Tiket.com dan Citilink Seenaknya Mengganti Refund dengan Voucher yang Jelas Tidak Bisa Kami Pakai

Kakak saya membatalkan perjalanan PP Bandung – Bali tanggal 24 Mei karena masalah corona dan sebagai ASN dia tentu saja tak bisa berangkat. Totalnya lumayan tuh 3.4 juta pp dengan Citilink dan dibeli via tiket.com.

Awal Mei sudah minta direfund tapi selalu saja janji-janji tiga puluh hari tapi sampai hari ini pun tetap saja belum di-refund, eh pagi ini malah dapat email seperti ini:

Hi Sobat tiket,

Untuk kamu yang bertanya mengenai status refund tiket pesawat, baca info di bawah ini, ya.

Sesuai dengan agent news yang diberikan oleh maskapai Citilink, penerbangan dengan tanggal keberangkatan dari 24/04/2020 sampai dengan 30/06/2020 akan mendapatkan refund tiket pesawat berupa travel voucher (EMD) sesuai yang diberikan oleh maskapai Citilink, dengan detail sebagai berikut.

Order id: 97405292
Periode validitas voucher: 20/07/2021

Travel voucher adalah pengganti nilai refund berupa voucher yang bisa ditukarkan untuk transaksi pembelian penerbangan selanjutnya pada maskapai Citilink sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku.

Ini jelas-jelas penipuan yang dilakukan oleh Citilink yang tak mau mengembalikan uang tiket penumpang yang batal karena corona. Voucher buat apa? Sudah jelas ga bisa terbang lagi kok masih dikasih voucher?

Halo Pak Erick Thohir tolong dicek ini management Citilink kok seenaknya aja mengganti refund dengan voucher gak jelas. Bagaimana kalau emang penumpang gak akan terbang?? Voucher nya ilang? Itu kan mau mereka? Kurang ajar sekali sudah nunggu lama, eh cuman dikasih voucher yang jelas kita gak bisa pake, ini benar-benar keterlaluan, kami merasa tertipu.

Perlu diaudit tuh Citilink, kok bisa-bisanya mengelak gak mau kembalikan refund penumpang yang batal karena corona. Kalau seperti ini perusahaan semacam Citilink tidak akan barokah dalam operasionalnya karena menahan uang yang bukan haknya lagi dg semena-mena.

Penumpang yang sangat kecewa:

Diah Rosanawati
Gianyar – Bali


Catatan redaksi (diperbarui 10/7/2020): Penulis menyatakan masalah di atas telah diselesaikan dengan baik oleh pihak-pihak terkait.

https://mediakonsumen.com/2020/07/10/surat-pembaca/update-surat-pembaca-tiket-com-dan-citilink-seenaknya-mengganti-refund-dengan-voucher-yang-jelas-tidak-bisa-kami-pakai

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian Anda!
[Total:20    Rata-Rata: 3.1/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan
Loading...

13 komentar untuk “Tiket.com dan Citilink Seenaknya Mengganti Refund dengan Voucher yang Jelas Tidak Bisa Kami Pakai

  • 4 Juli 2020 - (14:02 WIB)
    Permalink

    saya pakai nusatrip juga pakai citilink, sudah was-was kena hal beginian, dan ternyata kena juga cuma “untungnya” voucher bisa dipakai tuk tujuan dan hotel manapun dan waktunya kapanpun tanpa batas waktu.

    • 5 Juli 2020 - (10:40 WIB)
      Permalink

      sama… dari awal saat akan cancel terbang karena korona sudah paham tipu muslihat cara citilink buat nunda atau ga mau refund…
      sudah kelihatan…
      suruh kelengkapan ini , itu.. pdhl sdh jelas ada kode booking dan atas nama saya sendiri.. koq hrs lampirkan ini itu…
      inipun ditelp ada 3-4 kali dengan jawaban suruh nunggu.. pdhl telp cal center juga bayar .. boleh dikata jasnita (premium call) mahal..
      tapi sampai skrg bahkan voucher aja ga ada…

      tai asu citilink

  • 4 Juli 2020 - (18:10 WIB)
    Permalink

    Saya juga mendapat email pemberitahuan dari tiket.com tentang pengembalian refund tiket pesawat citilink dalam bentuk voucher.. Memang pihak maskapai punya hak dalam menggunakan voucher dalam hal pengembalian refund tetapi dalam kondisi wabah COVID-19 seperti sekarang ini yang paling diperlukan adalah uang untuk membeli segala keperluan sehari hari misalnya membeli beras dan lauk pauk.. Saya juga sangat keberatan dalam pengembalian refund menggunakan voucher, tolong diperhatikan lagi dari sisi pelanggan Citilink

    • 7 Juli 2020 - (11:34 WIB)
      Permalink

      Sangat kecewa, pesan untuk 4 orang pulak…
      Dari bulan april awal sudah di refund lewat pegipegi, selalu dibilang bersabar dan akan di kirim ke no rek sesuai akun
      Tapi semalam ditanya lagi, eh tiba2 alan diganti falam bentuk voucher
      Untuk apalagi coba vouchernya, even yg mau dikejar sudah lewat 🤔

  • 10 Juli 2020 - (15:03 WIB)
    Permalink

    pada tgl 8 juli pihak tiket.com menghubungi saya via email menerangkan bahwa permintaan refund saya sudah disetujui untuk dikembalikan secara cash ke rek. Bca saya dan malamnya uangnya sudah masuk utuh. jadi doa saya terkabul. terima kasih pada pihak tiket.com dan citilink yang sudah mengabulkan permintaan kami.’ Masalah sudah clear semua.
    sekali lagi terima kasih banyak
    wassalam.

  • 13 Juli 2020 - (12:36 WIB)
    Permalink

    Saya Dan keluarga juga merasakan Hal seperti itu. 3 tiket refund dikembalikan Setelah menunggu selama 2 BULAN, tiba2 diberikan voucher EMD saja. Better cash uang langsung yg kami harapkan selama Masa pandemi ini.

    Sangat amat teramat kecewa itu tiket.com Dan citilink

    • 25 Juli 2020 - (03:26 WIB)
      Permalink

      caranya? ya nulis di media konsumen. krn setelah nulis ternyata mrk baru mau kabulkan permintaan saya. capek emang tapi mau gmn lagi kita kan butuh uang itu pak Putra

  • 17 Juli 2020 - (11:23 WIB)
    Permalink

    Pihak tiket.com suka memutar balikan informasi..
    sejak 22 April 2020 saya merefund tiket, sampai detik ini belum kembali.
    Saya menelpon ke pihak tiket.com selalu jawabannya sedang diproses maskapai, padahal pihak citilink mengatakan case saya sudah selesai dengan pihak tiket.com sejak 29 April 2020.
    tolong lah tiket.com bijaksana kepada konsumen.

  • 17 Juli 2020 - (18:17 WIB)
    Permalink

    Permohonan Refund saya tgl 13 april 2020 sudah taulah berapa tenaga dan usaha yang saya habiskan untuk menghubungi pihak tiket.com & maskapai, intinya sampai saat ini saya belum menerima refund, saya tidak bisa menerima refund dalam bentuk voucher ,harus dalam bentuk dana ditransfer , karena saya tidak butuh voucher..

 Apa Komentar Anda?

Ada 13 komentar sampai saat ini..

Tiket.com dan Citilink Seenaknya Mengganti Refund dengan Voucher yang …

oleh deenee cruise dibaca dalam: 1 min
13