Citilink yang Berbelit dan Lama Tidak Memproses Refund

Kakak saya bernama Vensi Hazna Imelda memesan tiket dari Jogja ke Medan untuk tanggal 31 maret 2020 dari website atau aplikasi Citilink langsung dengan kode booking CDD75D.

Pada tanggal 1 Maret saya mendapatkan SMS bahwa terjadi perubahan rute dari yang Jogja ke Medan, menjadi Jogja ke Jakarta baru ke Medan (dimana pada saat itu corona sedang gawatnya di Jakarta). Sedangkan kakak saya Vensi membawa 2 anak kecil balita dan bayi dan ibu saya yang umurnya sudah tua yang mempunyai resiko tertular yang tinggi,
Maka dari pihak Citilink menyarankan perubahan rute atau refund 100 persen tanpa potongan. Maka dari itu kakak saya lebih memilih refund 100% tanpa ada potongan karena perubahan dari pihak Citilink. Pada 17 Maret kakak saya mengajukan refund dan melampirkan syarat-syarat yang dibutuhkan (sesuai yang pihak Citilink minta)

Padahal sebelum kita meng-emailkan surat pengajuan refund kami sudah telepon ke pihak customer service untuk menanyakan syarat dll dan akan diproses 30-60 hari kerja. Setelah 17 Maret di email, mendapatkan balasan otomatis bahwa dokumen sudah diterima.

Pada tanggal 3 April dapat email follow up dari Citilink bahwa meminta kembali untuk mengisi form refund dan mengirim dokumen kembali. Oke kami mengisi kembali (karena dalam 7 hari tidak mengisi kembali, maka akan hangus pengajuannya-kata pihak Citilink)

Maka dari itu 5 April kami mengirim kembali syarat refund-nya beserta isi form refund.

Setelah mendapatkan balasan otomatis bahwa sudah diterima dan diproses, sampai sekarang tidak ada kabar dari pihak Citilink.

Maka dari itu kami coba follow up lagi, chat customer service dan mengatakan sedang proses refund lagi dan diharapkan menunggu selama 60 hari, apakah harus nunggu 2 tahun buat di-refund? Karena setiap kami tanya 2 bulan 2 bulan 2 bulan hari kerja, sedangkan refund Citilink dari aplikasi tiket.com 2 minggu sudah di-refund.

Mohon keprofesionalan pihak Citilink dalam me-refund. Terima kasih.

Garvin Chandra
Yogyakarta

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Citilink:
[Total:12    Rata-Rata: 1.5/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan
Loading...

21 komentar untuk “Citilink yang Berbelit dan Lama Tidak Memproses Refund

  • 22 Juli 2020 - (12:50 WIB)
    Permalink

    Saya juga mengalami hal yang sama. Saya memesan tiket citilink via aplikasi citilink, proses refundnya sudah 2 bulan tidak kunjung selesai. Persis dengan cerita di atas. Dengan dimulai lamanya mendapat form refund, hingga CS yang tidak solutif. Ketika form refund dikirimkan, ternyata refund dalam bentuk voucher, bukan uang tunai. Ingin saya telpon CS nya namun sudah terlanjur malas dengan mekanisme mereka.

    Berbeda dengan refund citilink via tiket.com. Saya membeli tiket Citilink via tiket.com untuk rute sebaliknya, refundnya tidak sampai 7 hari, walaupun tidak full. Tapi tidak apa dibanding lewat citilink langsung yang malah tidak jelas mekanismenya.

    • 28 Juli 2020 - (20:30 WIB)
      Permalink

      saya sudah menunggu 60 hari kerja tanpa menghitung sabtu minggu serta hari kerja (dari yang katanya proses antrian transfer) tidak di tf sampai skrg

    • 28 Juli 2020 - (21:03 WIB)
      Permalink

      Boleh tanya yg dr travel agen pak? Yg tiket.com.
      Kapan merefundnya,dan untk keberangkatan kapan. Karena sy malah kesulitan dlm merefund dari tiket.com, yg tdnya refund sy akan dalam bentuk uang, rupanya dikemblikan dlm bentuk voucher.

      • 3 Agustus 2020 - (12:27 WIB)
        Permalink

        Pengajuan ke tiket.com untuk maskapai Citilink by Whatsapp pd 25 Juni 2020 (untuk penerbangan tanggal 16 Agustus 2020). Lalu diarahkan isi form di aplikasinya.

