti, syukur, setelah seminggu dana kembali ke limit. Coba ditunggu saja dulu kalau sampai lebih dari 7 hari kerja belum ada kejelasan coba dihubungi lagi.

 Apa Komentar Anda mengenai DANA?

Ada 2 komentar sampai saat ini..

Transfer dari BCA ke BNI via Aplikasi DANA, Rekening Pengirim Terdebit…

oleh Sri Devi Fortuna dibaca dalam: 2 min
2