Kecewa dengan Refund Traveloka untuk No. Pesanan 590809879

Saya memesan ticket untuk ke Jakarta-Bangkok dan Bangkok-Jakarta pada tanggal 6 Jan 2020, dengan rencana perjalanan pada tanggal Jakarta-Bangkok 20 Maret dan kembali Bangkok-Jakarta 24 Maret 2020 pada TRAVELOKA dengan nomor pesanan 590809879.

Pada saat itu issue untuk Covid-19 belum merebak seperti saat ini. Lalu pada Bulan Maret masuklah issue Covid tersebut dan pihak maskapai merubah schedule untuk penerbangan Bangkok-Jakarta dengan no. flight PNR QFFIHK sampai 3 kali perubahan. Saya mengajukan keberatan atas penggantian tersbut, dan yang saya lakukan pada saat itu adalah menghubungi Traveloka mengenai perubahan schedule oleh maskapai. Pihak Traveloka menyarankan apabila saya tidak berkenan untuk perubahan schedule tersebut saya bisa mengajukan refund ticket.

Lalu pada tanggal 11 Maret (- 9 Hari sebelum keberangkatan) saya mengajukan refund atas saran Traveloka tersebut, dan refund pada saat itu langsung diapproved untuk flight Jakarta-Bangkok, sementara untuk flight Bangkok-Jakarta menunggu konfirmasi selanjutnya. Lalu pada tanggal 13 Maret 2020, flight Bangkok-Jakarta 2020 sudah terkonfirmasi untuk proses refund. Awal tanggapan Traveloka masih bisa dihubungi via call center tapi belakangan selepas pertengahan April 2020, tak satupun CS Traveloka yang bisa saya hubungi lewat telepon. Saya menunggu hampir 1 jam tapi tidak pernah tersambung.

Lalu saya mencoba untuk menanyakan perihal refund tersebut lewat inbox CS via aplikasi Traveloka dan pada saat itu mendapat respon bahwa proses refund sedang berlangsung. Hari demi hari dan minggu demi minggu pun saya tidak mendapat kepastian dari Traveloka mengenai progress dari refund saya. Malah yang tadinya saya hanya menunggu 7 hari sekarang saya disuruh menunggu maksimum 90 hari sejak pengajuan refund, hal ini menurut penuturan CS Traveloka karena lonjakan permintaan refund.

Dengan berat hati saya menunggu untuk lebih lama lagi, namun pada pertengahan Mei 2020 saya menanyakan kembali perihal refund saya tersebut, dan pada saat itu Traveloka berstatement bahwa refund akan dilakukan dengan voucher credit atau voucher travel sesuai kebijakan dari maskapai.

Saya sungguh sangat kecewa dengan keputusan dari Traveloka. Saya yang sudah menunggu lebih dari 60 hari untuk proses pengembalian uang tersebut ternyata harus menggigit jari karena refund akan diganti dengan voucher travel. Tidak mau setuju dengan keputusan Traveloka, saya mengirimkan keberatan melalui inbox aplikasi Traveloka yang menyatakan saya ingin uang saya kembali dan menolak dengan keras refund tersebut dengan voucher travel.

Sampai pada tanggal tuntutan keberatan ini saya tulis pun tidak ada progress yang baik dari Traveloka, hanya menunggu dan menunggu. Besok adalah maximun hari saya menunggu untuk proses refund (90 hari). Saya sungguh sangat lelah dengan proses refund ini, saya sangat dirugikan sekali sebagai konsumen oleh Traveloka baik segi materi maupun waktu. Sudah berapa uang yang dikeluarkan untuk menelepon CS Traveloka yang tidak pernah tersambung, dan sudah berapa email yang saya kirimkan hanya untuk menanyakan status refund saya; serta sudah banyak sekali pesan yang saya tulis melalui pesan kepada CS melalui aplikasi Traveloka. Sungguh dan teramat sungguh mengecewakan pelayanan Traveloka terhadap saya.

Rahmad Riyadi
Banteng, Tangerang

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Traveloka:
[Total:4    Rata-Rata: 1/5]
Tanggapan Traveloka untuk Bapak Rahmad Riyadi

Kepada Yth., Bapak Rahmad Riyadi Terima kasih telah menjadi pengguna setia Traveloka. Pertama-tama, perkenankan kami memohon maaf atas ketidaknyamanan yang...
Baca Selengkapnya

3 komentar untuk “Kecewa dengan Refund Traveloka untuk No. Pesanan 590809879

  • 2 Juli 2020 - (15:17 WIB)
    Permalink

    Jadi bagaimana? Apakah uang sudah dikembalikan ke kartu kredit? Saya juga mengalami masalah serupa dan ingin mengajukan refund kembali ke kartu kredit saya.

  • 8 Juli 2020 - (19:05 WIB)
    Permalink

    Sama Pak,sy mngk uang refund ngk sebesar Bapak jauh. Cm kecil aja,krn refund ticket antar kota aja krn alasan sepihak maskapai membatalkan penerbangan. Tp mulai dr awal bulan 3 sampai saat ini,traveloka cm bilang kl dan refund menunggu dr maskapai, dan kl sy email sll sama jwb nya periksa case nya dl dan itu dan itu lg. Apa emang dibikin begitu spy kita malas dan bosan utk menanyakan lg.. gmn tanggapan traveloka..????? Email sy chandraliong11@gmail.com

 Apa Komentar Anda mengenai Traveloka?

Ada 3 komentar sampai saat ini..

Kecewa dengan Refund Traveloka untuk No. Pesanan 590809879

oleh Rahmad Riyadi dibaca dalam: 2 menit
3