        1 Juli 2020 refund cash diterima via Flip

      • 3 Agustus 2020 - (13:15 WIB)
        Permalink

        saya krg ingat karena yg punya case kakak saya, tapi dia pesan bebarengan yg via citilink, tapi yg tiket.com udah refund sejak lama dan cepat

    • 28 Juli 2020 - (20:30 WIB)
      Permalink

      saya sudah menunggu 60 hari kerja tanpa menghitung sabtu minggu serta hari kerja (dari yang katanya proses antrian transfer) tidak di tf sampai skrg. blm direfund juga

  • 28 Juli 2020 - (13:46 WIB)
    Permalink

    Pelayanan terburuk yang pernah saya alami, tidak sebanding dengan nama citilink yang sudah dikenal banyak orang.
    Saya pun sama, proses refund dari bulan April 2020 untuk keberangkatan 2 Juli 2020 dikarenakan covid dan sampai sekarang belum ada kejelasan kapan dana tersebut akan dikembalikan. Terakhir update di 23 Juni kalau dokumen telah sesuai diterima, kemudian saya telfon ke bagian CS tetapi jawabannya tidak memuaskan karena tidak bisa memberikan kepastian jelas kapan dana tersebut dikembalikan dan hanya bilang “menunggu”. Tolong bagi pihak terkait citilink segera menuntaskan permasalahan ini, karena ada hak kami disitu yang wajib anda kembalikan!

    • 28 Juli 2020 - (20:31 WIB)
      Permalink

      saya sudah menunggu 60 hari kerja tanpa menghitung sabtu minggu serta hari kerja (dari yang katanya proses antrian transfer) tidak di tf sampai skrg

  • 2 Agustus 2020 - (22:52 WIB)
    Permalink

    Pengalaman saya juga sama belum ada kejelasan sampai hari ini…
    1. Kronologinya dulu karena ada wabah covid 19 ini, jadi jadwal penerbangannya dipindah
    2. Akhrinya saya telpon cs citilink untuk ngajuin refund, katanya g bisa klo mu langsung di refund lewat citilink langsung .karena saya beli tiketnya lewat agent (di nusatrip,com. Maaf saya sebutin namanya)
    3. Sayapun akhirnya telpon deh cs agent itu, dan saya ceritain alasan knp saya ajuin refund bla…bla… Dan diterima oleh cs agent itu dan diproses. (SAYA TELPON DAN DIPROSES HARI ITU JUGA PADA TGL 8 APRIL 2020)
    4. Dan ada balasan e-mail dari agent bahwa proses refund tiket sedang diproses. Tinggal nunggu blsan dari pihak citilink untuk minta no rek bank yg akan menerima uang refund ini
    5. Saya tungguin sampe sekarang tgl 2 agustus 2020 (sejak ditulis tulisan ini) belum ada kabar2nya lagi, sayapun bingung g tau harus gimana. apa mmg karena nunggu wabah ini selesai atau g tau gmn kelanjutannya, smg saja dari pihak citilink ataupun agent tersebut merhatiin masalah ini juga harusnya. Inikan hak kita juga menerima pelayanan yg serius
    6. Tolong dari pihak citilink ataupun agent2 tiket agar memproses masalah seperti ini, dan juga tolong dengan memberi kabar bagaimana kelanjutannya. Karena banyak juga yg mengalami masalah soal pelayanan refund ini yg g memuaskan karena g jelas tindak lanjutnya…
    *mohon maaf dan terima kasih

  • 7 Agustus 2020 - (15:56 WIB)
    Permalink

    Hal serupa juga saya alami, sudah memproses refund sejak maret 2020 dan mendapat email jika dokumen sudah lengkap. Namun sampai skrg agustus 2020 tidak ada kejelasan. Menghubungi call center berkali2 semua hanya menghold telp saya sampai 30 menit dan hasilnya hanya akan memfollow up saja, sampai akhirnya saya sadar itu modus mereka supaya kita bosan menelpon. Menghubungi via email tidak ada jawaban. Menghubungi via media sosial hanya dikatakan sedang dalam antrian refund padahal sudah lewat 120 hari dari awal mengajukan refund.
    Melihat banyaknya yang mengalami hal serupa sepertinya memang pihak citilink harus memperbaiki sistem refundnya. Seharusnya yang membeli langsung ke website bisa diutamakan.

  • 22 September 2020 - (03:37 WIB)
    Permalink

    Update
    Refund sudah dapat akhir agustus.
    Tapi ada hal yang aneh, dimana ketika ditelfon cs citilink uang sudah dibayarkan sejak juni. Tetapi ketika dicek tidak ada dan disuruh menunggu lg. Dengan inisiatif kk saya langsung menelfon pihak halo hca dan dicek bahwa jika ada uang masuk pasti ada catatan atau buktinya. Setelah itu menelfon kembali ke pihak citilink bahwa kami sudah telfon halo bca dll bahwa jika sudah dibayarkan juni pasti ada catatan atau ada dimutasi dll. Akhirnya keesokan harinya uang nya masuk.
    Jika seandainya kita tidak inisiatif apa harus nunggu lg ya 🤔

 Apa Komentar Anda mengenai Citilink?

Ada 21 komentar sampai saat ini..

Citilink yang Berbelit dan Lama Tidak Memproses Refund

oleh Garvin dibaca dalam: 1 min
21