Shopee Lebih Memihak atau Melindungi Seller

Hai, saya konsumen yang beberapa hari sebelumnya menggunakan Shopee untuk memesan sepatu dengan nomor pesanan 200731TAGDFCAD pada tanggal 31 Juli 2020.

Sebelum saya memesan sepatu, saya mencoba mengukur kaki saya terlebih dahulu, setelah itu saya mencocokkan ukuran sesuai deskripsi seller size 38 = 23,5 cm. Ketika barang sampai ke rumah saya cek dan saya coba ternyata sepatu kebesaran dan saya ukur pakai meteran, ternyata ukuran lebih dari 23,5 cm. Lalu saya kirim pesan ke seller tapi responnya sangat lama walaupun online tiap waktu. Setelah menunggu sampai malam seller menjawab pesan saya, seller bilang bahwa ukuran bisa selisih 1-2 cm lebih besar karena pengembangan produk.

Saya sebagai konsumen merasa kecewa, karena diibaratkan saya pesan sepatu size 38 tapi yang saya dapatkan size 40 walaupun di kotak dan di insole sepatu tertulis size 38.

Lalu saya mencoba untuk meminta persetujuan seller untuk menukar size tapi seller menjawab mereka sudah mengirimkan sesuai size yang saya minta size 38. Memang sangat benar saya pesan size 38 tapi kenyataannya size-nya lebih besar, di deskripsi penjual size 38 setara 23,5 cm tapi kenyataannya lebih dari 23,5 cm, di sini saya merasa dicurangi.

Karena berdebat dengan seller tidak ada solusinya lalu saya mengajukan pengembalian dana dengan harapan Shopee bisa berlaku adil sebagai pihak ketiga. Lalu saya mengirimkan sepatu tersebut ke gudang Shopee pada tanggal 06-Juli-2020 setelah 2 hari saya terima barang. Barang sampai di gudang Shopee tanggal 10-Juli-2020.

Karena saya penasaran saya mengirim pesan melalui customer service di Shopee dan kagetnya saya Shopee bilang bahwa seller telah membatalkan pengajuan dana saya di tanggal 10-Juli-2020, tepat saat barang saya tiba. Saya sangat kecewa Shopee sangat cepat membuat keputusan menutup kasus dan mengembalikan sepatu saya tanpa menyelidiki lebih dalam.

Di sini saya merasa bahwa Shopee sangat melindungi seller daripada membuat keputusan yang adil untuk kedua belah pihak. Malahan customer service Shopee memberikan nasihat kepada saya untuk membeli sepatu dengan ukuran lebih kecil atau lebih besar dari ukuran kaki. Saya hanya memesan sesuai ukuran kaki saya lalu saya mendapatkan produk yang tidak sesuai ukurannya dengan alasan pengembangan barang. Di sini saya selaku konsumen sangat kecewa dan dirugikan.

Selama 2 tahun ini saya selalu membeli barang di Shopee sampai menjadi gold member tapi kali ini lagi sial dapat penjual yang tidak bertanggung jawab serta Shopee yang tidak adil membuat keputusan. Saya harap Shopee bisa berbuat adil untuk customer seperti saya.

Cindi Ayura
Simalungun, Sumatera Utara

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Dari ulasan anda, terlihat memang kekeliruan dilakukan oleh anda sendiri.

    Anda memesan ukuran sepatu size 38 dan di kirim sesuai pesanan, tidak ada yang salah dengan Seller.

    Perlu di ketahui bahwa wajar, untuk produk sepatu dan sejenisnya memang terasa sulit mencocokkan dengan ukuran yang pas.

    Walaupun memang tersedia penjelasan konversi ukurannya, hal ini pun masih tidak menjamin kecocokan dalam pemilihan ukuran sepatu.

    Maka dari itu banyak sekali pembeli yang tidak puas membeli sepatu secara online, lebih yakin membeli langsung ke toko, sembari sekalian mencoba kenyamanan sepatu secara total.

    Karena berdebat dengan seller tidak ada solusinya, lalu anda secara sepihak mengajukan pengembalian dana dengan harapan Shopee bisa berlaku adil.

