Pengajuan Penghentian Layanan IndiHome yang Tak Kunjung Terselesaikan

Saya adalah pelanggan IndiHome dengan nomor pelanggan: 131168150645 dan paket yang saya ambil adalah paket TriplePlay. Pada tanggal 6 Mei 2020, saya menghubungi Twitter @IndiHome dan mengajukan untuk menghentikan layanan internet dan TV. Pada saat itu juga, saya menanyakan biaya abodemen jika melanjutkan layanan teleponnya saja.

Proses penghentian layanan langsung ditanggapi pada hari yang sama dan saya diminta untuk membayar terlebih dahulu untuk tagihannya. Tagihan sebesar Rp590.474 segera saya bayarkan pada tanggal 7 Mei 2020. Namun jawaban dari biaya abodemen tidak terjawab, hingga saya menanyakannya berkali-kali sambil menanyakan juga status penghentian layanan internet dan TV.

Untuk proses penghentiannya saya selalu diberikan jawaban bahwa permintaan sedang diproses dan untuk menunggu konfirmasi selanjutnya. Namun untuk jawaban mengenai abodemen telepon only, baru terjawab setelah 1 minggu kemudian yaitu pada tanggal 14 Mei 2020. Saya dapat jawaban kalau telepon only akan dikenakan biaya Rp235.000.

Setelah mengetahui hal itu, pada tanggal 15 Mei 2020, saya menyampaikan melalui Twitter untuk menghentikan layanan teleponnya juga. Lalu saya diberikan link berupa form melalui Google Drive yang saya harus isi dan dikirimkan kembali. Karena merasa data yang dibutuhkan sedikit ribet, saya mencoba menindaklanjuti penghentian ketiga layanan melalui call center 147. Proses melalui 147 berasa lebih mudah dan diinfokan kalau pengajuan penghentian layanan sudah diterima dan saya akan di-callback untuk verifikasi.

Selang beberapa hari, saya menerima callback tersebut dan diminta untuk verifikasi data. Saat itu email yang tercatat salah dan sudah dikoreksi. Selepas itu saya diminta untuk menunggu 1x callback lagi untuk konfirmasi penutupan. Setelah menunggu beberapa hari, callback kedua tersebut tidak kunjung muncul. Lalu saya menghubungi kembali ke 147 dan oleh CS di proses untuk dipercepat.

Namun hingga tanggal 28 Mei 2020, saya masih belum juga menerima callback kedua tersebut dan saya kembali menanyakan hal tersebut melalui Twitter. Setelah dicek kembali oleh pihak Twitter, menurutnya yang diajukan bukan penghentian semua layanan, namun hanya migrasi dari Triple Play menjadi telepon only. Saya luruskan kalau pengajuan terakhir melalui Twitter maupun melalui 147 adalah untuk penghentian semua layanan.

Setelah itu, setiap beberapa hari sekali, saya menghubungi kembali melalui Twitter maupun 147, dan selalu dapat jawaban sedang diproses dan sudah di ajukan untuk diprioritaskan dan dipercepat. Dan setiap diklarifikasi data, email pada database mereka selalu masih salah dan pengajuan tetap hanya migrasi ke paket telepon only meski sudah dikoreksi beberapa kali.

Kemudian billing berikutnya pun tiba, dan saat menghubungi 147, saya diminta untuk membayarkan dulu billing terakhir dikarenakan bahwa salah satu syarat untuk pemutusan layanan adalah semua pembayaran harus dilunasi. Pada tanggal 10 Juni 2020, dengan berat hati saya bayarkan lagi layanan sebesar Rp595.819, meskipun semua layanan sudah tidak saya gunakan lagi karena saya sudah ada layanan TV dan internet dari provider lain.

Pada tanggal 17 Juni 2020, saya dapat callback untuk verifikasi lagi dan diminta lagi untuk bayar tagihan. Namun saya klarifikasi kalau tagihan sudah saya bayarkan. Lalu CS meminta untuk saya mengirimkan bukti pembayaran tersebut melalui nomor Whatsapp yang nanti beliau akan kontak. Nomor WA tersebut tidak saya terima-terima.

Saya mencoba menghubungi kembali lewat 147 maupun Twitter dan selalu di jawab sedang diproses dan untuk menunggu. Pada telepon terakhir ke 147, saya klarifikasi kalau saya sudah dibebankan 2x billing sedangkan layanan sudah tidak saya gunakan. CS pada waktu itu menyarankan antara mengulang kembali pengajuan penghentian layanan, atau menunggu konfirmasi, dan bila ada billing lagi untuk meluruskan ke pihak Telkom dan nanti akan dikoreksi.

Saya memilih opsi kedua yaitu untuk menunggu karena khawatir akan menunggu waktu lebih lama lagi bila mengajukan ulang. Senin kemarin pada tanggal 6 Jul 2020, saya mencoba check tagihan pada nomor Indihome saya, dan ternyata masih muncul lagi tagihan sebesar Rp586.735. Setelah saya hubungi pihak Telkom kembali, mereka masih memberi jawaban yang sama yaitu untuk menunggu konfirmasi.

Melalui Media Konsumen ini, saya ingin memohon kepada pihak Telkom untuk menuntaskan penghentian layanan saya yang telah saya ajukan lebih dari 2 bulan lalu dimana saya sudah dikenakan billing 2 kali oleh karena lambat nya proses penutupan tersebut.

Terima kasih sebelumnya kepada Media Konsumen, semoga dapat dimuat surat saya ini.

Salam,

Frans
Bandung, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Telkom IndiHome:
[Total:5    Rata-Rata: 2.4/5]
Tanggapan PT Telkom Regional III atas Surat Bapak Frans

Kepada Yth Redaksi mediakonsumen.com, Terima kasih kepada mediakonsumen.com yang telah menayangkan surat keluhan pembaca Bapak Fransnardo Harjo pada tanggal 9...
Baca Selengkapnya

Loading...

 Apa Komentar Anda mengenai Telkom IndiHome?

Belum ada komentar.. Jadilah yang pertama!

Pengajuan Penghentian Layanan IndiHome yang Tak Kunjung Terselesaikan…

oleh Frans dibaca dalam: 3 min
0