Pengajuan Refund Traveloka Sudah Berbulan-bulan Tidak Kunjung Selesai

Berhubung dengan fenomena pandemik yang diluar dugaan kita semua, sangat disayangkan beberapa rencana kita di tahun 2020 harus dibatalkan. Traveloka, sebagai salah satu platform penjualan tiket pesawat ternama di Indonesia seharusnya bisa melayani proses pengembalian dana (refund) tepat waktu. Namun kenyataannya, saya dan beberapa konsumen lain mengalami kendala saat pengajuan pengembalian dana (refund) yang tidak jelas prosesnya selama berbulan-bulan.

Sejak bulan Maret 2020 saya sudah mengajukan refund untuk Booking ID 617509552 rute Ho Chi Minh – Jakarta dengan Malindo Air, dan Booking ID 595912863 rute Jakarta – Hanoi dengan Lion Air. Selain itu, saya juga sudah mengajukan refund sejak tanggal 20 April 2020, namun dibatalkan dan baru diproses ulang tanggal 1 Mei 2020 dengan Booking ID 576005378 rute Jakarta – Jaipur (pp) dengan Thai Airways.

Follow-up sudah berkali-kali dilakukan oleh pihak Traveloka terhadap pihak maskapai dan pihak Traveloka terhadap konsumen melalui email dan aplikasi. Namun sudah lebih dari 4 bulan tidak ada satu proses pengembalian dana pun yang berhasil.

Pada salah satu Booking ID, saya membeli tiket dengan rute dan maskapai yang sama di platform penjualan tiket lain, dan refund yang saya ajukan berjalan tepat waktu dan jumlah uang kembali seutuhnya. Dibanding dengan Traveloka, saya diinfokan bahwa pada booking tersebut tidak dapat dilakukan refund, melainkan hanya bisa menjadi travel voucher. Dalam kasus ini konsumen sangat dirugikan.

Sampai hari ini semua proses refund saya belum ada satupun yang selesai. Komunikasi via telefon sudah berkali-kali dicoba namun tidak pernah bisa berhasil dengan berbagai alasan. Ketika mengajukan pertanyaan via Aplikasi, hanya diberi jawaban “template” tentang kebijakan masing-masing maskapai lalu dilanjut dengan tanggapan “akan kami tindak lanjuti terhadap maskapi, terima kasih atas kesabarannya”.

Seharusnya Traveloka bisa bertanggung jawab penuh atas konsumen dan lebih profesional dalam mengatasi hal seperti ini.

Terima kasih.

Rafif Baskoro

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Traveloka :
[Total:1    Rata-Rata: 1/5]
Tanggapan Traveloka untuk Bapak Rafif Baskoro

Kepada Yth., Bapak Rafif Baskoro Terima kasih telah menjadi pengguna setia Traveloka. Menanggapi surat yang ditujukan kepada Traveloka mengenai permintaan...
Baca Selengkapnya

Loading...

3 komentar untuk “Pengajuan Refund Traveloka Sudah Berbulan-bulan Tidak Kunjung Selesai

  • 5 Agustus 2020 - (09:36 WIB)
    Permalink

    saya sudah hampir 5 bulan travel vocher yang dijanjikan tak kunjung dikirimkan.padahal regulasinya menunggu 90 hari.payah traveloka

    • 5 Agustus 2020 - (09:47 WIB)
      Permalink

      Setuju! seharusnya Traveloka bisa lebih profesional dalam menangani hal ini, menurut saya.

    • 5 Agustus 2020 - (09:59 WIB)
      Permalink

      Angka “90” itu cuma sekedar bikinan mereka saja, karena buktinya ada juga surat di sini yang penulisnya sudah “merasakan” diberi janji php mulai dari 7, 14, 30 hari sampe akhirnya 90 hari, itu pun kemudian tetap aja meleset. Sehingga akhirnya dia nulis di sini.
      Rasanya mereka sudah mentok di angka 90, mungkin karena mereka juga merasakan betapa absurd-nya kalau mau dinaikkan lagi ke 150 atau 180 hari…

      Setahu saya kalau yang resmi dari maskapai (khususnya yang internasional) maksimal cuma 30 hari, itu pun kebanyakan dalam 1 minggu sudah beres.

 Apa Komentar Anda mengenai Traveloka ?

Ada 3 komentar sampai saat ini..

Pengajuan Refund Traveloka Sudah Berbulan-bulan Tidak Kunjung Selesai…

oleh Jofi dibaca dalam: 1 min
3