    Ini adalah upaya yang salah dan terkesan mau menang sendiri.

    Proses pengajuan Pengembalian dana tidak bisa dilakukan secara sepihak, dalam sistem membutuhkan persetujuan dari Seller. Dan memang Seller tidak keliru dalam transaksinya.

    Sehingga memang benar tentang kesan anda bahwa, Shopee sangat melindungi Seller.

    Sebenarnya ada upaya untuk menemukan titik adil antara anda dengan Seller, namun upaya ini tidak anda pikirkan dalam bernegosiasi dengan Seller.

    Dalam hal ini, anda yang keliru, seharusnya anda juga dengan besar hati mengakui kekeliruan memang ada pada diri anda.

    Dan menanggung semua “kerepotan biaya transaksi selanjutnya” agar adil.

    Jika anda ingin meminta pengembalian dana,
    sangat tidak mungkin menjadi adil, karena dalam transaksi ini, Seller sudah mengeluarkan ‘biaya pengemasan’ dan ‘biaya kirim’ untuk transaksi anda.

    Namun upaya yang adil antara anda dengan Seller, yaitu melalui Return (tukar sepatu/ tukar produk serupa) dengan ukuran lebih cocok dengan kaki anda. Namun sekali lagi, ini kekeliruan dari anda, anda yang harus menanggung semua biaya repot ini.

    Singkat cerita, respon shopee sudah sesuai sebagaimana mestinya.

      • Beli online itu ada kelebihan dan kekurangan ya. Kalau mau ukuran pas banget, beli aja Offline, yg mana harga nya pasti lebih mahal),

        Dan diimana-mana kalau ukuran pasti ada range toleransi,

        Ini mau nya dapat harga Online ,tapi ingin pelayanan toko Offline. LOL

        Oh ia, kyk nya orang nya ribet ini.
        Wkwk, macam mana main retur saja, tanpa konfirmasi.

        • Maaf sebelumnya saya tidak tinggal di kota besar yang dimana-mana banyak toko sepatu yang bagus, jika kamu membeli sepatu branded via website asli kamu bisa mengajukan pengembalian barang karena kekecilan atau kebesaran ,uang dikembalikan dan order lagi... Service nya sama bukan belanja via online atau offline?
          Apakah harus dibedakan service antara membeli barang murah dengan barang mahal? Sama-sama konsumen bukan? Sama-sama mengeluarkan uang bukan? Komen anda seperti gimana ya.... Seperti mengejek untuk konsumen yang membeli barang murah. Sebelumnya saya sudah berkali-kali mencoba diskusi dengan seller tapi tetap ga response, saya hanya punya 7 hari bukan 1 bulan masa pengembalian barang

    • Untuk yth muil terima kasih dengan responnya, untuk sekarang saya hanya ingin menukar size jika saya bisa, ongkir saya tanggung ,apakah menukar size juga merugikan?

  • Untuk yth Muhammad terima kasih sudah memberikan komentar dan saran ke postingan saya, sebelum saya mengembalikan barang ke gudang shopee saya mengirim pesan terlebih dahulu ke seller, saya mengajak diskusi tapi seller sangat sangat slow respons karena saya hanya punya waktu 7 hari masa pengembalian barang saya chat cs shopee sebelum mengirimkan barang dan cs shopee bilang ke saya bahwa saya bisa mengirimkan barang ke gudang lalu saya kirim dong barang nya. Saya pilih sepatu no 38 dengan panjang 23,5 cm sesuai deskripsi penjual tapi kenyataan sepatu lebih panjang dari 23,5 cm jadi no sepatu sudah melebihi size 38 bukan? Karena pengembalian dana saya ditolak setidaknya saya bisa menukar size, sebelumnya saya bayar ongkir, haruskah saya bayar jasa packing barang juga?

    • Yang terpenting, terjadi kesepakatan adil antara anda dan Seller, siapa yang mau rugi.? siapa yang mau repot.?

      Mengenai biaya kelanjutan transaksi (return), mana baiknya keputusan Seller, anda harus menerimanya.

