Kekecewaan terhadap Admin Tokopedia

Kronologinya, ada 1 pembeli yang order barang di Tokopedia saya, berupa 1 buah Wardah micellar water seaweed 100 ml. Pembeli lalu komplain merasa tertipu, karena harga mahal katanya. Saya tolak komplain tersebut, karena saya merasa saya sudah kirim barang dan selalu cek dulu, baru di-packing lalu kirim. Namun pembeli tidak terima penolakan komplain.

Akhirnya pengajuan banding ditengahi oleh admin Tokopedia. Di sinilah mulai ngaco, hanya bermodal foto dan tanpa video yang jelas, komplain langsung disetujui oleh admin Tokopedia, dengan alasan produk berbeda dari gambar. Sudah saya jelaskan bahwa itu produk yang sama, tapi admin tetap keukeuh produk itu beda dari gambar. Sudah saya debat sampai saya kirim bukti-bukti yang menjelaskan bawa itu produk yang sama, tapi tetap saya kalah.

Setelah debat panjang lebar, alasan berubah lagi karena harga tidak wajar (kemahalan). Akhirnya pembeli dengan jumawa dan juga seolah merasa bangga karena ada yang bela, lalu dengan gamblangnya bilang minta diikhlasin barangnya wkwkwk.

Jujur saya benar-benar kecewa dengan perlakuan dari admin Tokopedia dan pembeli yang seenaknya seperti ini.
Baru kali ini ada komplain, bukan saya yang salah tapi saya yang harus rugi dan bertanggung jawab. Tolong evaluasi lagi pihak Tokopedia, jangan sampai ada kejadian seperti ini yang terus berulang! Lama-lama bakal ditinggalin oleh penjual, apalagi 1 Mei 2024 biaya admin bakal naik lagi.

Siti Fatimah
Surabaya, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

11 komentar untuk “Kekecewaan terhadap Admin Tokopedia

  • 21 April 2024 - (17:55 WIB)
    Permalink

    Emang iya kemahalan. Harga segitu harusnya udah dapat yg 240ml. Mungkin pembeli kasih bukti harga di toko yang lain.

    136
    • 21 April 2024 - (18:02 WIB)
      Permalink

      Lah malah aneh jadinya, bukannya buyer bisa pilih mau beli yg mana, yg harga berapa, di toko biasa atau official dll? Kan sudah jelas jenis barangnya, volumenya, kl kira2 kemahalan ya cari di toko lainnya yg harganya pas. Bukan sudah beli lalu komplain harga kemahalan.

      128
      • 21 April 2024 - (18:12 WIB)
        Permalink

        Mahal murah itu relatif jgn dilihat dr sepihak saja, kalau saya dapat harga mahal masa harus rela perang harga dengan penjual lain yg dpt harga lebih murah, kerja bakti dong jdnya buat tokopedia. Sekelas retail sebesar alfamart dan indomaret juga jualnya msh 40rban. Penjual berhak menentukan harga terbaik menurut mereka begitupun pembeli jd tolong lebih bijak dalam berkomentar!

        9
        0
        • 21 April 2024 - (21:08 WIB)
          Permalink

          @ siti

          Komen komen spt itu ga usah di tanggapin sis. Mungkin dia tersangka pembeli nya. Cukup laporkan saja ke email admin saat anda mendapat balasan pemberirahuan surat dimuat itu. Lalu masuki id id dan link permalink di bawah id copy paste / screen shoot jg.

          Biar nanti admin yg membanned id tersebut beserta akun akun kloningan lainnya.

          Semangat kak
          Semofa masalah cepet selesai
          Saya dukung kakak siti. Itu pembeli termasuk wajib di banned di tokopedia.

          Pihak tokopedia kali ini gue setuju dgn penjual siti ini.
          Pihak tokopedia salah total menyikapi komplenan pembeli tsb yg jelas jelas menggunakan alasan soal harga dan berubah ubah alasan. Emang niat jahat itu pembeli.

          Tokopedia wajib ganti rugi atas kelalaian pihak tokopedia . Kalo ga di ganti juga bikin laporan baru part 2 nya kak.

          Terima kasih

          2
          1
          • 22 April 2024 - (09:52 WIB)
            Permalink

            Sudah ditutup kak komplainnya sama pihak tokopedia, saya tidak mau berurusan dengan pembeli yg tidak punya etika seperti itu jd sudah saya blokir dan saya laporkan akunnya. FYI belanja ditoko saya sudah free packing kardus + bubble wrap jd harga jual yg tertera sudah termasuk packing dan dari rincian pesanan pembeli diatas ternyata pembeli pakai kode kupon potongan sebesar 15rb yg berasal dr tokopedia jd harga akhir 30rban. Yg masih komentar mahal, kemahalan biasanya harga segitu dpt yg 240ml bla bla silahkan skip saya tidak butuh di banding-bandingkan!
            Saya tulis surat disini biar jd pembelajaran yg lain dan juga evaluasi pihak admin tokopedia agar tidak semena-mena terhadap penjual.

      • 21 April 2024 - (18:21 WIB)
        Permalink

        Nah disini kecewanya saya sebagai penjual. Parahnya malah dibela sih sama admin tokopedia hehehe jd saya berasa dicap sebagai “seller nakal” yg semena-mena bikin harga/mau menipu pembeli. Padahal itu sudah saya perhitungan hpp + admin tokopedia + fitur potongan gratis ongkir di tokopedia belum kalau ada promo kupon langsung dr tokopedia yg di subsidi sebagian, bisa-bisa tinggal berapa dapatnya ? Pembeli mungkin nggak ngerti hitungan beginian jd saya tidak menjelaskan secara detail di pusat resolusi komplain.

        • 21 April 2024 - (20:29 WIB)
          Permalink

          @ siti

          Kalo ada komentar yg ga bijak cenderung bocil bocil laporin aja ke admin media konsumen dgn reply laporan tsb dgn masukkan id id nya dan link id tersebut biar di banned permanen..

          Saya liat jg banyak akun akun klonengan yg cm komen komen ga bermutu emang.

          1
          1
      • 21 April 2024 - (19:41 WIB)
        Permalink

        Di deskripsi produk tidak ditulis 100 ml. Itu yang bikin kalah. Ya lain kali tulis yang jelas di deskripsi produk biar tidak terjadi lagi

        60
  • 21 April 2024 - (21:07 WIB)
    Permalink

    Saya iseng cek di shopee dan tokped,rata2 yg 100ml di harga Rp20ribuan.Yg 240ml baru Rp40ribuan.

    63

 Apa Komentar Anda mengenai Pusat Resolusi Tokopedia?

Ada 11 komentar sampai saat ini..

Kekecewaan terhadap Admin Tokopedia

oleh Siti dibaca dalam: 1 menit
11