Tiket.com dan Citilink Secara Sepihak Mengganti Refund dengan Voucher yang Jelas Tidak Bisa Digunakan

Saya membeli 2 tiket perjalanan dengan order id 98540034 & 98741057 dari tiket.com dan saya sudah membatalkan perjalanan PP Jakarta (CGK) – Silangit (DTB) tanggal 13 April 2020 karena masalah Pandemi COVID-19 corona dan sesuai larangan pemerintah untuk tidak mudik. Tapi yang selesai direfund baru 1 tiket dengan order id 98741057 pada tanggal 12 Juni 2020. Saya heran kenapa 2 tiket dengan pengajuan refund ditanggal yang sama bisa tidak selesai bersamaan? apa masalahnya?

Mulai 13 April sudah minta direfund tapi selalu saja janji-janji tiga puluh hari tapi sampai hari ini 14 Juli 2020, sudah 3 bulan kalender pun tetap saja belum di-refund, tanggal 2 juli 2020 malah dapat email seperti ini:

Hi Sobat tiket,

Untuk kamu yang bertanya mengenai status refund tiket pesawat, baca info di bawah ini, ya.

Sesuai dengan agent news yang diberikan oleh maskapai Citilink, penerbangan dengan tanggal keberangkatan dari 24/04/2020 sampai dengan 30/06/2020 akan mendapatkan refund tiket pesawat berupa travel voucher (EMD) sesuai yang diberikan oleh maskapai Citilink, dengan detail sebagai berikut.

Order id: 98540034
Periode validitas voucher: 20/07/2021

Travel voucher adalah pengganti nilai refund berupa voucher yang bisa ditukarkan untuk transaksi pembelian penerbangan selanjutnya pada maskapai Citilink sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku.

Mohon kesediaan sobat tiket untuk menunggu, karena refund dalam bentuk voucher ini sedang diproses oleh maskapai terkait.

Ini jelas-jelas penipuan yang dilakukan oleh Citilink & Tiket.com yang tak mau mengembalikan uang tiket penumpang yang batal karena COVID-19. Voucher buat apa? Sudah jelas gak bisa terbang lagi kok masih dikasih voucher?

Kepada Pak Menteri BUMN tolong dicek ini management Citilink kok seenaknya aja dan secara sepihak aja bikin keputusan mengganti refund dengan voucher gak jelas. Bagaimana kalau emang penumpang gak akan terbang?? Vouchernya hilang? Itu kan mau mereka? Kurang ajar sekali sudah nunggu lama, eh cuman dikasih voucher yang jelas kita gak bisa pake, ini benar-benar keterlaluan, kami merasa tertipu.

Pelanggan Citilink & Tiket.com yang sangat kecewa

Aces Panca Sirait
Jakarta Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan tiket.com atas Surat Bapak Aces Panca Sirait

Sehubungan dengan surat pembaca di mediakonsumen.com tanggal 15 Juli 2020 berjudul “tiket.com dan Citilink Secara Sepihak Mengganti Refund dengan Voucher...
Baca Selengkapnya

Komentar

  • Saya membeli 2 tiket perjalanan dengan order id 101981790 & 101981601dari tiket.com dan saya sudah membatalkan perjalanan PP Jakarta (CGK) – Yogyakarta (YIA) tanggal 30 Maret 2020 karena masalah Pandemi COVID-19 corona dan sesuai larangan pemerintah untuk tidak mudik. Tapi kedua tiket tersebut sampai sekarang pada tanggal 21 Juli 2020 belum di proses, padahal saya sudah follow up di email, telpon dan dm Instagram, cuman tetap balasannya hanya suruh menunggu. Saya heran kenapa tidak ada kepastian? Padalah proses refund pertama paling lama 2 Minggu, cuman sekarang 30 hari kerja saja sampai tanggal ini belum di refund-refund.

    Mulai 30 Maret sudah minta direfund tapi selalu saja janji-janji tiga puluh hari tapi sampai hari ini 21 Juli 2020, sudah 3 bulan kalender pun tetap saja belum di-refund, tanggal 20 Mei 2020 malah dapat balasan email seperti ini:
    Hai Sobat Tiket,
    Terima kasih telah menghubungi Customer Care Tiket.com.

    Saya Niah yang akan membantu Bapak Zakki perihal yang disampaikan.

    Niah mohon maaf atas ketidaknyamanannya. Niah informasikan untuk pemesanan pada order ID sebagai berikut :

    1. Order Id : 101981790-175744179
    Kode Booking : ZGEF2N

    2. Order Id : 101981601-175743811
    Kode Booking : RYV6HP

    Bahwa terkait refund saat ini masih dalam proses oleh tim terkait dengan Kami mohon kesediaan dan kesabaran Bapak menunggu proses yang sedang berjalan.

    Kami mohon maaf sekali atas keterlambatan refundnya karena tingginya traffic pengajuan tersebut akibat Covid-19.

    Sebagai informasi dikarenakan tingginya traffic pengajuan refund maka untuk waktu proses refund mengalami perubahan yang semula 14 hari kalender menjadi maksimal 30 hari kerja (tidak termasuk Sabtu/Minggu dan Libur Nasional) sejak pengajuan refund diproses oleh Customer Care Tiket.com.

    Demikian informasi ini kami sampaikan, atas perhatiannya kami ucapkan terima kasih.

    Kami berharap proses refund berjalan lancar.

    Ini yang belum beres di pihak Citilink atau Tiket.com nya ya? Kok dibikin susah pelanggan nya.
    Saya kecewa dengan balasan email nya, malahan saya disuruh isi survey kepuasan padahal jelas-jelas proses belum selesai. Saya rasa ada yang tidak beres dari kedua pihak diatas. Mohon kejelasannya!

    Salam hormat,
    Pelanggan Citilink dan Tiket.com yang kecewa