  • Sebagai Seller yang merasa tidak bersalah atas transaksinya, merasa keberatan jikalau pembeli mengajukan pengembalian dana secara sepihak. Alasan mereka :

    1. Produk sudah di keluarkan dari etalase toko,

    Produk dianggap sudah laku, sehingga pembeli yang lain tidak berhak atas barang itu.

    Artinya Seller sudah menolak penawaran pembeli lainnya atas barang yang sudah laku ini.

    2. Biaya pengemasan.

    Pengemasan menggunakan bahan yang tidak terhitung jasanya di shopee.

    3. Biaya transport ke loket.

    Pengiriman barang ke loket jasa pengiriman menggunakan alat transportasi. Namun biaya ini juga tidak terhitung di shopee.

    Nb. ‘Tidak terhitung’ artinya jika dana di tarik pembeli, maka yang sudah dilakukan Seller terasa sia sia hanya buang buang keringat.

    • Pak Muhammad, maaf OOT, tapi Anda sangat aktif dan profesional berkomentar di Media Konsumen.com, bisakah kita berkorespondensi?🤗

      • Terima Kasih atas perhatian kepada saya, disini saya sebagai penengah dan tidak ada sangkut pautnya dengan ke profesi an, dan tidak pantas di katakan profesional dalam berkomentar.

        Bila orang yang berkomentar selalu konsisten berada di tengah, maka masalah yang di hadapi akan cepat mendapat titik temu penyelesaiannya.

        Namun bila salah satu ada yang cenderung berpihak ke kiri ataupun cenderung ke kanan, bisa di tebak masalah serupa akan lagi dan lagi terjadi.

        • maaff..kalo bole tau, memang harga sepatunya brp sih kak? kok sampe masuk media konsumen?
          saran saya, kalo hrg terjangkau dan kk msh bs beli lagi mending dikasihkan ke org lain aja drpd ribet..
          krn kembalikan brg ke seller pun kena ongkir. yg mana terkadang ongkir lebih mahal drpd brgnya.
          dan jangan lagi beli sepatu online krn beresiko dgn size.
          mending lgs ke toko offline dan lgs dicoba. lebih pas di hati..

  • Mungkin lain kali kalo mau belanja yg memiliki ukuran bs lihat di review² pembeli lainnya yaa..
    kalau mmg sepatunya kegedean dr uk. biasa, pst ada kok pembeli lain mengalami jg. jd kt bs mikir² dl tuh sblm beli.

  • Saya masih bingung,pesan tgl 31 juli 2020.kirim ke gudang shopee tgl 06 juli 2020 setelah 2 hari terima barang.tgl 10 juli 2020 barang sampai di gudang shopee,ini gmn sich.apa aku sudah pikun atau adminya yg ga suka sm shopee?.

    • Maaf sis salah menulis bulan
      31-07-2020 saya pesan barang
      01-08-2020 barang sudah di input di jakut
      04-08-2020 barang sudah tiba dirumah
      06-08-2020 saya return barang ke gudang shopee
      10-08-2020 barang tiba ke gudang shopee

  • Bukan pikun dan juga bukan ketidaksukaan, namun

    itu cuma keliru tulis nama bulan aja, harus nya tanggal 06 dan 10 di bulan Agustus ini,

    Harus di maklumi lah, karena sedang merasa kecewa.

  • Saya juga pernah mengalami hal yg sama namun beda produk. Namun hasil akhir ttp shopee tidak membela consumer meski bukti2 yg saya ajukan jelas. Malah saya dinilai mengada2 dan mencemarkan nama baik seller. Jelas seller berupaya mengakali dan menipu saya. Cukup tahu saja bahwa kl ada masalah antara seller dan pembeli, pasti yg diprioritaskan adalah seller. Meski realnya barang yg diterima tidak sesuai.

  • Maaf lain kali anda harus baca sampai habis semua penjelasannya.lalu tanya apakah ada toleransi lebih atau kurang dari merk brand ternama.kalau merk terkenal biasanya semua sama ukurannya.tapi beda kalau merk ternama tapi kw.ada baiknya lebih teliti lagi.karena saya mengalami juga dari lapak lainnya .saya tawarkan ke teman dan keluarga lalu dibayar dan laku.